Social Media

Review Drama Korea: Reply 1988 (2015)


Reply 1988 adalah salah satu series terbaru dari rangkaian Reply Series TvN yang tayang pada tahun 2015. Kedua series sebelumnya, Reply 1997 dan Reply 1994 telah tayang pada tahun 2012 dan 2013. Masih dengan tema drama dan komedi yang sama seperti sebelumnya, Reply 1988 punya perbedaan diantara latar belakang para karakternya. Sentuhan kekeluargaan dan rukun tetangga jadi karisma salah satu drama ini.

Bercerita tentang keseharian Sung Duk Seon, putri kedua keluarga Sung Dong Il, dan keempat sahabatnya yang tinggal di Ssangmundong, Seoul. Sehari hari ia bermain dengan keempat sahabatnya, Junghwan, Sunwoo, Taek, dan Dongryong. Ia juga punya 2 sahabat perempuan di sekolahnya. Dan terkadang dia harus bertengkar dengan kakaknya yang sangat galak, Sung Bo Ra.



Nggak hanya bercerita tentang keseharian Sung Duk Seon, drama ini menyajikan keseharian 5 keluarga yang tinggal di Ssangmundong. Kadang ada adegan dimana para ibu ibu berkumpul sambil menyiapkan bahan bahan untuk makan malam, atau kadang perkumpulan bapak bapak sambil minum di malam hari. Atau, tentu saja, kelima sahabat sebaya yang sering bermain di kamar Taek. Semua ditampilkan dalam 20 episode yang tayang sampai Januari lalu di Korea.

Karena emang fokusnya lebih ke Sung Duk Seon dan kawan kawan, habis ini kita bahas Sung Duk Seon dan keempat sahabatnya 


Sung Duk Seon: Diperankan oleh Hyeri, ia anak kedua dari tiga bersaudara keluarga Sung Dong Il. Memiliki karakter yang baik hati dan suka menolong. Sering mengalah untuk kakak dan adik bungsunya. Ia tinggal di basement rumah Jungpal bersama keempat anggota keluarganya. Ia punya 2 sahabat perempuan di sekolah, Wang Ja Hyun dan Jang Mi Ok.


Jung Hwan: Diperankan oleh Ryu Jun Yeol, anak bungsu dari keluarga Kim. Kadang dipanggil Jungpal. Punya seorang kakak laki laki bernama Kim Jung Bong, yang 6 kali gagal tes perguruan tinggi. Jung Hwan punya karakter yang dingin, simply ignorant tapi diam diam dia perhatian sama satu orang aja. Seperti anak bungsu pada umumnya, dia diam diam juga sayang banget sama keluarganya.


Sun Woo: Diperankan oleh Go Kyung Pyo, anak pertama dari keluarga Sung. Ayahnya sudah meninggal, jadi dia tinggal bersama ibu dan adiknya, Jin Joo. Sun woo ini karakternya terlihat yang paling dewasa, paling mengayomi, paling bisa diandalkan, berbakti banget sama ibunya. Lelaki idaman gitu deh. Sayang, Sun woo juga sudah mulai naksir satu karakter di drama ini.


Taek: Diperankan oleh Park Bo Gum, anak satu satunya keluarga Choi. Pemain Baduk terkenal pada waktu itu. Diawal episode, Taek jarang muncul soalnya dia sibuk ikut kompetisi Baduk dan dia satu satunya yang nggak sekolah diantara teman sepermainannya. Semua orang memuji kemampuan dia bermain Baduk, hingga punya panggilan “God Taek”. Tapi di depan sahabatnya, Taek lebih terlihat seperti orang yang tidak bisa melakukan apa apa kecuali Baduk.


Dongryong: Diperankan oleh Lee Dong Hwi. anak bungsu keluarga Yoo. Dongryong punya julukan Counselor kalau kata Duk Seon, karena dia selalu ngasih saran yang baik dan perlu dicoba. Walaupun dia selalu diomelin sama ayahnya yang bekerja sebagai guru sekaligus dean di sekolahnya. Dongryong ini kadang bisa jadi scene stealer di momen momen tertentu.


Cerita makin seru, sampai episode terakhir, karena selain sisi kekeluargaan nya yang banyak banget digambarkan di drama ini, kita juga bakal dibikin penasaran sama suami Sung Duk Seon di masa depan. Masih kaya alur cerita seperti Reply Series sebelumnya yang maju mundur, tapi tetap dengan sentuhan yang berbeda di reply 1988 ini.

Most of all, favorit sama adegan adegan yang temanya keluarga banget, love story Sung Duk Seon juga nggak jadi fokus utama nya karena kembali lagi ke tema cerita yang memposisikan kisah keluarga di Ssangmundong. Berkat alur cerita super keren ini, Reply 1988 mendapat rating tertinggi untuk tayangan drama di tv kabel. 


Kadang bikin kangen mau nonton drama ini lagi. Kembali ke zaman belum ada internet, dimana menghabiskan waktu terkesan lebih berfaedah dengan baca komik, nyewa film, dan ngobrol sama tetangga jadi lebih sering. Buku telpon yang tebal dan berwarna kuning berfungsi dengan baik, pokoknya masih sistem analog banget. Sebagai generasi 90an yang pernah nggak pernah ngalamin masa masa itu, penasaran deh sama jaman jaman analog kaya tahun 88 itu.

Oh iya, seperti biasa, Reply 1988 ini juga nggak ada kaitannya sama sekali dengan kedua Reply series sebelumnya. Paling ada 1 episode aja yang berhubungan sama Reply 1994 dan itu juga cuma sekilas aja.


Better watch them lah daripada cuma baca review aja. Kurang puas. Oh iya, drama ini lebih bikin greget dibanding ending Reply 1994 karena twist terakhir itu bikin saya kesal sendiri *No Spoiler*

Penggemar Reply Series wajib nonton! Rekomen untuk yang lagi cari drama dengan tema berbeda karena ceritanya nggak klise. 

Post a Comment

Instagram

Theme by BD