Review Drama Korea: Descendants Of The Sun (2016)


Kembalinya Song Joong Ki dari wajib militer cukup dinantikan oleh para pecinta drama korea, termasuk saya. Bukan hanya karena ia sudah menyelesaikan wajib militernya, ini juga bertanda bahwa ia akan kembali ke dunia akting yang telah membesarkan namanya. Kali ini, Song Joong Ki akan beradu akting dengan Song Hye Kyo pada drama KBS berjudul "Descendant Of The Sun". Akhirnya penantianku selama 2 tahun.


Descendants Of The Sun adalah sebuah drama yang menceritakan kisah hidup tentang seorang tentara pasukan khusus (special forces) bernama Yoo Shi Jin dan seorang dokter bernama Kang Mo Yeon. Dibalut dengan sentuhan kisah romantis antar kedua karakter utama dalam drama ini, kita bakal melihat bagaimana mereka menjalani hidup sebagai tentara dan dokter yang punya misi menyelamatkan hidup orang lain.


Cerita dimulai ketika Yoo Shi Jin dan Seo Dae Young, yang sedang tidak bertugas, menyaksikan seorang pemuda bernama Kim Ki Beom sedang berusaha mencuri sebuah sepeda motor. Mereka menggagalkan aksi tersebut hingga si pencuri terjatuh dari motor dan terluka, ia pun dibawa ke rumah sakit. Setelahnya, Seo Dae Young menyadari bahwa hp nya telah dicuri oleh pencuri itu.


Seo Dae Young pun pergi ke rumah sakit diikuti Yoo Shi Jin dan mencari pencuri itu di Unit Gawat Darurat. Disinilah Yoo Shi Jin bertemu Kang Mo Yeon untuk pertama kalinya dan tertarik dengan Kang Mo Yeon. Sayangnya, Kang Mo Yeon keburu curiga bahwa Yoo Shi Jin adalah anggota gang, mengingat panggilan di hp Seo Dae Young adalah "big boss" (nama samaran di special forces). Tapi untungnya dugaan itu terbukti salah dengan kedatangan dokter tentara Yoon Myung Ju.


Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon pun memulai pendekatan. Tapi karena pekerjaan rahasia yang dilakukan Yoo Shi Jin sebagai anggota pasukan khusus memaksanya untuk meninggalkan Kang Mo Yeon disela-sela date mereka. Saat Yoo Shi Jin kembali dan bertemu dengan Kang Mo Yeon, mereka menyadari bahwa pandangan hidup mereka berbeda. Yoo Shi Jin, sebagai seorang tentara, harus membunuh untuk melindungi nyawa yang lebih penting, sedangkan Kang Mo Yeon harus menyelamatkan nyawa sebanyak-banyaknya.

Hubungan mereka berakhir? Tentu saja tidak dong, kalau iya kelar lah di episode 1.

8 bulan kemudian.


Setelah gagal naik jabatan karena kalah sama dokter lain yang punya koneksi, dan ada sedikit insiden dengan penjabat di rumah sakit, Kang Mo Yeon ditugaskan untuk menjadi sukarelawan tim medis di Urk. Bersama dengan timnya, Kang Mo Yeon disambut oleh tim special forces yang dipimpin oleh Yoo Shi Jin.

Ya, mereka berjumpa lagi, guys.

Habis itu? Semakin tumbuh lah kisah cinta mereka yang romantis menegangkan gitu. Iya banyak tegangnya sampai episode terakhir. Potongan bagian-bagian menegangkan itu ada di video preview ya. Itu kacau banget lah saya kalau jadi Kang Mo Yeon juga mikir punya pacar tentara resiko nya sebegitunya. Untung ini drama.

Oh, tidak lupa, dialog dialog keju memenuhi layar kaca kamu tiap nonton episode nya. Kim Eun Sook sukses bikin tangan saya keriting.


Selain Song-Song couple, Descendants Of The Sun juga menampilkan kisah cinta Seo Dae Young dan Yoon Myung Ju, pasangan lainnya yang kadang jadi scene stealer di drama ini. Kalau mereka, lebih complicated karena Seo Dae Young ini nggak se-straightforward Yoo Shi Jin, kesal aku tuh kalau nonton pasangan ini. Lebih drama nonton pasangan ini daripada pasangan utama.


Total 16 episode ditambah 3 episode spesial karena drama ini mencetak rekor baru dengan rating drama menembus 30% di Korea, termasuk angka yang fantastis untuk drama 16 episode. 

No comments