Social Media

Review Drama: Reply 1997 (2012)

image credit

Rencana hanyalah rencana, termasuk rencana untuk bikin review drama yang baru saja selesai tayang di negara asalnya tapi nggak jadi saya review. Karena sebuah alasan yang terdengar seperti alasan: saya belum kelar nontonnya karena keburu malas nontonnya. Alih-alih mau lanjutin, ternyata tidak terlaksana juga. Yaudah, bagaimana kalau membahas salah satu drama yang selalu jadi pilihan disaat stok drama saya lagi habis. One of my favorite all the time drama, Reply 1997. 

Kalau nonton di behind the scene nya, alias episode 0, kalian bakal melihat effort para crew nya untuk rela-rela menyiapkan properti di tahun 1997 yang ngetrend pada jaman itu. Belum lagi karakter utamanya, Sung Si Won, adalah seorang hardcore fan H.O.T, salah satu boyband di generasi pertama kpop. Karakter Sung Si Won ini menjadi salah satu karisma dramanya, selain latar belakang waktu yang sangat jelas di tahun 1997. Di drama ini lah kali pertama saya tahu soal Infinite.

Coba deh baca: How I Met My Idols, Infinite

Bercerita tentang kehidupan seorang wanita berusia 33 tahun, Sung Si Won, dan kelima sahabatnya kembali berkumpul di acara reuni sekolah. Mereka pun bernostalgia, mengenang kembali masa-masa dimana mereka saat itu berusia 18 tahun, di tahun 1997.

Sebelum saya memulai alur ceritanya yang maju mundur, mending kenalan dulu sama Sung Si Won dan kelima sahabatnya.

Sung Si Won
Diperankan oleh Jung Eun Ji, Sung Shi Won adalah anak kedua dari pelatih tim baseball, Busan Seaguls, Sung Dong Il. Ia adalah seorang hardcore fan H.O.T dan bercita-cita menjadi istri Tony Ahn. Karakternya ala ala sassy girl gitu, sering berantem sama orang-orang yang menjelekkan oppanya, termasuk ayahnya atau Yoon Yoon Jae yang nggak pernah habis pikir sama kelakuan fangirl nya. Walaupun ranking terakhir di kelasnya, Sung Si Won ini banyak disayang karakter lainnya.

Yoon Yoon Jae
Diperankan oleh Seo In Guk, Yoon Yoon Jae adalah sahabat dan teman dari kecil Sung Si Won. Yoon Jae sering banget main kerumah Si Won, sekedar untuk main atau makan bareng keluarga Si Won. Ia tinggal bersama kakaknya semenjak ditinggal meninggal orang tua nya. Katanya sih karakternya cool guy gitu, pintar dan selalu ranking satu dikelasnya. Pokoknya karakter cowok idaman banyak cewek di sekolah gitu deh.

Kang Joon Hee
Hoya resmi debut jadi aktor setelah dapat peran untuk memerankan Kang Joon Hee, salah satu sahabat Si Won dan juga Yoon Jae. Anaknya pendiam tapi melankolis gitu. Terus sebenarnya Kang Joon Hee ini punya rahasia yang nggak pernah dia ceritain ke siapa-siapa. Kang Joon Hee ini juga pintar, sayang selalu ranking 2 karena ranking 1 nya selalu Yoon Jae. Kang Joon Hee ini juga karakter favorit cewek cewek karena orangnya peka banget.

Mo Yoo Jung
Diperankan oleh Shin So Yul, Mo Yoo Jung adalah sahabat dari Sung Si Won, yang sama-sama ngefans H.O.T. Later on, it turns out Yoo Jung malah jadi penggemar Sechs Kies, boyband pesaing H.O.T. Walaupun begitu, persahabatan mereka tetap berlanjut. Emang karena Yoo Jung ini tipe nya gampang banget jatuh cinta, sama cowok di dunia nyata maupun versi oppa.

Do Hak Chan
Diperankan oleh Eun Ji Won, aka leader Sechs Kies pada jamannya. Do Hak Chan sendiri adalah satu-satunya siswa di lingkaran ini yang berasal dari Seoul. Maklum juga dia adalah siswa pindahan. Anak jendral, suka mengoleksi majalah porno. Pokoknya Do Hak Chan ini idamannya para lelaki di sekolah. Sayang, kelemahannya justru pada perempuan di dunia nyata. Apa karena dia kebanyakan nonton bokep? Saya juga nggak tahu

Bang Sung Jae
Walaupun kita jarang melihat dia, kamu pasti akan selalu ingat dengan celotehannya yang nggak kunjung habis kadang sampai capek sendiri tuh teman-temannya. Diperankan oleh Lee Si Eon, Bang Sung Jae adalah karakter pendukung yang perlu banget ngeramein sebuah geng. Nah Bang Sung Jae tuh gitu. Hobinya merawat peliharaan tamagochi pada jamannya.

Setelah berkenalan dengan keenam karakternya, kalian harus sabar melihat jalan cerita yang maju mundur. So far, paling suka ya jaman-jamannya mereka sekolah sampai mereka lulus. Nggak lama setelah lulus pun mereka masih suka bertemu sampai janjian ketemu di reuni itu. Drama ini beneran gambarin realita kalau kita lagi flashback pas reuni. Cuma ya totalitas dari para pemain dan crew nya.

Tadinya kepikiran mau cerita episode pertama dan keduanya. Tapi nggak jadi deh karena nggak seru lah kalau saya ceritain. Mending nonton aja dulu 2 episode pertama itu totalnya satu jam aja. Durasi rata-rata dari 16 episode itu sekitar 30-40 menit. Terusnya scene nya ini banyak ngambil dari kejadian yang hype di tahun 1997. Tentu ditambah dengan jokes ala Shin Won Ho yang anti mainstream dan tidak akan kamu temukan di drama manapun.

Jadi, penasaran nggak?

Post a Comment

Instagram

Theme by BD