Review Drama Korea: Drinking Solo (2016)


Salah satu drama TvN underrated, padahal ceritanya lumayan bagus loh. Drama ini merupakan debut drama Key Shinee. Dari episode pertama on air, saya jadi salah satu penonton yang nggak perhatiin drama ini, tapi karena diminta teman buat download, jadilah saya tonton 6 episode sekaligus. Dan ternyata seru, setidaknya saya nggak bosan ditengah jalan.

Drama ini sih nggak masuk rekomendasi top drama yang saya suka, tapi untuk yang ingin nonton drama dengan jalan ceritanya nggak biasa, ya drama ini cocok buat kamu yang bosan sama drama romance. Drama ini nggak terlalu fokus ke romance, menurut saya. Drama ini lebih menceritakan bagaimana sebagian orang juga suka minum sendiri. Btw, sutradara Drinking Solo juga pernah menyutradarai drama Let’s Eat 2, jadi bisa diabayangkan angle pengambilan gambar makanan dan minumannya.

Budaya minum-minum di Korea emang sudah lazim sejak jaman historical, dan sering ditampilkan di drama-drama. Pasti di setiap drama ada adegan mereka minum-minum di housewarming party, di pesta makan-makan kantor, ketemu klien, ketemu teman di reuni sekolah, dan sebagainya. Lain halnya drama yang satu ini justru ceritain alasan orang-orang kenapa suka minum sendiri daripada minum-minum bersama orang lain.


Berlatar belakang kehidupan para tutor yang mengajar di tempat les dan murid-murid yang ingin lulus ujian pegawai negeri sipil.


Dimulai dari Jin Jung Suk, seorang tutor di Noryangjin, yang hobi minum sendiri setelah bekerja mengajar murid muridnya yang ingin menjadi pegawai negeri sipil. Pekerjaan nya yang harus berbicara sepanjang hari membuatnya ingin minum. Hidupnya ini penuh dengan standar high quality, termasuk saat minum. Selera sampai gaya hidupnya juga high quality. Makanya dia juga punya julukan high-quality trash, karena siftanya dia sama orang lain kaya sampah.


Ada pula Park Ha Na, yang juga tutor baru di tempat kursus Jin Jung Suk mengajar. Hidupnya sudah dia dedikasikan untuk mengajar. Kebalikan dari Jin Jung Suk, dia berusaha memahami perasaan orang lain, yang kadang bikin dia jadi nggak bisa untuk menolak ajakan orang-orang disekitarnya.


Dan ada Jin Gong Myung, yang mengunjungi kedua temannya, Kibum dan Dong Young, yang sibuk belajar untuk persiapan ujian pegawai negeri sipil. Ia sendiri sedang menganggur, dan dipaka paksa ibunya untuk mengikutin ujian pegawai negeri sipil.

Drama ini tuh banyak nyeritain suka duka nya jadi tutor di tempat kursus, dan suka duka nya jadi orang yang bersiap ikut ujian pegawai negeri sipil.  Mereka pun mulai membuka satu persatu alasan mereka kenapa suka minum sendiri. Semua ada alasannya dan tergambar jelas di drama ini.

Hidup jadi tutor nggak segampang Jin Jung Suk yang karena emang pintar dan bayarannya mahal, sehingga bisa punya gaya hidup yang high quality. Ada Park Ha Na yang dengan sekaleng bir bisa merasa lebih baik walaupun gajinya Cuma 30.000 won/jam.



Ada Kim Kibum yang santai aja dalam mempersiapkan diri untuk ujian pegawai negeri sipil karena punya kartu kredit mamanya. Lain hal nya dengan Dong Young yang menggambarkan dirinya sesuai apa yang dikatakan “media”, hidup serba dicukup-cukupin karena nggak enak hati terus menambah hutang ke keluarganya untuk membiayai hidup di Noryangjin.



Selain ada Kim Kibum yang pasti banyak tahu diperanin Key Shinee, ada juga Jung Chaeyeon, member IOI “Produce 101” dan member DIA. Kim Kibum ini perannya lucu, dengan logat daerah dia, ditambah sikapnya dia yang seolah olah benci sama Jung Chaeyeon. Padahal di drama ini, Jung Chaeyeon sering memperhatikan Jin Gong Myung, apalagi sejak Gong Myung menolong Chae Yeon.




Adegan persahabatan juga terjadi antara Gong Myung, Kibum, dan Dong Young yang kadang sweet kadang bertengkar karena cewek. Kaya waktu Dong Young akhirnya putus sama ceweknya, Gong Myung yang berusaha belajar demi cewek yang dia suka, juga Kibum yang selalu berusaha menghibur sahabatnya, padahal perasaan dia juga kacau karena Jung Chae Yeon.





Terus ya, ada adegan yang selalu saya ulang. Adegan Jung Chae Yeon yang akhirnya mau jadi guru buat Jin Gong Myung. Jung Chae Yeon ini perannya jadi anak ambisius gitu buat lulus ujian pegawai negeri sipil, padahal dia dapat julukan cewek cantik Noryangjin. Saking ambisnya, pas dia makan dan jalan dia nggak buang buang waktu buat belajar.



Selain 2 idol yang jadi pemeran utama di drama ini, ada beberapa penampilan cameo spesial loh. Ada Minho Shinee, yang berperan sebagai teman sekelas Kibum di sekolah dulu. Terus ada member DIA yang pernah blind dates sama Gong Myung, Ki Bum, dan Dong Young.




Jadi, masih mau nonton Drinking Solo nggak, guys? Kalau belum, coba nonton trailer nya dulu.


main image credit: koreandrama.org

No comments