Social Media

Drama Favorites: Reply Series

image credit: Photo by Federica Galli on Unsplash

Akhirnya rencana sekian lama ini terealisasikan. Mau ngomongin drama-drama ini dari kapan tahu, walaupun rilisnya sudah beberapa tahun silam (2012-2013-2015), saya nggak pernah patah semangat untuk bahas drama ini ke teman-teman yang butuh rekomendasi drama. Karena ngomongin masa lalu itu ada sensasinya sendiri, termasuk scene-scene throwback yang ada di drama-drama ini.

Sebelumnya ingin mengucapkan special thanks to the PD-nim and the crew, of course yang sudah seniat itu bikin cerita kaya gini. Tentu saja, effort itu nggak sia-sia karena sukses mencetak rekor rating terbaru. Apalagi yang versi Reply 1988, kamu kalau nonton akan sama geregetannya nggak kaya saya?

Yes, they are Reply Series. Terdiri dari 3 Series berbeda, Reply Series dimulai dari versi Reply 1997, kemudian Reply 1994 dan diakhiri dengan cerita versi Reply 1988. Favoritku? Jujur semuanya! Jadi mending kita bahas satu-satu nya. Dimulai dari rekomendasi saya yang paling pertama, yaitu:

REPLY 1997 (ANSWER ME 1997)
Kamu harus nonton dari yang awal pertama kali dulu kalau nggak mau bingung sama kemunculan karakter dan bagaimana keterkaitannya di series berikutnya. Walaupun ceritanya nggak berkaitan, tapi kemunculan cameo di beberapa episode nya bikin kamu penasaran loh, jadi saranku lebih baik kamu nonton yang ini dulu.

Sebelumnya pernah saya bahas di Review Drama Korea: Reply 1997

Nggak bahas dramanya sih, lebih memperkenalkan karakter-karakter di drama tersebut. Menceritakan keenam sahabat yang lagi reuni sekolah. Disini bakal ada pengumuman pasangan yang akan menikah dalam waktu dekat. Petunjuknya siapa yang menikah bakal terlihat dari scene-scene flashback di tahun 1997, tepatnya saat mereka masih duduk di bangku SMA dan masih berusia 18 tahun (versi Korea). 

Kalau kamu punya mantan atau pacar sedari sekolah. Selamat! Kamu akan merasa relate dengan cerita di Reply 1997 ini. Nano nano selama jadi siswa siswi itu pasti beda kan apalagi pas diomongin lagi reuni 20 tahun kemudian. Ketemu reuni 10 tahun aja sudah pangling gimana yang nggak ketemu 20 tahun. Sudah berumur pula, jadi malu-malu kucing gitu deh kalau keinget kejadian waktu sekolah.

Tapi versi Reply 1997 juga nggak gitu-gitu banget sih. Sayanya yang jadi kebawa suasana pas ngetik ini. Favorit saya dari drama ini salah satunya karakter utamanya yang ternyata seorang hardcore fan salah satu boyband di jaman itu, H.O.T. Gimana naksir sahabat sendiri itu kudu sabar apalagi kalau yang ditaksir nggak peka. Cinta pertama itu sulit dilupakan dan life lessons lainnya yang mesti kamu lihat sendiri. 

REPLY 1994 (ANSWER ME 1994)
Setelah kamu menamatkan drama Reply 1997. Kamu boleh mencoba nonton versi 1994 nya, atau bisa juga dipanggil Reply 1994. Kalau yang ini karakternya juga berbeda dengan yang versi 1997 karena nggak berkaitan ya.

Ini juga agak maksa sih kemunculan cameonya tapi bisa pas gitu sih. Amaze aku tuh bisa-bisanya kepikiran munculin cameo karakter Reply 1997 di bisa tuh gimana coba? Ok skip karena baru muncul di episode 17-18 nya

Reply 1994 menceritakan enam mahasiswa dari daerah yang tinggal bersama di sebuah boarding house di daerah Sinchon, Seoul. Boarding house itu dikelola oleh sepasang suami-istri bersama dengan anak perempuannya. 

Alur ceritanya masih sama dengan versi sebelumnya, maju dan mundur. Masih sama juga, kita harus menebak nebak endingnya, siapa sih yang akan menjadi suami Sung Na Jung di tahun 2013. Seperti di Reply 1997, kita dibikin penasaran sama ending suaminya Sung Si Won itu siapa. 

Kali ini beda, bukan reuni, mereka dipertemukan kembali karena Sung Na Jung dan suami baru aja pindah rumah. Na Jung dan Yoon Jin pun menonton video tape pernikahan Sung Na Jung sambil menunggu kelima karakter lainnya yang lagi dijalan pulang. Nah, dari 5 karakter ini, kita harus menebak siapa yang akan punya happy ending dengan Na Jung.

Jujur, pas nonton versi ini. Geregetan nya makin-makin dan semakin dibuat pusying menuju akhir. Lalu muncul lah kubu-kubu kamu supporter karakter yang mana. Kamu bisa pilih diantara kelima karakter yang tadi saya bilang. Sedikit spoiler, saya kecewa sama endingnya. Apakah kamu juga akan merasakan kecewa yang sama kaya saya? Makanya cus langsung nonton jangan ditunda-tunda *maksa mode on*

REPLY 1988 (ANSWER ME 1988)
Kalau untuk drama yang satu ini mungkin perlu jeda dan karena baru juga kelar awal tahun ini, jadi nggak perlu buru-buru untuk nonton ini. Walaupun kenyataannya, versi yang tahun 1988 itu paling memorable dari semuanya. Mencetak rekor terbaru sebagai drama dengan rating tertinggi di tv kabel. Jadi, masih mau lanjut nonton nggak nih?

Kembali ke tahun 1988, Sung Duk Seon lagi interview gitu buat menceritakan masa mudanya sewaktu tinggal di Ssangmun-dong bersama dengan keempat sahabat sekaligus tetangganya.  

Baca review dan karakternya di Review Drama Korea: Reply 1988

Masih sama targetnya, cari tahu siapa suami Sung Duk Seon di masa depan. Petunjuknya ada flashback tahun 1988 dan official posternya. Kamu bisa nebak nebak dulu lah siapa. Endingnya? Lagi ya kalau versi saya, kecewa. 

Tapi lain dari kedua versi sebelumnya, cerita keluarga setiap karakternya itu kental banget. Rukun tetangganya juga sangat kental. Ibu-ibu yang gibahin suami, atau Bapak-bapak yang minum bareng karena penat sama rumah tangga. Mungkin ini juga yang jadi salah satu karismanya dan bisa ditonton oleh semua umur. Makanya sukses besar.

Karakter di Reply 1988 ini paling banyak dibanding versi sebelumnya, mungkin karena setiap karakternya ini punya keluarga. Sudah begitu, kita juga bakal lihat berbagai versi kehidupan setiap keluarga tersebut. Jadi nggak fokus fokus banget cari siapa suaminya Sung Duk Seon. Makanya rata-rata durasi tayang per episode nya bisa sampai 90 menit karena yang diceritain itu banyak.

Btw, pas episode pertama itu cukup berkesan buat nonton lanjutannya karena intro nya se-memorable itu. Setelah perkenalan karakter yang diperkenalkan oleh Duk Seon, adegannya adalah makan malam bersama keluarga masing-masing dan berbagi makanan ke tetangga yang malah jadi tukar-tukaran lauk. Huhu kamu pernah jadi disuruh orang yang nganter makanan itu ke tetangga nggak sih?

Oh iya. Jangan lupa jokes ala PD Shin Won Ho masih ngena sampai ke versi Reply yang ini. Backsound suara kambing masih ada di sela-sela kehidupan Duk Seon yang naik turun bagai roller coaster. Huhu kangen jadi mau nonton lagi.

Post a Comment

Instagram

Theme by BD