5 Blogging Goals For 2019

credit image: unsplash
Saya nggak nyangka kalau blog post ini adalah blog post terakhir untuk challenge dari blogger perempuan, mungkin karena saya sendiri sempat skip beberapa hari untuk tidak posting. Sehingga terciptalah saya hutang blog post. Let's see it later ya semoga saya cicil hutang nulis yang masih hanya jadi draft aja.
Sejujurnya, challenge ini banyak memberikan saya kesempatan untuk lebih baik lagi dalam blogging, mencoba blogwalking yang berarti meninggalkan komentar, membuat saya berpikir dengan konten blog yang sedang bahas, dan yang terpenting, saya harus update. Mungkin yang sering baca blog post saya juga paham kalau saya orangnya perfeksionis banget, kalau tulisan jelek langsung saya kembalikan lagi ke draft.

Short story, kali ini saya harus menuliskan target blogging saya untuk tahun depan. Well, ini pertama kali saya melakukannya, jadi saya berpikir, tandanya, kalau saya serius, saya harus capai target menulis tersebut. Sempat terpikir untuk menulis beberapa rubrik karena selama ini sudah niat bikin categories tapi nggak tercapai karena blogpost nya belum ditulis. Berhubung saya juga sudah beli domain sendiri, saya berusaha untuk memenuhi target yang saya tulis pada tengah malam ini.

1. Update blog post minimal once a week
Ini tuh resolusi dari tahun 2015 tapi belum ada realisasi-nya juga sampai detik ini. Sedih, tapi somehow jadi mikir bagaimana saya harus memenuhi setiap 1 blogpost tersebut, apa yang harus saya bahas, harus mulai dari tentang apa, niche-nya bagaimana, dsb. Tapi itu artinya akan ada (minimal) 52 blog post baru yang nantinya akan saya update.

2. More blogwalking
Salah satu masalah pribadi saya sendiri adalah meninggalkan komentar. Selama saya hidup, belum pernah saya meninggalkan komentar pada kolom komentar situs web atau blog yang saya kunjungi. Sekalipun pembahasan-nya tentang "gue banget", saya akan tetap jadi silent reader. Saya tahu itu salah dan tentunya berdampak kepada blog saya sendiri dimana pembaca jarang akan mampir ke situs saya. Hal ini bikin saya self-reflecting juga sih karena tahu betapa berharga nya komentar support yang ditinggalkan.

3. More pageviews
Terakhir saya lihat, pageviews saya selama "all time history" itu sekitar 26 ribu sekian. Disini saya agak berpikir karena angka ini juga akan jadi motivasi saya untuk menulis. Lebih bersyukur lagi kalau pageviews ini akan membantu saya di masa depan.

4. Share to social media
Ini juga jadi salah satu penyebab kenapa readers saya cuma dari google search aja, wong nggak pernah update di social media sendiri. Saya bahkan nggak pernah aktif di real account saya sendiri. Iya anaknya silent reader banget habisnya. Semoga tahun depan nggak malu malu kucing lagi untuk update ke social media biar teman terdekat tahu kalau saya aktifnya itu di blog. Let's do it nit.

5. Learn more blogging skills
Saya pun berpikir bahwa saya masih memiliki banyak kekurangan untuk mengembangkan blog ini, salah satunya kemampuan saya yang selama ini hanya mengandalkan menulis. Padahal pekerjaan blogger tak hanya seorang penulis. Maka dari itu saya mencoba belajar hal baru seperti fotografi, graphic design, ataupun digital marketing. Kalau ada kesempatan, saya ingin mencobanya.

No comments