Bbabayo

 

Bbabayo means busy in korean. Tapi maksud gue sibuk disini adalah bulan ini gue lagi sibuk-sibuknya dibanding bulan lain karena sedang mempersiapkan final exam gue berupa event. Dibanding semester pertama, tentu saja gue merasa hectic karena kan ujian akhir nya hanya tes tulis aja. Nah semester ini tuh nggak, dari total 7 mata kuliah, 2 diantaranya praktek diakhiri dengan laporan kerja. So here we are.

Manajemen Kerja Kelompok
Katanya mata kuliah ini tuh cuma small scale versi dari kelas Manajemen Acara di semester 5 nanti, dan kalau boleh jujur kelas gue pun memilih event yang nggak besar karena segmentasinya lumayan kecil, yaitu anak Vokom (Vokasi Komunikasi) aja. Dibanding kelas A yang segmentasinya lebih umum pun membuat kita nggak perlu banyak panitia, cukup dari kelas kita sendiri. Baru deh kelas sebelah minta bantu kita buat jadi relawan di acara mereka. Nah masalahnya, gap acara nya kita cuma beda seminggu, jadilah itu 2 minggu gue nggak pulang, malah hampir 3 minggu karena gue juga masih punya satu ujian lagi, yaitu......

Komunikasi Pemasaran Terpadu
Kita lebih sering menyebutnya kelas IMC, Intergrated Marketing Communication. Kita belajar istilah dasar 4P (Product, Price, Place, Promotion) ya dari kelas ini. Praktek langsungnya adalah dengan kita memasarkan produk secara langsung di acara Vokom Festival. Eh tapi sebelum di festival kita juga bikin rencana dan laporan penjualan kita selama 1 semester kemarin, nggak satu semester sih, kira-kira setelah UTS? Waktu sebelum UTS, masih bikin rencana dulu, pakai analisa SWOT dulu untuk bisa menentukan produk yang kita jual ini ketemu nggak segmentasi konsumennya. Produknya dibuat sendiri, makanya kebanyakan produk yang dijual adalah makanan. 

Vokom Festival sendiri nantinya juga ada beberapa acara tambahan seperti games dan door prize. Nah kita, kelas PR A&B, dan kelas Adv akan berperan sebagai tenant di festival nya, sehingga varian menu nya banyak. Kita bakal buka di minggu pagi karena biasanya UI ramai orang-orang pada jogging pagi. Wish us luck ya, nanti ku update foto-fotonya.  




cover: Photo by Alex Loup on Unsplash


Comments

Form for Contact Page (Do not remove)