Tips for Starting a Healthy Lifestyle


Setelah 3 bulan di tahun 2015 ini sudah dilalui dengan sukses which means my project is still on-going. Emang lo ada project apa sih? Ah gue belum cerita sama sekali ya soal project ini. Intinya, gue sedang dalam proses untuk mengubah kebiasaan gue selama ngekos (gue ngerasa wasted time banget lah kemarin) dimulai dari awal tahun baru ini. Salah satu motivasi gue adalah setelah menonton salah satu video dari Cambria.


Gue pun merangkum beberapa point tips nya:
  • Cut out processed foods
  • Replace soda with tea or carbonated water
  • Drink water. half of your body weight in ounces per day
  • Spend time with yourself
  • Plan your workout the night before & set out your clothes
  • Get a good night's rest
  • Get moving by doing something you actually enjoy

That was Cambria version, right? Nah dari video dan point tips tadi, beberapa ada yang gue terapkan. Ada yang cocok dan perlu sedikit modifikasi sehingga gue buat lah versi gue sendiri: Tips for Starting a Healthy Lifestyle versi nidul.

Menghindari makanan instan
Gue nggak bohong ketika gue benar-benar menghindari makanan instan, gue sudah hampir nggak punya stok mi instan, sosis, dan nugget. Padahal ketiga makanan tersebut adalah yang paling mudah diolah selama ngekos tahun kemarin. Mungkin gue masih pesan mi instan kalau lagi makan di warkop sama teman, tapi hampir nggak pernah masak sendiri di kosan. 

Meminimalisir minuman berkafein
Which is coffee. Gue buat aturan baru untuk minum maksimal 1 gelas dalam sehari. Jadi misal sarapan gue sudah minum kopi, sampai malam gue nggak boleh minum lagi. Tapi seringnya gue jarang minum kopi buat sarapan dan nggak sering nongkrong dikafe, kalau pesan minum lebih ke green tea saat ini. Untuk soda emang hampir nggak pernah beli dan nggak suka minum.

Minum air putih 2 Liter
Wah ini sih sudah kebutuhan manusia banget kan. Sayang gue termasuk yang lalai. Point ini kuakui masih bolong-bolong dilihat dari hasil tracker air minum. It's a real deal buat gue, kebiasaan baru sekarang saat bangun tidur untuk minum air putih segelas adalah target utama gue.

Me time
It's happening when you try looking youself. Me-time versi gue lumayan banyak dan ringan, seperti ke perpusat atau sekedar belanja mingguan ke margo. Udah jarang ikut nongkrong kecuali kalau harus pergi kerja kelompok. Disini waktu gue bergantungan sama orang pun mulai berkurang, alias nggak ikut-ikut teman doang. Cari kegiatan baru diluar zona nyaman is the best lah. 

Olahraga minimal seminggu sekali
Target gue seminggu sekali karena mikir kalau sore-sore di weekday takut nggak sempat karena gue memilih untuk ke perpusat atau margo. Instead, gue habiskan weekend morning gue untuk jogging. You know lah UI kaya apa, dan emang lingkungannya nyaman banget buat olahraga. Rindang kalau pagi tuh. Beberapa kali bisa lebih dari sekali dalam seminggu misal janjian sama teman lain. 

Atur jam tidur
Mengatur jam tidur juga jadi tantangan tersendiri buat gue yang emang night owl. Kebiasaan dari SMA apalagi kalau maraton drama itu baru tidur jam 5, padahal kelas jam 8. Kan nyari penyakit. Jangan ditiru ya! Pengaturan waktu tidur gue adalah jam 11 malam sampai jam 5 pagi (jam 6 paling siang). Lo tahu efeknya apa? Selain nggak kesiangan kalau ada kelas pagi, gue bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang dulu malas banget gue kerjain. 

Bergerak
Tim rebahan mana suaranya? Kegiatan yang satu ini adalah yang tersulit karena artinya gue harus berpisah dengan tempat tidur kesayangan gue. Nah bergerak versi gue yang punya sertifikasi homebody adalah bergerak sebanyak-banyaknya. Beres-beres kosan itu kaya "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui". Beres-beres kosan, badan bergerak, pekerjaan rumah selesai, kamar nyaman dan bersih, mood pun meningkat dan rasanya kaya puas banget sama hari itu dan nggak menyesal. Biasa dilakukan dipagi hari sih, setelah morning pages, beberes (nyapu, ngepel, cuci baju), bikin sarapan, 7 minutes workout, siap-siap ngampus. It's my favorite routine banget. 

Kayanya jadi kebanyakan curhatnya dibanding bagi tips nya. Tapi emang mesti banget lah share your personal experience, namanya aja blog. Next time mungkin kalau ini project berlanjut ya, gue akan kasih tips keren lainnya. 


Comments

Form for Contact Page (Do not remove)