My 4 Favorite Coffee Shop In Jabodetabek


Bicara soal tempat makan, sebenarnya di Indonesia, atau bahkan di Jakarta sendiri itu banyak banget tempat tempat bagus dan kalian pasti tahu lah makanan Indonesia itu disebut sebut makanan terenak di dunia. Namun saya bukanlah tipe pecinta kuliner yang suka mencicipi tempat makan yang baru buka atau resto yang menunya viral. Kebalikannya, saya selalu memilih untuk makan di tempat tempat aman yang sudah saya atau teman datangi.

Jadilah menulis blogpost ini agak menantang buat saya. Tapi tenang aja, ternyata saya punya beberapa tempat yang emang langganan saya datangi, mungkin bisa jadi referensi readers ya. 

Warga Jabodetabek dan Bandung pasti familiar sama resto bernama "Warung Pasta". Iya resto yang menyediakan menu makanan Italia ini memiliki beberapa cabang di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, dan Bandung. Harga dan menu yang ditawarkan cukup bervariasi. Mulai dari harga 20ribuan sampai 40ribuan dan menurut saya, it's quite affordable. Saya sendiri pertama kali Warung Pasta waktu kuliah di Depok. Tempatnya nyaman, pelayanannya ramah, dan ada potongan harga kalau bawa kartu pelajar/mahasiswa.

Terakhir berkunjung ke Warung Pasta beberapa waktu lalu, tapi kali ini saya pergi ke cabang nya yang di Galaksi, Bekasi. Mungkin yang tahu kalau Warung Pasta Bekasi itu sebelumnya di Kalimalang, mereka pindah ke Galaksi ya, sebelum masuk ke perumahan Taman Cikas, Warung Pasta ini ada di kanan jalan.

2. MUG Authentic Coffee Atjeh

Masih di sekitar Depok, saya ingin merekomendasikan salah satu coffee shop yang bikin kita betah berlama-lama. Iya, itu adalah MUG Authentic Coffee yang ada di Jalan Margonda. Coffee shop ini nggak pernah sepi pengunjung, bahkan selalu ramai menjelang malam dimana mahasiswa biasanya mau nongkrong sambil ngerjain tugas kuliah. MUG ini salah satu saksi biksu di tahun kedua dan ketiga saya sebagai mahasiswa. Dulu saking seringnya seminggu bisa lebih dari sekali kesini buat ngerjain tugas sambil ngopi-ngopi.

Fasilitas yang paling saya suka dari MUG adalah wifi dengan kecepatannya yang nggak pakai lama dan sekali tahu password langsung connect dong. Kalian mungkin paham saya pecinta drakor garis keras, jadi kalau wifi kosan sedang mati atau kadang lagi nggak ke kampus, saya suka kesini. Kopi kopinya juga enak dan affordable untuk kantong mahasiswa kaya saya. Menu yang selalu saya pesan itu sebenarnya Ice Americano, tapi terimakasih untuk Emma, saya tahu Avocado dan itu the best sih, kalian harus coba.

3. Coffee Paste Galaksi

Kali ini saya merekomendasikan satu kafe di Galaksi. Ambiancenya lumayan karena kafe ini berada di lantai 2 dengan pilihan tempat duduk indoor dan outdoor. Peratama datang kesini waktu itu sama Ine dan Yunita, karena waktu itu sedang mencari kafe yang nggak terlalu ramai di Galaksi, ketemulah Coffee Paste ini. Kita pilih duduk di bagian indoor karena kita menghindari smoking area. Lumayan sepi waktu itu. Nah, untuk kamu yang mau nugas juga bisa berlama lama disini karena disediakan free wifi dan stop kontak.

Datang lagi habis itu bersama Ine, kali ini kita duduk di bagian outdoor karena kita mau nonton salah satu teman sekelas yang akan manggung. Dari situ saya jadi sering kesini untuk sekedar ngopi dan ngobrol bareng teman sekolah dulu. Untuk menunya, rasanya standar kalau menurut saya, dan karena pilihan minuman saya pasti akan jatuh ke "Ice Americano"

4. Coffee Pasar Tebet "CoPaste"

Mirip dengan nama kafe sebelumnya, Coffee Pasar Tebet atau biasa disingkat Copaste ini berada di daerah tebet, seingat saya dibelakang McD Soepomo. Lokasinya cukup terpencil dan coffee shop ini sebelahan sama atm center, jadi akan terbelah konsetrasi kalian karena ada orang yang bolak balik ke atm center. Tapi justru karena menurut saya lokasinya terpencil, nggak kelihatan deh padatnya Tebet waktu itu.

Ada 2 pilihan untuk duduk, bisa indoor atau outdoor. Sayang tempat ini terlalu kecil untuk kamu yang berniat ngopi dan bareng teman rame-rame. Untuk minuman lumayan, sedangkan menu makanannya terbilang kecil ukurannya, ya karena harganya juga lumayan murah sih. Tapi overall saya suka, kalau ke Tebet lagi mungkin akan mencoba untuk kembali ke sini.


Pas tahun terakhir saya kuliah, Warkop Cumlaude ini baru aja buka. Karena masih baru dan namanya cukup memorable jadilah saya dan teman teman kesini buat makan malam. Pertama masuk cukup luas dan sepertinya bakal bikin nyaman karena ada colokan di setiap mejanya jadi kan bisa untuk charge handphone dan laptop.

Menunya pun beragam, dari nasi goreng, mie kuah, sampai spagetti ala ala juga ada. Harga harganya lumayan murah untuk kantong mahasiswa. Untuk rasa ya standar warkop warkop pada umumnya. Free wifi juga jadi makin bisa lah ngerjain tugas atau skripsi disini tanpa perlu khawatir diusir karena makanan kita sudah habis.

Lifestyle, Travel, BPN

Comments