5 Simple Habits To Help You Feel Better

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online, sehat adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit) dan waras. Sedangkan menurut saya, sehat tidak hanya dari raga, tapi jiwa kita sebagai seorang manusia harus sehat, atau istilahnya waras. Tanpa disadari, sehat secara jiwa ini masih dipandang sebelah mata, contoh mudahnya adalah stres yang kadang jadi masalah yang dianggap sepele namun punya resiko besar di kemudian hari. Nah, sebelum kesehatan jiwa semakin menurun, saya ingin bagikan tips hidup sehat untuk jiwa versi saya.

1. Love yourself
Ini bukan hanya karena saya seorang ARMY kok. Ini emang pernyataan yang menurut saya harus disebarkan kepada semua orang, love yourself. Mencintai diri sendiri ini perlu jadi prioritas dalam hidupmu loh. Nggak perlu harus mendengarkan atau menyanjung orang lain dulu, guys. As long as kamu nyaman, kenapa nggak?

2. Positive thinking
Kamu pernah nonton film "Happy Go Lucky"? Coba menonton film ini dulu deh. Karena kamu perlu lihat bagaimana Poppy menjalani hidupnya sebagai seorang yang optimis. Dia nggak marah atau nangis ketika sepedanya hilang dan hanya bilang "Ya, sayang sekali aku tidak bisa mengucapkan salam perpisahan pada nya". I can't relate but see, that's how magic works.  

Hal itu lumayan susah susah gampang dilakukan sih sebenarnya. Makanya, kamu bisa memulai saat ini juga dengan bersyukur bahwa hari ini kamu bisa bernafas dengan bebas. Bayangkan kalau kamu harus membayar hanya untuk menghirup oksigen? Huh nggak deh. Sepele sih sebenarnya, tapi it's really works for me, walaupun kadang masih ngeluh juga (terimakasih untuk Ine yang selalu menyanggah keluhan saya dengan wejangan ala Ine yang ala kadarnya). Ya kenapa nggak gitu, sugesti terhadap diri sendiri. 

3. Smile
Definitely the easiest way to relieve stress for me. Walaupun kadang terkesan seperti orang gila, tapi menurut saya tersenyum itu seperti membangun kepercayaan diri. Atau kalau buat saya, karena otot untuk tersenyum lebih sedikit digunakan, jadi otak nggak gampang stres karena banyaknya otot yang disuruh bekerja. Selain berpikir positif, tersenyum dan mengucapkan terima kasih jadi salah satu hal yang menurut saya bisa menambah sehat jiwa saya. 

4. Write a jounal
Saya bukanlah tipe orang yang suka mengungkapkan perasaan saya terhadap dengan orang lain. Saya terkadang berkata straightforward, terhadap orang-orang terdekat saya karena mereka akan paham maksud saya tanpa merasa tersakiti (karena bakal menimbulkan salah paham yang menurut saya nggak habis habis di kemudian hari). Dari kebiasaan tidak mengungkapkan perasaan ini (atau kadang berusaha menahan), saya memilih jurnal sebagai media untuk menyalurkan perasaan saya. Sebenarnya ada beberapa media lain seperti membuat video atau merekam suara anda ketika emosi sedang tersulut dan lagi panas panasnya. Setidaknya menyalurkan lewat media-media itu akan mengurangi stres di masa depan atau konflik dengan orang lain. 

Atau kalian pernah mendengar istilah gratitude journal? Jurnal ini berfungsi untuk menuliskan hal-hal yang kamu syukuri hari itu. Kalau belum pernah melakukannya, coba saja dengan menuliskan 3 hal yang membuatmu bersyukur hari ini. 

5. Listen a song
Kalau kamu sering baca blog saya atau kenal secara pribadi, kalian pasti tahu bahwa saya penggemar BTS aka ARMY. Mendengarkan lagu lagu BTS atau IU, atau apapun yang lirik nya bicara situasi saya banget akan memadamkan emosi saya, sambil melakukan sugesti kepada pikiran sendiri bahwa kalau marah tidak akan menyelesaikan masalah. I always reminder myself with this quote.

If you're angry, you'll lose

Lifestyle, BPN 

Comments