Week 06: Personal Finance

Photo by Amanda Jones on Unsplash

I think it will be new label if I constantly write this in the future. So here I am.

Karena A Day In My Life itu hanya di youtube dan saya belum memiliki sebuah channel, kita buat versi tulisannya saja. Instead, daripada ngomongin keseharian saya yang hanya gitu-gitu saja. Kantor-rumah-kantor-rumah setiap weekday. I want to share it with you.

What I Learn This Week.

Terimakasih atas segala kekepoan saya, dan terima kasih untuk magical answer tool, google.

Iya karena semudah itu tapi kadang kaya overload banget nggak sih? Cerita sedikit karena minggu kemarin ngerasa overload banget sama berita-beritanya. Mostly soal BTS atau soal dunia tentang virus korona, jokes-jokes receh twitter, atau kabar ig story teman lama. Terus kaya ngerasa, wow. BOOM!

Kalian gitu juga nggak?

Tentu saja, ini hanya berlaku untuk beberapa jam setelahnya. Close all the gadgets, not include my work that day. Terus hening selama beberapa menit aja. Atau biasanya kaya butuh untuk zoning out for a moment.

Back to reality.

Saya selalu pusing sama hal satu ini, sekalipun bekerja sebagai accountant (untuk saat ini). Saya masih bingung untuk ngurusin hal ini secara pribadi. Karena basic nggak ada tapi penasaran. Ya terus juga kalau ini masalah keuangan nggak kelar, semua nggak kelar. Plus saya orangnya panikan kalau nggak ada saldo di tabungan tapi gaji masih lama. Dan saya bukanlah orang yang pandai mengatur keuangan itu sendiri.

Saya pun browsing di google: personal financial plan.

I found this

Financial Planning Basics - Personal Finance 101

Kenapa saya cari artikel seperti ini di google? Karena saya lagi gundah banget sama kondisi keuangan saya. Punya tabungan tapi ngerasa masih kosong aja. Nah, berhubung masih awal tahun, saya mau coba ganti sistem budget yang kayanya gagal karena tahun kemarin cukup impulse untuk beli beberapa barang.

Ada 5 poin penting dalam dasar rencana keuangan:

  1. Budgeting
  2. Cutting Expenses
  3. Getting Out Of Debt
  4. Saving for Retirement
  5. Insurance

Sampai saya nulis ini, masih ketunda untuk bikin rinciannya. But the whole point of the article, I get it. THE BASICS! 

Plus karena ini harusnya adalah setoran tulisan untuk minggu lalu, bikinnya jadi agak nggak semangat karena punya absen di akun 1minggu1cerita. Serius kesel sama diri sendiri. Intinya sih gitu, saya masih pusing sama segala rencana yang hanya baru jadi rencana.

Comments

Form for Contact Page (Do not remove)