Review The Gifted Graduation Episode 13


The Gifted Graduation sudah selesai tayang. 13 Episode. 


Disclaimer: tulisan ini sepertinya akan banyak mengandung spoiler, jadi disarankan jika belum menontonnya, diharap untuk tidak dilanjutkan. Kecuali ingin berlanjut ke penasaran ya.


Setelah rumor 18 episode dibantah dengan ending di episode 13, saya kok malah ngerasa agak nggak puas tapi ikhlas karena happy ending, tapi was-was ini bakal ada season baru lagi nggak ya. Waktu itu sutradara nya pernah dibecandain sama Nanon (pemeran Pang), saya sendiri nangkapnya sutradara nggak merencanakan season 3. Tapi kan siapa tahu ya, kita semua mau tahu lah thailand setelah audio wave didengarkan oleh semua murid-murid sekolah disana. 


Back to the story, ending di episode 12 berakhir dengan potensial Grace yang akhirnya diketahui oleh Supot sekaligus pengumuman Ohm tentang cara pemilihan anak-anak the gifted melalui audio wave didepan murid-murid sekolah, membuat keraguan diantara para murid-murid. 


Personally, saya merasa Supot mulai anxious, karena rencana dia untuk mengadakan placement exam mungkin akan gagal, dan lagi-lagi berusaha digagalkan oleh anak-anak. Kalaupun dia untuk menggunakan potensial ke semua orang yang mengetahui audio wave saat itu juga kan nggak mungkin. Terus words travel fast, thanks to social media, in a good way. 



Di episode 13, ancaman Ohm dan anak the gifted berhasil karena laporan media yang mengatakan bahwa 40% murid-murid tidak ingin mengikuti placement exam tersebut. Supot? Kalang kabut dan lagi-lagi berusaha untuk menggagalkan rencana anak-anak the gifted. Di preview nya kukira dia bakal incar Ohm, lagi-lagi saya dikerjain karena ternyata rencana Supot malah masih ingin menyingkirkan Grace yang emang potensial nya paling mengancam Supot. 


Well. Karma does it’s job. Bagian Grace menurut saya paling nggak make sense, mungkin waktu nya memang bersamaan atau gimana. Waktu Supot menyuruh ajudan nya membuang Grace, kemungkinan tempatnya jauh dari kota. Sedangkan Pang dan Ohm melobi nggak mungkin selama ini. Jadi tiba-tiba Grace muncul tiba-tiba agak rancu. Emang sih dia bisa bawa mobil tapi kok bisa secepat itu?


Ok skip.


Lanjut ke lobi melobi soal placement exam dan NYX 88, huhu diriku hampir lupa sama bioweapon itu. Akhirnya kita melihat titik terang berkat potensial Grace. Beberapa omongan Supot langsung dipatahkan sama fakta bahwa Grace datang dengan pengalaman dari masa depan. Jadilah sudah ketahuan gerak-gerik Supot saat itu. Mati kutu banget deh si Supot. Menurut saya, disini Supot lumayan ekspresif dalam mengekspresikan dirinya kalah, tapi kurang greget gitu nggak sih. Apa karena doi nggak pakai ngamuk? Tapi kalau ngamuk buat apa juga, kalau yang begitu sih drama banget. Lagi, tiba-tiba potensial Pang ngaruh di Supot nih kaya kepaksa juga. TAPI THE WHOLE POINT IN THIS PART OF COURSE! SUPOT WAS SURRENDER!



Di part ketiga nih yang agak mindblowing karena akhirnya anak-anak the gifted menang dengan sebenar-benarnya. Menang telak, Supot sudah kalah. Tapi masa iya kelar habis 2 part doang. 


Lalu muncul pertanyaan 


Mau dibawa kemenangan ini? Dan semua mata tertuju pada Pang. 


Sama sih saya jadi penonton juga refleks karena status placement exam, NYX88, dan keberlangsungan anak-anak the gifted itu gimana. Mau lanjut atau tidak, terus kaya kembali ke prinsip awal Pang. Tapi kepotong karena diatas Pang, masih ada Grace. 


Ini part Grace menurut saya kaya wow, aduh, kok, ya bisa-bisanya.


Ternyata gertakan doang, guys. Ingat dah episode 13. Intinya jangan terlalu menaruh kepercayaan tinggi sama orang-orang superior, macam Supot, dan…. Grace. Disini Grace ngalahnya cepat banget kaya udah gitu doang? Tapi bisa aja sih karena Grace from future takut kondisi dia makin lemah. Ya cuma gimana ya masa gitu doang, rasanya kaya ngisi slot buat part ketiga aja gitu. *spoiler alert btw*


TERUS ADA NAMTARN JUGA MAKE A SPECIAL APPEARANCE!!!!!!!!!!!!!!!!!! 



Lalu teringat PangWave yang selama ini berantem kaya pasutri sepanjang episode. Saya senang romansa cinta segitiga yang dibuat dibuat. Btw, senang karena alasan Namtarn pergi masuk akal banget. Supot takut sama potensial Namtarn yang bisa membaca masa lalu, mengingat Supot did a lot bad things in the past. 


Namun, dari semua up and down nya episode terakhir, pesannya sampai banget terutama buat anak-anak yang masih sekolah. You get right to choose what you want. And I love the way anak-anak the gifted memberikan pilihan untuk anak-anak memilih.



Intinya, Happy Ever After, guys. Tapi nggak pakai ending pakai toga terus dilempar gitu. Nggak!


Ah endingnya kamu bisa coba dengan mendengar audio wave nya lagi bakal membangunkan sel-sel gifted kalian apa nggak. 


Yang sudah menunggu kapan kelar, selamat! The Gifted Graduation available di WE TV Indonesia dan Youtube (pakai VPN). Happy Watching! 


Gonna miss the squad btw!






source photo: twitter @GMMTV & @parbdee

Post a Comment

Instagram

Journal and Tea