Morning Pages for a Clearer Mind



Pernah nggak sih kalian merasa pikiran kalian tuh rasanya nggak karuan bagai benang kusut. Itu yang sempat saya alami sampai akhirnya ketemu hal ini: morning pages. Yep, berawal dari nonton video Lavendaire yang ini. Saya termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Mengingat pikiran random yang tiba-tiba suka full of anything tapi pas dituangin ke dalam tulisan, it doesn't work. Please try this. 

Morning pages sendiri merupakan sebuah metode kreativitas yang dipopulerkan oleh penulis Julia Cameron, di bukunya yang berjudul The Artist's Way

Morning pages adalah rutinitas menulis sebanyak 3 halaman yang dilakukan setiap pagi. Kamu boleh menulis apapun di ketiga halaman tersebut, menuangkan semua hal yang ada di pikiran setelah bangun tidur. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan metode ini loh. 

Mengasah kreativitas
Sebagai mahasiswi komuniksi, saya nggak bisa bohong bahwa diperlukan kreativitas untuk berpikir out of the box. Kadang sering aja gitu kepakai hal-hal yang nggak pernah dilakukan. Somehow it's works. 

Memproses emosi
Ini sih sebenernya paling relate dalam hidup sehari-hari karena saya tipe yang emosi nya suka berapi-api (maklum lah Leo). Sebenernya saya yang sekarang lebih baik dalam mengeluarkan emosi dibanding saat sekolah dulu, but turns out selama kuliah ini perbedaannya hanya lebih sering dipendam. Alhasil pelampiasan nya nggak ada. Morning pages ini membantu saya banget dalam menyalurkan emosi yang selama ini saya pendam. 

Memunculkan ide-ide baru
Terimakasih juga untuk morning pages ini, saya kembali menulis cerita fiksi yang saya nggak pernah bayangkan bisa muncul kembali sih idenya. Proses nya mungkin masih panjang, tapi setidaknya outline-outline cerita nya muncul dan bikin saya termotivasi untuk melanjutkan. 

Anyway, saya juga belum lama melakukan metode morning pages ini. Tapi saya ingin sekali merekomendasikan metode ini untuk kalian yang sedang bingung atau pusing dan bingung mengungkapkan nya. Cukup luangkan waktu di pagi setelah bangun aja kok. 

Post a Comment

Instagram

Journal and Tea