Review Drama Korea: The Glory (2022)


Gue lupa ini drama ternyata rilis nya di tahun 2022, gue kira udah masuk ke 2023. Lumayan jauh ya berarti jarak rilis part 1 dan 2 nya, pantes agak lupa. Tapi part kedua yang baru dirilis tanggal 10 Maret kemarin meninggalkan impresi yang mendalam buat para penontonnya. Gimana nggak, finally penantian 18 tahun Moon Dong Eun terbayarkan. Aktingnya Song Hye Kyo? Jangan ditanyalah aku padamu banget mba Hyekyo.


SYNOPSIS BY ME

Moon Dong Eun awalnya hanyalah anak SMA biasa yang bercita-cita menjadi seorang arsitek. Tapi pengalaman mengerikan nya menjadi seseorang yang dibully oleh teman-temannya meninggalkan bekas luka di kulit dan hatinya yang mendalam. Ia awalnya berusaha untuk tetap menjalani hidup yang semestinya, sampai membaca cita-cita para pembully-nya. Meet her: Park Yeonjin yang bercita-cita menjadi seorang istri dan ibu yang baik untuk keluarganya. It triggers Dong Eun (and me juga kayaknya) untuk memulai misi hidup baru: balas dendam. It takes time for 18 years, dan disinilah kita, menyaksikan bagaimana rencana itu berjalan.


DRAMA REVIEW

Sebenernya sih ini drama bukan hanya menjelaskan bagaimana rencana Moon Dong Eun lagi berjalan aja ya. Awalnya tentu saja kita bakal dilihatin asal usul alasan kenapa Moon Dong Eun memilih untuk balas dendam. Throwback ke tahun 2004 POV Moon Dong Eun, waktu ia dan Park Yeon Jin serta keempat sahabatnya yang hobi ngebully saat bersekolah. It painful to watch, trigger warning adegannya. Gimana mereka membully and leave the scar so deep di hati dan kulit Dong Eun. Coba Park Yeonjin and the gang otaknya ketinggalan di rumah apa ya nyoba ngetes alat catokan di badan Moon Dong Eun. Sakit.

Mana real kejadiannya ada di dunia nyata. Sakit.

Hari-hari Moon Dong Eun nggak pernah tenang selama bersekolah. Mereka ngebully nya emang nggak masuk akal di gue juga (tapi beneran ada). Adegan-adegannya tidak untuk ditiru ya, plis! Moon Dong Eun akhirnya memilih jalan untuk mengundurkan diri dari sekolah, alasannya bullying. Udah berani nih Moon Dong Eun, berani nyebutin juga nama-nama anak yang ngebully dia. Sayangnya nggak ada yang berpihak sama dia, dari wali kelas sampai ibunya sendiri. Sakit, sakit hati banget lihatnya. But life must go on, right? Sempat kepikiran yang buruk karena luka after bullying nya tapi nggak jadi yaudah lah Moon Dong Eun kerja aja untuk menghidupi dirinya. Until one day, seperti yang gue bilang disinopsis. Moon Dong Eun balik ke sekolah, memastikan fakta bahwa seorang Park Yeonjin bermimpi menjadi istri dan ibu yang baik. I love this scene so much. TMI sih, tapi ciamik banget bilangnya. Saat itu juga Moon Dong Eun membulatkan tekadnya kalau mimpi dia adalah Park Yeonjin. Maksudnya? You need see the details on Netflix, of course!

Lalu dimulailah, perjalanan Moon Dong Eun yang kerja nonstop sambil belajar, sampai akhirnya berhasil kuliah dan lulus. Bertahun-tahun, slow but sure sambil catching up berita-berita pembully-nya di media sosial. Updated, semua on track. Si para pembully ini sukses dengan karir mereka masing-masing. Park Yeon Jin jadi Forecaster dan menikah dengan CEO kaya, punya anak juga. Jeon Jae Jun jadi pemilik lapangan golf mewarisi usaha orang tuanya, sambil sesekali jadi selingkuhan Yeon Jin, Lee Sa Ra jadi pelukis yang kecanduan narkoba, Choi Hye Jeong jadi pramugari, while Son Myung Oh nggak jadi jutawan but pesuruhnya Jae Jun.

Kalau kata gue, Moon Dong Eun balas dendamnya rapi banget. Apa karena dia jago main baduk? Entahlah. Tapi bisa dilihat gimana sepanjang cerita, doi pelan-pelan mendekati orang-orang yang bisa dia pakai jadi batu loncatan sampai akhirnya menghadapi Yeon Jin and the gang. Luv banget gimana Moon Dong Eun say hi ke para pembully-nya. Lyke “Do you remember our old times? I’m back to return the favor. Stay tune ya”. Lol


Di scene itu, gue suka gimana Lim Ji Yeon potrayed her character as Park Yeon Jin. Penasaran sama apa yang dipikirin Dong Eun, ketar-ketir pas tahu ternyata doi jadi wali kelas Ha Ye Sol, tapi kudu tetep slay arogan karena masa iya gue takut sama orang yang pernah dia bully, gitu. Moon Dong Eun? Dengan pedenya dia bersiap menyambut gimana para pembully menepis fakta terdahulu: bahwa mereka adalah orang yang ngebully Dong Eun. Kudu di highlight, orang yang ngebully itu nggak bakal inget dan nggak pernah merasa bersalah sama apa yang mereka lakuin ke korban. Gambarannya ya interaksi Dong Eun-Yeon Jin dkk ini.

Slow but sure, balas Moon Dong Eun mulai terlaksana satu persatu. Caranya variatif dan nggak perlu Dong Eun sendiri yang turun tangan. Keren deh gimana Kim Eun Sook membungkus cerita perangkap buat para pembully. Start from wali kelas Moon Dong Eun dulu. That is the intro.

Yeon Jin and the gang, masih chill awalnya, belum gangguin hidup gue ini. Tapi fakta-fakta lama terungkap, membuat mereka jadi punya trust issue satu sama lain. Dan emang dari awal pertemanan Yeon Jin and the gang, nggak sehat. Jadi kalau kata gue, mereka terbagi dalam 2 line. Line anak-anak mampu kek Park Yeon Jin, Jung Jae Jun, dan Lee Sa Ra, while Choi Hye Jeong dan Son Myung Oh kastanya dibawah mereka. Makanya kalian lihat kan karir yang mereka jalani juga keliatan beda.

Selain cerita keenam teman seangkatan tadi, kita juga bakal melihat 3 karakter tambahan yang menurut gue sama pentingnya untuk membuat ini cerita jadi full meaning. Mereka adalah Kang Hyeon Nam, seorang ibu yang ingin melindungi anak perempuannya dari si suami yang pemabuk dan abusive. Awalnya Hyeon Nam mau minta tolong ke Dong Eun buat bunuh suaminya. Tapi dijelasin sama Dong Eun, nggak gitu cara balas dendam yang slay, kita buat kesepakatan aja deh. Jadi mereka kerjasama bareng deh. Interaksi Dong Eun dan Hyeon Nam setidaknya memberi sedikit hiburan diantara scene-scene berat tentang balas dendam.

Ada juga Joo Yeo Jeong, seorang dokter yang bakal jadi algojo para pelaku bully Moon Dong Eun, yang mana gue nggak ngerti scene eksekusi nya yang mana. Apakah scene Yoo Jeong mengambil DNA Yeon Jin? Sumpah aku clueless. Tapi Yeo Jeong ini juga nggak kalah helpful dan bakal ikutan mengobati luka Dong Eun sepanjang cerita. Yoi masih sempat banget Kim Eun Sook naruh romance scene diselah-selah ajang balas dendam, kek memastikan Moon Dong Eun punya alasan lagi untuk hidup karena Yeo Jeong juga. Btw, Yeo Jeong juga punya luka yang nggak kalah bikin menyayat hati, soal kematian ayahnya. Plis I can’t deny the fact Lee Do Hyun seumuran gue dan punya romance scene bareng Song Hye Kyo, padahal doi udah pernah jadi lawan main wanita berumur juga like Kim Ha Neul dan Lim Soo Jung. Heuh

Last, Ha Do Yeong sebagai suami Park Yeon Jin. Di part pertama gue curiga dia akan pro ke Park Yeon Jin dan bakal ngebelain istrinya, soalnya Ha Do Yeong nih ada vibes-vibes jahat yang akan memaklumi perilaku Yeon Jin. Ternyata nggak dong, Ha Do Yeong tuh definisi menghadapi masalah pakai otak bukan pakai perasaan. Jadi doi kaya menimang-nimang gitu, Yeon Jin akan membawa dampak seberapa besar dalam hidup dan perusahaannya. Bener aja sih, doi langsung ngerti istrinya itu bermasalah. Bulat keputusan dia buat menceraikan Park Yeon Jin pas tahu Yeon Jin nggak ngerasa bersalah sama perbuatannya ke Dong Eun. Apalagi doi juga tahu nih istrinya busuk banget dalamnya, dari yang tukang bully sampai hobi selingkuh sama Jae Jun. Tapi doi tuh nggak entirely putih gitu juga lho, I mean doi juga punya rasa benci ke Jae Jun dan cara dia balas dendam tuh, out of nowhere aja.

Kalau karakter para pembully nya? Nggak usah dijelasin lah mereka sampah semua. Tapi kalian harus banget nonton sih gimana trouble-nya Yeon Jin dkk bahkan setelah lulus. Walaupun mereka tetap stay in touch ya setelah belasan tahun, tetep aja bermasalah itu pertemanan. Saling jadi boomerang dan menghancurkan satu sama lain. Emang dari awal circle ini nggak usah ditemenin lho, nyari penyakit. Moon Dong Eun bahkan nggak perlu melakukan banyak hal untuk menghancurkan mereka. Sekali selenting aja naruh batu yang nge-trigger mereka. Duar, berjalan itu balas dendam dengan sendirinya. Tentu saja kalian harus nonton ini sendiri buat ngerasain gimana puasnya gue sebagai penonton, ya lumayan satisfying lah karma para pembully ini, dan nggak yang perlu memakan korban gitu untungnya. But actually they are living in hell, in the end. Cakep lah pokoknya.

DETAILS

Title: The Glory
Episodes: 16 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 18+
Star Review by me: ★★★★★

2 comments

  1. Jujur, aku ngarepnya Yeo Jin bakal disiksa habis-habisan sama Dong Eun, paling nggak dibales pakai catokan juga 😂 tapi ternyata nggak sesadis itu, tapi tetap menyakitkan hati. Puas sih lihat reaksi Yeo Jin pas diending, tersiksa banget batinnyaa. Waktu suami Yeo Jin bilang ke Dong Eun apakah setelah semua ini dia bakal bahagia? Beuh, terenyuh aku 🙈
    Lee Do Hyun ini spesialis lawan main yang jauh lebih tua yaa 😂.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catokan jaman sekarang udah gak sepanas dulu kayanya Li jadi gausah lah. Tapi goals nya tercapai juga, Yeonjin nggak punya siapa-siapa jadinya. Apalagi pas scene yang dia lihat ibunya sama Moon Dong Eun. Kayanya suami Yeon Jin nyari testimoni kalo bahagia dia mau ikutan bales dendam juga soalnya, lol. Tapi aku suka Lee Do Hyun disini gak fokus romance nya aja. Aku ikut sedih lihat scene dia sama pembunuh bapaknya, kacau banget

      Delete

A Journal and Tea