Weekly Log #19

Baru nulis judul aja udah bingung mau ngomongin apa, oh iya what happened last week………

Setelah gue tahu bahwa kebijakan google yang membatasi penggunaan drive nya menjadi limited (not unlimited anymore), I decide to transfer my data to my personal account, instead my education email. Rencananya ya.

Setelah purchased Google One, gue akhirnya mencoba fitur transfer data to another account yang dimiliki oleh Google. Tapi gue salah pakainya, sehingga itu transfer gagal (atau malah batal). Jadi ada notifikasi nya gitu bahwa proses transfer tidak berhasil. Well salah gue juga sih.

Karena…. Gue main transfer aja datanya, nggak di cek dulu yang mau di keep sama yang mau dihapus. Alhasil kepenuhan lah itu drive personal account gue, padahal udah subscribe yang 100GB. Yaudah jadi di cancel deh rencana transfer nya.

Minggu lalu waktu senggang gue dihabiskan untuk mindahin foto-foto di google photos dan data-data penting di google drive. Yep, in the end gue pakai yang sistem manual karena nggak sabar kalau harus nunggu semingguan buat transfer data nya aja (kesabaranku emang setipis tisu). Untungnya gue pindahin data dan fotonya nggak pakai seminggu. So I satisfied with it.

Tapi ini baru data-data personal gue aja, belum file-file kpop yang sayang kalau dihapus begitu aja. Jujur males pindahin nya karena file nya besar-besar (mostly it is drama and tv show) so you can imagine akan makan banyak tempat and probably 100GB tadi tidak akan cukup. Jadi masih aku taruh di email kampus.

Kalian pernah langganan google one juga kah?

Oh, I have something to tell. Screen time gue akhirnya turun lagi. Yay! Masih diatas orang normal sih, tapi setidaknya nggak naik kaya minggu-minggu sebelumnya. Nanti aku update progress nya kalau udah dirata-rata orang normal ya.

Selama proses mengurangi screen time ini, sebenernya gue sadar banget bahwa screen time ini sangat bisa dikontrol as long as kita nggak terlalu berurusan atau bergantung sama smartphone kita sendiri. Selain media sosial atau aplikasi messanger, beberapa aplikasi penting yang sering dipakai juga emang ada nya di smartphone kan, jadi mau nggak mau emang harus dinyalain screen nya. Apalagi semenjak laptop gue error dan hanya mengandalkan smartphone selama di rumah. Jadi saat buka notion atau aplikasi daily tracker, jadi dianggap screen time.

Nasib semuanya serba digital.

Well, this is why you should find another distraction, from your phone. I highly recommend to get back to the analog. Hidup ku nggak jauh-jauh dari nulis dan kertas, jadi ujung-ujungnya jadi nulis atau ngedekor journal. Belum sering, tapi setidaknya mereka mengalihkan perhatian ku dari smartphone. Jeleknya kalau lagi sok-sokan nyari inspirasi, berakhir ngecek media sosial. Hiks.

Kalian punya tips untuk mengurangi screen time kah?

4 comments

  1. Halo salam kenal!
    Wah aku ga pernah subscribe atau bayar cloud drive gitu sih. Hahah Masih mengandalkan kuota gratisan. Tapi kalau buat simpan film gitu sih di hard disk gitu sih. Terus makin ke sini karena sudah ada netflix atau online streaming website gitu, jadi sudah ga pernah simpan-simpan film/series lagi. Hehe. Tapi sekarang aku uda mulai diambang batas untuk simpan data di google drive-ku juga sih. Maklum banyak video-video yang kurekam. Berujung mulai sortir foto atau video yang ga penting gitu deh. Teteup demi ga bayar 🤣

    Aku juga suka buat jurnal dan yes cari inspirasinya juga sama lewat Pinterest. 😅 Untuk kurangin screen time mungkin bisa lakukan olahraga bareng temen atau baca buku atau memasak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga kak!

      Iya kak, aku juga kepikiran nya gitu, mulai sortir yang mau di keep aja karena males harus langganan setiap bulan. Nggak tahu nih masih sayang-sayang hapus file lama karena nyarinya juga udah susah.

      Kalau video dokumentasi sendiri aku kadang upload ke youtube aja terus di-set private jadi tetep tersimpan online hehe.

      Iya kak, pinterest tuh kaya jalan ninja kalau nggak punya inspirasi, tapi tetep harus bijak karena sering kecolongan malah searching yang lain, hehe 🤣 Boleh juga nih olahraga atau baca buku biar lebih bermanfaat waktunya

      Delete
  2. setelah ada pemberitahuan dari kampus bahwa ada pembatasan kuota penyimpanan, saya pun segera pindah ke onedrive dari kampus yang kuota penyimpanan nya 5 TB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, ternyata pihak kampus ngasih alternatif buat mindahin data dari google drive ke onedrive juga. Wih boleh dicoba juga nih, makasih kak infonya!

      Delete

A Journal and Tea