How to Plan New Year Goals


Selamat datang 2015. Jadi tahun ini mau ngapain aja?

Kalau bingung mau ngapain, boleh banget dicatat sambil dibayangin dulu mau gimana karena kali ini aku mau share caranya merencanakan Resolusi Tahun Baru aka New Year Goals. Karena tahun baru identik sama sesuatu yang baru, kita bisa juga nih memulai hal-hal baru atau yang nggak pernah kita coba sebelumnya. Nah biasanya aku mulai dari: 

WRITE IT DOWN

Karena kalau cuma bayangin doang bakal numpang lewat doang. Sering banget sih kalau lagi bengong kepikiran ah nanti kalau bikin resolusi mau bikin bla bla bla, tapi ya karena dipikirin doang lupa deh. Catat dan brainstorming buat mempermudah life goal kamu kedepannya. Misal mau punya gaji dua digit, mau punya rumah, mau naik umroh bareng keluarga. Catat dulu gengs, mungkin bisa dilaksanain tahun ini, atau bisa mulai dicicil jalannya mulai tahun ini. Yang penting kamu punya gambaran kedepannya seperti apa. 

SET THE TARGET

Di liburan semester harus bisa dapat tempat magang yang bagus buat pamer di CV. Boleh banget! Ada durasinya, jadi sebelum liburan semester harus tahu udah magang dimana. Jangan pas lagi liburan baru nyari tempat magang. Atau 40 hari harus punya habit bla bla bla, bangun pagi jam 5, olahraga rutin seminggu 3 kali, dan sebagainya. Disesuaikan dengan target kamu tentu saja.  

REVIEW FREQUENTLY

Ini yang bikin semangat sih karena harus ada laporannya kan. Biasanya dicatat pakai tracker gitu. Bisa ditulis di jurnal atau planner. Review deh misal tiap bulan, berapa kali mangkir. Perlu dilanjut apa nggak, dampak apa yang berubah dalam keseharian setelah memulai habit baru? Review dan kamu bisa lihat hasilnya. 

REWARD YOURSELF

Sesekali mengapresiasi diri sendiri karena berusaha menjadi lebih baik bisa banget loh. Misal habis nabung sekian persen dari uang jajan dan berhasil dikumpulin sesuai target. Ini saatnya beli apa yang kamu inginkan dengan uang tersebut karena berarti kamu sudah berhasil menyelesaikan target mu. Kalau udah berhasil nemu tempat magang yang bagus, boleh banget beli baju baru buat persiapan outfit magang. 

Lol setelah nulis ini jadi kepikiran aku sendiri yang emang lagi cari tempat magang, tapi nggak itu aja karena goals ditahun ini diantaranya get rid of my bad habit dan menabung untuk sesuatu yang mau banget dibeli, ala anak sekolah banget. Kalau kamu masih bingung mau bikin rencana apa tahun ini, nggak apa apa banget sebenernya. You can start it slowly.

Jadi, selamat tahun baru ya! 

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea