Review Drama Korea: Age Of Youth (2016)


Awalnya pas masih on-going gue nggak terlalu ngikutin ini drama, tapi karena ada following gue yang ngomongin, auto penasaran. Dan ternyata seru nih ini drama, underrated banget. Ceritanya ringan soal youth dan slice of life tentang anak kuliah, bertabur romance yang gemesin ala anak muda gitu deh. Rekomen!


SYNOPSIS BY ME

Drama berlatar belakang dunia perkuliahan. Hadir dengan 5 karakter yang bertolak belakang, berkumpul dan tinggal dalam satu rumah kos bernama "Belle Epoque". Mereka menjadi housemates dan drama ini menggambarkan bagaimana kehidupan sehari-hari mereka selama berkuliah dan berinteraksi satu sama lain sebagai penghuni rumah bersama.

Sebelumnya kenalan dulu sama lima karakter utama drama ini yuk.


THE CHARACTERS

HAN YE RI AS YOON JIN MYUNG. Yoon Jin Myung adalah gadis tertua diantara kelima gadis lainnya. Ia berusia 28 tahun dan masih kuliah di jurusan bisnis, ia belum kunjung lulus karena masalah finansial. Ia masih harus menghidupi biaya hidupnya sendiri dengan bekerja part-time di 3 tempat berbeda: pelayan restoran, tutor, dan kasir di mini market. Tidak hanya itu, ia dikejar lintah darat dan harus membiayai biaya rumah sakit saudara laki lakinya yang koma. Masalah makin bertambah ketika bosnya di restoran suka flirt dan menjadi abbusive terhadapnya.

HAN SEUNG YEON AS JUNG YE EUN. Ia belajar tentang ilmu pangan di kampus bersama kedua sahabatnya yang juga sejurusan dengan dirinya. Sehari hari, ia disibukkan dengan kencan bersama sang pacar dan sangat memperhatikan fashion. Everything is okay, sampai suatu hari dia mulai jenuh dan berusaha menyortir toxic relationship dalam hidupnya. Ia justru malah mendapat boomerang.

RYU HWA YOUNG AS KANG YI NA. Seorang gadis yang cantik dan populer karena penampilannya. Gaya hidupnya bertolak belakang dengan Yoon Jin Myung. Gaya hidupnya mewah, terlihat dari barang barang branded yang ia gunakan. Tapi siapa sangka dibalik gaya hidupnya, ia harus berbohong kepada para housemate nya.

PARK EUN BI AS SONG JI WON. Song Ji Won adalah seorang mahasiswi jurusan komunikasi media sekaligus seorang wartawan kampus. Sehari-hari ia sibuk mencari soulmatenya dengan ikut blind date. Ia adalah seorang yang supel, asik, rame, dan heboh. Ia juga tak segan membantu teman jika butuh pertolongannya. Selain selalu bersama para gadis lainnya, ia juga berusaha mencari kebahagiannya sendiri.

PARK HYE SOO AS YOO EUN JAE. Yoo Eun Jae adalah mahasiswi tahun pertama jurusan manajemen yang baru saja pindah ke Belle Epoque. Ia memiliki karakter yang pemalu karena pengalaman dibully di masa lalu, ia juga punya rahasia yang tidak pernah ia ceritakan siapapun. Yoo Eun Jae sendiri berusaha untuk menyesuaikan diri dengan para housemate nya, juga berkuliah di kampus, yang memang masih baru di mata Eun Jae. Bisa kalian bayangkan jadi Yoo Eun Jae?

DRAMA REVIEW

Setelah tahu karakter karakter yang ada di Age Of Youth, bisa kebayang dong bakal kaya apa? Apalagi Yoo Eun Jae, yang emang baru banget pindah ke Belle Epoque mau nggak mau harus menyesuaikan diri dengan keempat housemate barunya. Somehow, gue bisa relate apa yang Yoo Eun Jae rasain karena gue tipikal orang yang sama kaya dia, memilih untuk diam dan dipendam, apalagi sama orang-orang baru yang bikin was was just in case mereka malah ngebully karena tahu kelemahan kita *negative thinker banget sih sebenarnya.*

Belum lagi diawal episode diceritakan bahwa housemate housemate ini terkesan semena mena sama Yoo Eun Jae. Emang ya yang namanya first impression itu terlalu mengenang untuk diingat? Gue juga kalau jadi Yoo Eun Jae juga bakal kesal sendiri. Tapi yaudah karena dari situ sebenarnya kita dipaksa belajar untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi sama lingkungan baru. So yeah, menurut gue, banyak pesan terselubung dari drama ini untuk kalian, yang baru masuk usia 20an.

Klimaks nya, pas mereka saling memiliki masalah pribadi dan harus menyelesaikan masalah itu. Mereka nggak bisa menyelesaikan masalah itu sendiri, terimakasih untuk para housemate Belle Epoque. Kali ini belajar lagi sebagai makhluk sosial, kita saling membutuhkan satu sama lain. Semua digambarkan dalam drama ini. Walaupun kadang ada yang terlalu "drama", well namanya juga drama.

Age Of Youth sendiri memang mengangkat cerita dengan latar lika liku kehidupan para gadis di usia 20-an yang cukup kompleks dan bisa kita temui dalam kehidupan sehari hari. Banyak kok adegan yang bisa bikin "I can relate". Tentang kampus, teman kosan, sahabat, pacar, sampai finansial yang masih awam untuk kamu yang baru masuk ke dunia "Twenties". Pokoknya rekomendasi untuk kalian para gadis usia 20an. Salam twenties.

Check preview nya dulu biar nggak galau.


DETAILS

Title: Age of Youth
Episodes: 12 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea