Review Film: Train to Busan (2016)


Memutuskan review film aja soalnya gue bingung mau bahas drama apa, akhir akhir ini gue jarang kelarin drama entah kenapa. Akhirnya gue pergi ke bioskop lagi buat nonton film ini karena sepenasaran itu despite genre nya horor (genre yang sangat gue hindari). Turns out keren parah. So here we are gonna talk about “Train to Busan”


SYNOPSIS BY ME

Perjalanan para warga Seoul yang terjebak di sebuah KTX ke Busan, soalnya tiba-tiba Seoul berubah karena serangan zombie. Ada Seokwoo dan Suan, ayah yang sedang mengantar anaknya ke ibunya untuk merayakan hari ulang tahun Suan. Selain mereka, ada penumpang lain kaya Yoon Sang Hwa dan istrinya yang sedang hamil, Sung Kyung. Selain itu, Min Yong Guk, seorang pemain baseball SMA dan Kim Jin Hee, ketua cheers sekaligus pacar Yongguk.


MOVIE REVIEW

Dilihat dari trailer kalian udah bisa bayangin kan kalo goals para karakter nya tuh survive nyampe busan, alias sehat, alias waras, alias nggak jadi zombie. Dan harus gue akui, alasan utama gue nonton ini tuh awalnya karena mau liat Gongyoo aja, mana ke bioskop kan. Tumben banget lah gue memberanikan diri nonton film horor ke bioskop

Turns out, ceritanya beneran nggak serem sih. Cuma deg-degan aja karena Gongyoo ini selamat terus dong dari zombie, pokoknya keenam karakter utama nya deh. Bisa loh mereka survive di 2/3 film. Nah menjelang akhir-akhir nih paling bikin tegang. Udah tegang dibikin nangis pula.

Gue suka gimana karakter Seokwoo nih awalnya digambarin sebagai seorang fund manager, egois pula, makanya cerai sama istrinya. Berbanding terbalik sama anaknya Suan, yang diajarin ibunya untuk mengalah dan prioritasin orang yang membutuhkan. Menurut gue itu adalah konflik awal bapak dan anak ini. Yang kalau lo ikutin sampe akhir, makin deep. Dan gue bayangin jadi Seokwoo, he is lucky enough to spend his last time with Suan. Walaupun kejar-kejaran sama zombie, setidaknya doi nggak nyesal dan bisa bayar waktu yang nggak pernah dia kasih ke Suan. Nah tbh gue lebih kasian sama Suan, but she survived aja udah the best thing ever on this movie.

Dalam perjalanan Seokwoo dan Suan ke Busan, mereka ketemu banyak orang (dan zombie) senasib yang beragam karakter nya, dan bisa dibilang kebagi jadi dua kubu. Yang mau nyelamatin diri sendiri vs nyelamatin orang lain juga. Seokwoo nih egois nya keliatan banget di awal film sampe Suan kesel dan nangis kek “kok bapak gue jadi orang jahat” thanks untuk karakter Yoon Sang Hwa dan Min Yong Guk mereka berperan penting untuk bikin Seokwoo survive sampai detik terakhir sih.

Tipe survival banget, berguguran satu persatu sampai akhirnya yang bener-bener prioritas untuk diselamatkan ya harus tetap hidup. Kamu bisa tebak nggak siapa yang bakal bertahan sampai akhir?

DETAILS

Title: Train to Busan
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea