Review Film: Alienoid (2022)


Akhirnya nonton film ini juga walaupun rasanya so yesterday banget. Gimana nggak yesterday, pas tayang cuma nonton wawancara aktor-aktris nya instead nonton film nya di bioskop. Tapi setelah nonton ini kemarin, jadi nggak sabar nunggu Part 2 nya ya karena ini film seru dan bikin mikir gue sebagai penonton.


SYNOPSIS BY ME

POV dimulai dijaman Goryeo, yang didatengi oleh Guard dan Thunder dari timeline berbeda. Guard dan Thunder bertugas untuk menangkap tahanan dari planet nya yang kabur dari tubuh manusia. Mereka memastikan tahanan tersebut kembali ke tubuh manusia alias inangnya untuk dibunuh. Kali ini inangnya adalah seorang ibu yang baru memiliki bayi, si ibu berpesan pada Thunder untuk menjaga anaknya. Guard tapi bilang mereka nggak boleh mencampuri urusan manusia. So yeah mereka kembali ke timeline mereka dengan Crystal Knife sebagai sumber kekuatan. Tapi mereka nggak balik berdua, melainkan bersama bayi yang later on dikasih nama Lee Ahn. Mereka hidup bertiga sambil nunggu pengumuman kapal pengangkut para tahanan di planet Guard dan Thunder datang lagi. Mereka memastikan bahwa pengiriman para tahanan ini tidak bermasalah.


MOVIE REVIEW

Please note, kalian harus fokus nonton film ini karena kalau nggak kemungkinan bakal bingung, kaya gue. Btw ada beberapa penjelasan yang kayanya harus dijelasin, tapi nggak bakal jelas kalau ditaruh di sinopsis. Buat gue, one of the reason kenapa ini film harus coba ditonton karena deretan castnya nggak kaleng-kaleng: Ryu Jun Yeol, Kim Tae Ri, Kim Woo Bin, So Ji Sub, Yum Jung Ah, dll. That’s why jadi daya tarik sendiri buat film ini.

So it start when Guard dan Thunder, representative dari planetnya menjelaskan tugas mereka di bumi. Jadi di planetnya Guard dan Thunder banyak para penjahat yang ditangkap dan harus dihukum di penjara. Nah penjara buatan mereka itu adalah tubuh manusia, yang tidak disadari oleh manusia maupun penjahat itu sendiri, Jadi mereka bakal terkurung seumur hidup sampai si inang, aka manusianya meninggal.

Nah dalam beberapa case, ada aja nih para tahanan yang sadar dan berusaha keluar dari penjara aka inang manusianya. Guard dan Thunder pun memastikan bahwa para tahanan ini stay di inangnya, cuma kalau bermasalah banget akhirnya dibunuh karena kan menganggu ketentraman manusia ya. That’s why case ibunya Lee Ahn juga berakhir dibunuh sama Guard dan Thunder.

Habis ngurusin ibunya Lee Ahn, mereka balik lah ke timeline mereka di tahun 2012. Terus dapat notifikasi dari Planetnya, 10 tahun lagi nanti dikirimin lagi tahanan barunya. Lo siap-siap tungguin aja di bumi. Kayanya sih nungguin kuota pesawatnya penuh, lol. So Guard dan Thunder chill aja sambil menunggu misi berikutnya, mereka merawat Lee Ahn juga. Guard pun mengaku jadi ayahnya Lee Ahn. Please disini bapak Woobin bapakable banget kalau kata gue.

Lee Ahn? Dia tidak sepolos itu sebenernya. Dia tahu kalau Guard itu bukan bapak kandungnya. Well, karena Thunder juga nggak jago jaga rahasia jadi gitu deh. Mereka merawat Lee Ahn sampai kapal berikutnya datang. 10 tahun kemudian, 2022. Kapal pengangkut para tahanan dari planet Guard dan Thunder datang.

Here’s the real problem. Setelah kapal pengangkut para tahanan ini berhasil men-transfer para tahanannya ke dalam manusia, Guard dan Thunder dapat urgent notification gitu keesokan harinya. Mereka dapat laporan bahwa diantara para tahanan itu ada salah satu pemimpin yang punya misi ternyata ingin mengubah bumi menjadi planet mereka. Later on ketahuan lah bahwa pemimpinnya, si The Controller ada di tubuh Moon Duseok, seorang detektif.

Please note para tahanan alien ini nggak bisa bertahan lama di bumi ya (nggak sampai 5 menit), makanya mereka butuh inang manusia juga untuk bertahan hidup. Kata gue mereka songong nih udah numpang eh malah berniat menetap di bumi, mau diganti atmosfer pula. Guard dan Thunder of course berusaha mencegah si The Controller ini melaksanakan misinya.

You need to watch the details on the movie biar paham maksud gue sih.

Karena kalau gue ceritain lebih detail malah jadi nggak seru kan. The whole story nyambung walaupun timeline nya maju mundur, science-fiction nya dapet cuma mungkin terlalu singkat untuk jadi satu film, makanya jadi ada 2 part. Dan akhir cerita film ini masih gantung karena masalah tadi yang gue bahas belum kelar.

Ya gimana langsung kelar kalau ceritanya mereka pindah timeline. Yep setelah kejadian atmosfer di 2022 itu, mereka malah balik ke jaman Goryeo pakai kekuatan Crystal Knife. Gue baru sadar ini jatuhnya kaya film Avengers: Endgame, lol. Nah yang ikut pindah timeline itu ramean tapi jadi dibagi 2 kubu: tim Guard, Thunder, dan Lee Ahn vs The Controller dan anak buahnya. Sebenernya pas scene ini udah kaya putus asa gitu, mikir peluang menang buat tim Guard kecil, tapi Thunder memprediksikan kebalikannya. Dan bener dong, Scene mereka balik ke Goryeo baru permulaannya aja.

Kira-kira prediksi Thunder jadi kenyataan nggak ya?

Itu dia, belum ada jawabannya karena digantungin kita. Mana plot twist banget endingnya. Endingnya sih harus kalian tonton itu kenapa bisa-bisanya ditaruh diujung film.

Jadi kamu tim udah nonton apa mending nungguin Part 2 nya aja? Katanya sih Part 2 nya rilis tahun ini. Semoga ya!

DETAILS

Title: Alienoid
Country: South korea
Available on: Prime Video
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

A Journal and Tea