My Fangirling Journey


Ceritanya hari ini gue lagi buka akun twitter lama gue yang username nya masih pakai fan account. Iseng ngebuka nya karena udah nggak pernah dibuka, terakhir nge-tweet pun tahun lalu, so yeah sekedar kepo aja, awalnya. Sampai gue sadar bahwa ternyata fan account nya masih punya likes yang belum gue unlike. Isinya bikin mellow soalnya ada tweet-tweet lama dari jaman ngestan EXO. Hehe.

Lalu terinspirasi untuk bercerita my fangirling journey yang tidak pernah dibahas sebelumnya, dan mungkin karena nggak pernah ditanyain juga jadi nggak pernah bilang. Wow gue udah lama juga kecemplung dalam dunia fana ini. How to start it ya?

Back to 2009, awal mula gue mengikuti itu sebenernya dari k-drama. Tebak 2009 lagi booming drama apa? Jaman gue waktu itu bersama temen satu ekskul seneng banget sama drama Boys Before Flowers. Yang gue inget sama drama ini adalah perjuangan nontonnya karena jadwal tayang di Indosiar itu cuma di senin-selasa jam 9 malam. Anak SMP waktu itu masih nggak tahu istilah begadang, lol. Bokap nyokap gue juga heran ini anak kok belum tidur, nonton apaan. Tapi untungnya mereka nggak sekepo itu. Nggak cuma rela nonton jam segitu, gue dan temen-temen gue seneng beli tabloid yang ngasih bonus poster para pemerannya: means F4. Dulu gue sukanya sama Kim Bum dong.

Udah deh rame-rame nonton BBF, sibuk menjadi anak SMP pada umumnya karena nggak dilanjut nge-hype drama lain. Tapi gue mulai dengerin lagu-lagu soundtrack nya BBF kaya Shinee, Wonder Girls, SS501 gitu. Gue juga minta transferin lagu pakai bluetooth dan ketemu lagu-lagu Super Junior, pokoknya lagu-lagu korea di hp temen, gue minta. Halo Nokia 5130 kamu adalah saksi bisu perjalanan awal kpop ku. Hp nya rusak nggak bisa buat internetan.

Lanjut pas SMA, kebetulan temen sekelas gue ada yang suka nyalain projector di kelas dan nonton music video nya idol group jaman itu like Super Junior, SNSD, Sistar, Miss A, Shinee juga. Lah kita yang awalnya nggak ngerti kan jadi kepo, gue doang sih jadinya. Inget banget gue dulu juga ikutan nonton variety show. Pertama kali acara tv yang gue tonton itu King of Idols, imagine interaksi 2nd generation idol jaman itu seru banget. Pokoknya lumayan lama mengikuti, dan dengan memantapkan hati, pertama gue ikutan beli album Super Junior. Lah iya dulu gue pernah jadi ELF. Nggak nyangka Super Junior masih aktif sampai sekarang.

Nangis nemu thread akun bahas King of Idols, berasa tua banget soalnya ini tv show udah lama ya 2011. Argh! Btw di youtube masih ada tapi jangan ditanya kualitas gambarnya menyesuaikan jaman itu ya. Hehe

Sayangnya nggak lama gue ngestan Super Junior karena ditinggal wamil, hiks. Tapi SM tahu bagaimana silaturahmi kpopers tetap terjaga, yaitu dengan men-debutkan boygroup baru, tentu saja. Tadinya gue nggak begitu ngestan EXO di awal mereka debut. Pas nonton SMTown in Jakarta juga mereka masih rookies kan, udah sempat ketemu ternyata kita, mereka masih ber-12. Yep masih 2012 gue kayanya masih lebih ngestan Super Junior, Kyuhyun belum wamil soalnya.

Tapi beda cerita pas gue mulai kuliah di pertengahan tahun 2013, itu gue udah ngestan EXO. Ketemu temen pertama aja lewat jalur kpop hahaha, halo Feb! Iya jadi waktu ospek kan harus cari temen ya, dan waktu itu seumuran kita lagi aktif cari temen lewat twitter, dan ketemu akun temen gue ini karena lihat biodatanya. Auto ajak kenalan dong.

Baru deh pas mulai ospek sejurusan, ketemu lagi temen-temen yang suka kpop juga tapi beda agency stan nya. A whole new world lagi karena kpop se-variatif itu, gue mainnya emang kurang jauh kayanya. Waktu kuliah ternyata sebucin itu sama kpop. Selain EXO, gue juga mulai ngestan Infinite dan BTS. Sekitar 2014-an lah cobaan hidup banget karena berita EXO waktu itu, mana ultimate bias gue Baekhyun juga kena kan. Tapi yaudahlah badai sudah berlalu, gue mencoba tetap ngestan ketiganya. Kebetulan wishlist nonton EXO sudah tercapai juga, mungkin itu yang buat gue lama-lama mundur teratur dari fandomnya.

Lalu di 2015, gue berhasil nonton konsernya Infinite. Ini kayanya konser terakhir mereka di Indonesia karena seinget gue their oldest member udah cukup umur buat wamil, jadi gue memastikan untuk bisa nonton konser mereka yang ini. Alhamdulilah kesampean. Tapi ya itu tadi karena udah nonton konser, effort gue buat ngikutin kegiatan mereka menurun. Waktu itu gue sempat mengikuti iKon untuk sementara waktu tapi nggak bertahan lama.

Jadi dilanjutlah gue kayanya ngestan BTS aja deh, sambil sesekali update berita kpop yang gue tahu aja waktu itu. Nggak terlalu intens seperti tahun-tahun sebelumnya karena dibarengi dengan kesibukkan gue yang nonton on-going drama-magang-dan tugas akhir juga jadi disempetin banget fangirling pada waktu itu. Tapi dulu channel youtube BTS tuh rame banget, apalagi Bangtan Bomb mereka tuh gemes-gemes banget kelakuannya, out of the record gitu.

Di 2016an, gue mulai mengikuti reality show Mnet yang rame banget jaman itu namanya “Produce 101”. Waktu mereka berhasil debutin IOI, gue impress banget sama pemilihan member nya, beneran the real ideal girlgroup pada jamannya. Gue lupa IOI masih aktif juga apa nggak, tapi karena kesuksesan mereka juga, Mnet lanjut deh bikin versi cowoknya: Produce 101 season 2 dan berhasil mendebutkan Wanna One. Ultimate bias dulu adalah Kang Daniel, jadi bisa dibayangkan gimana bucinnya gue terhadap doi karena asupan konten dia banyak banget. Nah dari Wanna One juga, gue mulai suka lirik-lirik ke Seventeen (yang belum serius join fandom nya waktu itu). Jadi member Wanna One sama Seventeen beberapa kali satu frame di Master Key, Seungkwan-Mingyu emang jago banget mencuri hati gue saat itu. Makanya gue sempat nontonin beberapa acara Seventeen kaya Seventeen Project dan One Fine Day.

Oh iya inget banget dulu mau nonton fanmeeting Wanna One tapi nggak jadi karena ada acara lain, akhirnya gue dan temen gue memutuskan untuk menjualnya. Lumayan Wanna One dulu gue jual tiket nya mahal aja masih laku. Sold out juga sih waktu itu.

Setelah hype Wanna One meredup (mau bubar juga waktu itu, hiks), gue kembali ke BTS. Nggak terlalu ngikutin kontennya terus-terusan sih, tapi kalau ada acara penting pasti nggak lupa untuk streaming dan kasih dukungan. Gue agak kaget waktu BTS tiba-tiba booming banget dan ikut berbagai awards di US, beneran nggak nyangka mereka akan on the next level yang bikin mereka naik tangga setinggi itu. Agak was-was tiket konsernya jadi mahal, lol.

Btw, gue lebih sibuk nonton acara tv sana juga, dan sempat banget gue ngikutin Produce X 101 yang endingnya bikin gigit jari. Walaupun nggak sampai join fandom X1, tapi kesel aja karena plan-nya 5 tahun kok ya jadi cuma 5 bulan. Sebagai stan Kim Wooseok agak kecewa, but yaudah mau begimana sekarang udah 2023 juga.

BTS udah famous banget secara internasional, ini saatnya Bighit menjalankan misi berikutnya. Tahun 2019, Bighit mendebutkan Tomorrow X Together, awalnya gue antusias karena mereka bakal jadi dongsaeng satu agency nya BTS. Tapi ternyata I’m not into them, nggak tahu dari dulu nggak begitu ngestan boygroup 5 orang. Tapi sekarang sekarang ini gue lebih suka dengerin album mereka aja sih.

Pandemi is coming, gue bertahan dengan tetap bergabung menjadi ARMY karena konten mereka nggak habis-habis despite sibuknya rilis lagu di US mulu. Well, nggak cuma ngikutin BTS sih, gue lebih disibukkan ngikutin drama on-going yang kalau sehari bisa 2-3 drama gue tonton, lol. Sesekali cari konten youtube atau variety show seasonal buat selingan hiburan.

Terakhir banget nih, selama pandemi gue lumayan banyak cari hiburan lain selain ngikutin BTS dan nonton drama. Gue mulai nonton-nonton series di netflix yang seru kaya Money Heist, drama Cina juga gue ikutin, sampai series Thailand juga gue ikutin: baru mulai nonton Hormones di 2020 dan ketagihan, berakhir suka banget sama The Gifted dan Bad Genius the Series. Di 2021 gue mulai ngestan Enhypen, karena I-Land ada episode yang ada BTS nya. 2022 mulai serius nontonin konten Seventeen dan punya wishlist mau lihat mereka perform “Aju Nice”, alhamdulilah kejadian di akhir tahun lalu.

In the end, gue kembali menjadi multifandom ya. I’m part of Army, Carat, dan Engene. Bentar lagi kepikiran mau join Moa tapi masih tentatif. Nggak berasa ya ngestan kpop udah lebih dari 10 tahun, lol.

Kalau kalian, udah terjebak di kpop berapa lama? Sekarang ngestan siapa?

6 comments

  1. Sepertinya kita seangkatan karena awal mula kena kpop syndrom dari BBF dan SuJu 🤣. Inget banget dulu aku tertarik sama SuJu karena MV Happiness padahal dulu kualitas videonya masih kurang bagus tapi ga mempengaruhi ketampanan mereka wk. Sampai beli cd variety show bajakan di Glodok karena ada SuJunya 😂. Dulu kan asupan show di internet masih susah ya 😂. Kalau sekarang masih sesekali nonton MV SuJu kalau ada rilis lagu baru, tapi lebih ngikutin banget BTS wk. Hai sesama ARMY! 🙈
    Sempet suka juga sama Wanna One tapi baru suka sebentar, mereka bibar 🥲

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan kita seumuran li? Hahaha. Plis samaan banget jajan cd bajakan juga buat nonton drama sama Running Man. Sekarang hampir nggak pernah ngikutin Suju sama sekali, paling nonton Heechul di Knowing Bros. Wanna One ini emang pernah heboh pada masanya. Hai salam army juga💜

      Delete
    2. Jangan-jangan!! Soalnya gen idolnya dan journey kpop kita kok seperti sealiran 🤣. Momen beli CD bajakan demi mengkonsumsi konten-konten kpop tuh memorable sekali ya 🤣. Aku kenal Running Man baru saat kuliah 😂 saat-saat CD bajakan udah berlalu, dan streaming bajakan mulai naik daun *tetep bajakan juga* 😂. Untung sekarang udah banyak akses legal dengan kualitas yang jauh lebih bagus, jadi lihat muka oppa udah nggak burik lagi 🤣
      Salam ARMY!! Kak Nita biasnya siapaaa? 💜

      Delete
    3. Iya untung sekarang udah ada platform legal jadi nggak ngandelin bajakan lagi. Biasku Taehyung tapi berubah mulu tiap hari. Kamu siapa Li? Ada rencana nonton Agust D nggak nanti?

      Delete
    4. HUAAA BIASKU JUGA TAEHYUNG!! YAAMPUN SENANG SEKALI ADA YANG SE-BIAS(?) 🤣. Tenang aja! Aku juga sering goyah, kadang kalau lihat JK suka goyah, lihat Suga rambut panjang juga goyah, lihat Jin di MV Butter juga goyah, semuanya bikin goyah 🤣
      Aku skip nih, Nit :( kamu ada rencana nonton Agust D kah?

      Delete
    5. Demi apa kamu ngebiasin Taehyung juga? Emang dia favorit semua orang kayanya. Aku juga dilema karena sebenernya suka ketujuh-tujuhnya, jadi tiap hari bisa ganti bias, lol. Aku rencana pengen tapi tergantung nyangkut nggak nih pas ticket war, hiks

      Delete

A Journal and Tea