SUGA | AGUST D Tour in Jakarta

Akhirnya published juga ini tulisan. Nidul is back with another fangirling episode lagi ngonser. Dan kali ini you know lah bakal bahas konser nya siapa. The most anticipated concert in 2023 jatuh kepada Min Yoongi yang kemarin sukses bikin aku terlena sama ketampanan dan senyuman nya yang menggetarkan hati para ARMY ketika menonton performance nya. Hua nggak tahu akan berapa lama Post Concert Depression nya.

TMI, ini kali pertama gue nonton konser di ICE karena konser-konser sebelumnya itu gue selalu nonton di Senayan. Makanya lebih hafal rute Senayan daripada rute ICE. Dan pertama kalinya juga gue pulang pergi naik bis trip. Ternyata it was super fun dan sangat direkomendasikan. Apalagi kalau kamu dateng sendirian. I’ll tell the details later.

Aku pernah cerita kan pengalaman nge-war ticketing Suga kemarin rasanya kek berdarah-darah (tapi nggak berdarah) karena susah banget tembus nya. Akhirnya karena tembus 1 hari yaudah aku nggak berharap lebih deh, yang penting absen nonton kan.

Cerita nge-war di: Pengalaman Ticket War Konser Suga | Agust D Tour in Jakarta

Menjelang hari konser tuh mulai deg-degan, apalagi pas lagi waktu penukaran e-ticket ke wristband. Argh! Tolong detak jantung dikondisikan. Iya ketemu Yoongi bentar lagi ya, sabar. Pas penukaran e-ticket ini lancar dan rapi. Sebelum masuk (pagar) area ICE kamu diminta sama petugas buat nunjukkin e-ticket, memastikan bahwa yang masuk yang berurusan aja. Herannya di dalam aku ketemu calo (sebelum masuk area indoor nya).

Lanjut di pintu kedua, kalian ditanyain lagi mau tuker hari keberapa. Staff yang berjaga dengan sigap langsung mengarahkan kemana kita harus pergi, dan untungnya nggak antri sama sekali! Di depan aku ada 3-4 orang dan paling aku nunggu 20 menitan sampe ke giliran aku. Langsung konfirmasi e-ticket dan KTP nya yang harus sama. Kecuali diwakilkan ya, wajib pakai surat kuasa. Staff nya ambil wristband dan jelasin queue number nya udah sama dengan e-ticket nya.

Yay! Wristaband sudah ready!

Lalu menantikan hari Minggu tuh kek be lyke……. Nggak sabar!

D-DAY

Aku absen konser di hari ketiga dan sudah janjian dengan bis trip nya sejak jam 9, nggak lama sampai ICE tuh baru jam 10. Entrance gate baru dibuka jam 11. Kepagian nggak sih? Nggak guys, you must believe me! Kpopers tuh sangat produktif di jam-jam menunggu itu. Aku sama temen baru aku, yang ketemu di bis akhirnya pergi ke basement. Highly recommend this place daripada nunggu diatas karena panas (dan rame). Di basement bisa ngemper buat mulai make up atau janjian ama jasa MUA, ada juga yang nawarin ricebowl sampe freebies. Whatever you looking kek nya ada deh, termasuk calo! Hati-hati kena scam ya.

Di basement aku juga janjian sama buyer yang beli tiket aku, mau ambil wristband nya. Untungnya dia nggak lama sih jadi aku bisa langsung masuk ke holding area. Yang ternyata lebih adem dan lebih nyaman buat jadi ruang tunggu. Mungkin karena indoor juga ya jadi nggak khawatir itu panas atau hujan. Di holding area juga nggak perlu khawatir karena banyak stand F&B, toilet, mushola, sampe booth official merchandise juga ada. Ok jadi ini perbedaan indoor vs outdoor venue ya.

Nah nunggu di dalem tuh juga nggak lama, soalnya kita akan terus-terusan disuguhin lagu nya Suga plus bisa jadi ajang kenalan temen baru. Btw pas antri sesuai section, kita dianterin sama staff nya, jadi mereka bantu ngecekin sesuai nggak sama queue number (QN), meminimalisir ada yang nggak berurutan juga kali ya. Aku juga ketemu lagi sama buyer aku karena QN kita sebelahan. Doi baik banget nggak abis-abis bilang makasih. Makasih juga Anik udah beli tiket di aku.

Sekitar jam setengah 5an? Section VIP mulai pada berdiri buat antri masuk. Mereka emang masuk duluan karena dapet benefit soundcheck. Agak gigit jari tapi nggak apa-apa, dengerin dari holding area juga nggak kalah heboh. Argh!

Btw I’m so lucky I get queue under 100. Prioritas utama banget pas tahu punya QN sekecil ini adalah dapet posisi wajib di belakang pembatas section nya. Hua beneran dong kejadian. Yay!

Sambil nunggu semua section masuk, gue merhatiin konsep panggung yang menurut gue super duper cool sih. Apalagi pas intro sebelum konser kita diingetin trigger warning, karena ada suara gemuruh dan petir yang mayan bikin kaget apalagi kalau kamu takut suara kaya gitu. Vibes nya tuh apa ya, sedih mellow tapi excited mau lihat performance Yoongi.

Lalu terdengar suara lagu Indonesia Raya.

Dan konser pun dimulai guys. Argh…………..

Intro nya keren banget. Dimulai dari VCR yang menurut gue itu sangatlah mendeskripsikan konsep-konsep lagu Yoongi selama ini. Gue amaze karena dilayar aja udah ganteng banget. Terus doi muncul digotong sama backdancer nya (ini gimana sih deskripsiin nya). Backsound udah menegangkan banget deh (suara hujannya itu lho) sampe akhirnya familiar sound is coming.

IT’S HAEGEUM.

Auto loncat-loncat sambil angkat army bomb tinggi-tinggi dong. Suara nya keren banget! Dan you know lah orang Indonesia itu kalau ngonser goals nya ngapain….. Ya nyanyi bareng live ama penyanyinya.

Same here, same. Doi ngerap kita juga ikutan ngerap.

Terus dilanjut Daechwita, kalo ini bikin merinding banget. Nulis ini aja merinding (karena sambil nonton fancam gue yang nggak stabil itu, lol). Tapi sumpah sih naruh 2 lagu tadi di awal setlist konser itu cemerlang banget, auto membangkitkan semangat karaokean bareng artisnya. Ini baru Yoongi aja lho, gimana bertujuh. Can you imagine that? Argh.

Padahal ya gue baca di twitter bahwa 2 hari sebelumnya Yoongi tuh emang nggak terlalu fit, doi emang suka batuk-batuk selama ment dan selalu pegang minum. Tapi nggak keliatan alias dia masih nyanyi lho sepanjang konser. Ada beberapa waktu doi mengarahkan mic nya ke penonton buat nyanyi. Dan bener aja sih para penonton sing along with him.

Yang lucu tuh pas doi nyanyi SDL, yang pas bagian “Somebody does love, I’m thinking about you” penonton kompak teriak Min Yoongi. Terus he showed his gummy smile.

Astaga………

Nah tapi gitu deh, agak bete pas mulai berasa nih lagu-lagu terakhir di setlist mulai bermunculan dan waktu nunjukkin hampir jam 9 malam. Nggak rela kelar. Well, life must go on ya. Diakhiri dengan ment terakhir dan pamitan sambil ngenalin para personil yang bantu dia perform. HUA. Apalagi pas tahu The Last dinyanyiin. Yah beneran ini mah kelar.

Dan itulah sepenggal cerita konser kemarin yang kalau gue inget lagi bikin auto kangen. Pokoknya harus siap-siap nih nanti ya 2025, army-deul!

4 comments

  1. satu hal yang aku salut dengan orang-orang yang nonton konser adalah kuat banget buat nunggu lama! kadang ada yang udah nunggu berjam-jam sebelum entrance gate dibuka, wah, itu salut banget sih!

    baca pengalaman konsermu ini berasa bangett serunya, Nit! kamu beruntung banget bisa berdiri depan pagar! sedekat itu posisinya dong sama Yoongi 😭👏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain nggak sabar nunggu, kegiatan yang dilakuin selama nunggu itu bisa bermacam macam Li. Ngobrol ngomongin bias, bagi-bagi freebies, jualan, pakai jasa mua atau hair do, sampe karaokean ato ngedance bareng, jadi nggak bakal gabut, hahaha

      Iya kemarin tuh rasanya lucky banget finally bisa lihat Yoongi dengan mata telanjang. Next time mungkin bisa gantian Lia yang share experience nya, amin.

      Delete
  2. You are really lucky dear,
    can get closer to ur idol.

    Dapat tiketnya aja udah perjuangan luar biasa, rasanya tak terbayarkan.
    Pengalaman yang begitu berharga.

    Quick question : Nama SUGA itu sebenarnya siapa? Apakah kebalikan dari AGUST ->> SUGA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, kalau inget ticket war nya jadi pengen nangis sendiri. Soalnya nggak ngandelin jastip sama sekali.

      AGUST D tuh Daegu Town SUGA nya dibalik. Kota Daegu tuh kota kelahiran Yoongi

      Delete

A Journal and Tea