Review Drama Korea: A Time Called You (2023)

Gue kira drama ini akan memiliki vibes seperti 20th Century Girl yang punya ending asdfghjkl. Tapi ternyata nggak juga (?), I mean lebih ke open ending aja kali ya? Terus karena alurnya pakai time travel alias maju mundur, jadi segala kemungkinan bisa terjadi, tergantung kalian mempersepsikan endingnya aja. Anyway perasaan ku setelah nonton ini tuh lebih ke lukewarm sama mikirin Kwon Min Ju nasib kedepannya bakal gimana.


SYNOPSIS BY ME

Han Jun Hee di tahun 2023 masih belum bisa menerima kematian kekasihnya, Koo Yeon Jun yang meninggal karena kecelakaan pesawat setahun lalu. Suatu hari, ia melakukan time-travel dan kembali ke tahun 1998, mendapati dirinya berada di dalam tubuh seorang siswi bernama Kwon Min Ju. Han Jun Hee di dalam Kwon Min Ju kemudian bertemu dengan Nam Si Heon, siswa teman sekelas Kwon Min Ju yang parasnya persis sama dengan Koo Yeon Jun. Selain itu, Jung In Gyu sebagai sahabat Nam Si Heon sebenernya juga menaruh hati pada Kwon Min Ju.


DRAMA REVIEW

Bingung sama sinopsisnya? Sama! Gue juga bingung ngejelasinnya gimana. Harap dimaklumi karena ini drama pake time-travel dan 2 karakter utama nya memerankan 2 karakter berbeda. Jadi kalian harus fokus pas baca ini, atau kalau mau nonton langsung, bisa kok. Cuma 12 episode dan ada di platform kesayangan aku, Netflix. HAHA

Sebenernya kalau dijelasin secara singkat tuh mudah dipahami deh kayanya. Jadi Han Jun Hee di tahun 2023 melakukan time-travel ke masa lalu, tahun 1998. Ia time-travel dan masuk ke tubuh lain tapi wajahnya sama, seorang siswi bernama Kwon Min Ju. Di tahun 1998, ia ketemu dengan Nam Si Heon, teman sekelas Kwon Min Ju yang mukanya sama persis dengan Koo Yeon Jun. Nah sebenernya time travel yang dilakuin sama Han Jun Hee ini ada alasannya, yang paling krusial adalah karena Kwon Min Ju di tahun 1998 itu bakal mati dibunuh, dibunuhnya oleh Jung In Gyu, teman sekelas Min Ju sekaligus sahabat sejak kecil nya Nam Si Heon.

Jadi ini drama lebih ke mystery masuknya? Anyway itu sekilas perkenalan masalah awalnya aja, karena kalau ditelusuri lebih lama lagi nontonnya, baru ketahuan lah alasan Han Jun Hee bisa time travel, termasuk kenyataan bahwa Koo Yeon Jun meninggal karena kecelakaan pesawat juga ada alasannya. Lumayan bikin muter dan mikir kalau kalian nggak fokus nontonnya. Tapi gue paham sih kalau ternyata Nam Si Heon dan Koo Yeon Jun itu adalah orang yang sama (inget ini drama time travel ya).

Masalahnya nggak cuma di time travel aja yang bikin pusing, tapi para karakter ini kok bisa paham banget lawan mainnya. I mean kok bisa Nam Si Heon bedain yang mana Han Jun Hee dan Kwon Min Ju, atau Jung In Gyu yang bisa bedain mana Kwon Min Ju beneran atau bohongan. Apa karena keduanya selalu jadi top ranking di kelasnya?

Kedekatan mereka di tahun 1998 bisa dibilang rumit, karena bukan hanya sekedar cinta segitiga? Ini tuh kaya latihan common sense membedakan karakter orang yang dicintai iya atau tidak orangnya. Bener-bener masalah feeling.

Tapi jauh lebih dalam lagi, you must know bahwa drama ini punya sentuhan mystery yaitu tentang kematian misterius Kwon Min Ju yang katanya dibunuh oleh Jung In Gyu, terkuak bahwa ada orang lain (selain Han Jun Hee dan Nam Si Heon) yang melakukan time travel. Is he the real villain? Kamu bisa menilai sendiri pas menonton.

Yang menurut gue paling menyedihkan itu ada 2 bagian. Yang pertama adalah pertemuan Han Jun Hee dan long-time no see person, Nam Si Heon berwajah Koo Yeon Jun (nah bingung nggak?) di tahun 2023. Satu lagi waktu hidden truth kematian Kwon Min Ju. Gue ketika ngedengerin alasan Min Ju yang memilih untuk mati aja tuh jadi mikir. Oh begitukah orang yang sedang menghadapi perasaan loneliness? Sedih banget kalau inget scene ini, agak trigger warning juga buat kalian yang juga mengalami perasaan demikian sih.

Endingnya? Open ending sih seperti yang gue katakan sebelumnya. Karena Han Jun Hee dan Nam Si Heon kembali ke timeline masing-masing, dengan menghancurkan alat time travel nya di masa lalu. Both of them berusaha letting go perasaan yang ada dan mempercayakan bahwa takdir akan kembali menuntun mereka untuk bertemu. Then as you can see endingnya.

Rekomen untuk tontonan ringan di akhir pekan sih. Nano nano nonton ini soalnya.

DETAILS

Title: A Time Called You
Episodes: 12 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

3 comments

  1. Aku udah pengen banget nonton drama ini karena ada Ahn Hyo Seop cuma banyak yang bilang drama ini cukup memusingkan. Apalagi si Ahn Hyo Seop sendiri bilang nonton ini tuh harus langsung tamat supaya gak kelewat ceritanya. Duh makin takut buat nonton wkwkwk tapi justru pas baca review ini aku dikit-dikit paham maksud cerita ini. Kayaknya pas weekend boleh nih begadang namatin drama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, better nonton sekaligus sih setelah di ingat kemarin aku juga gitu, paling kepotong waktu tidur aja. Nggak berasa kok 12 episode juga soalnya bikin penasaran setiap episode barunya

      Delete
  2. Aku habis binge watching nonton ini dan jujur di beberapa bagian time travelnya agak bingung, terutama bagian Nam Shi Heon vs Nam Shi Heon dalam tubuh Yeon Jun ketemuan di bandara 😂. Endingnya open ending banget sih! Tapi aku anggap happy ending deh soalnya takdir membawa mereka ketemu lagi 😆. Beberapa part ada yang bikin nyesek banget 😭

    ReplyDelete

A Journal and Tea