Review Drama Korea: Reply 1997 (2012)


I know it’s so random tiba-tiba mau ngomongin karakter karakter di squad drama ini sekaligus review nya juga kalau niat karena ya drama ini tuh sefavorit itu, it’s my first time suka drama tapi sampe ngepoin siapa sutradaranya kek……… Iya sutradara sama penulis skenario nya sekeren itu, and if you know what I am talk about here. You are right. It’s reply series. Btw gue pernah ngomongin ini drama juga kan. 



SYNOPSIS BY ME

Berlatar belakang di tahun 90an, tepatnya di tahun 1997, kita akan diceritakan sebuah kisah gadis anak SMA bernama Sung Si Won yang mengidolakan H.O.T, boyband terkenal generasi pertama. Selain itu juga ada kisah Sung Si Won bersama kelima sahabatnya di sekolah yang ada aja gitu kejadiannya. Btw vibes 90an nya itu yang favorit untuk ditonton!


THE CHARACTERS

JUNG EUN JI AS SUNG SI WON. Siwon sebenernya bukan anak tunggal, dia punya kakak seumuran kakaknya Yoonjae juga tapi meninggal karena kecelakaan. Tapi meskipun tetiba jadi anak satu-satunya di rumah, nggak ngerubah Siwon buat jadi anak yang lebih baik dalam belajar. Karena ya ngapain kan, hidupnya udah sibuk buat ngikutin idol favorit dia, HOT. Siwon ini bucin banget sama Tony, life goal nya aja menjadi istri Tony. Well, can’t deny this fact. Seluruh drama emang berpusat pada cerita Siwon, selain main sama sahabatnya, kita harus lihat hubungan dia dengan orang tua nya yang nano nano banget karena walaupun sering berantem, mereka sebenernya lovely family pada umumnya kok.

SEO IN GUK AS YOON YOON JAE. Selain Siwon, kita bakal ngelihat POV Yoon Yoon Jae, sahabat cowoknya Siwon yang diem-diem naksir Siwon sejak pertama kali masuk SMA. Nah Yoonjae nih karakternya beda banget, bertolak belakang malah sama Siwon. Yoonjae definisi cowok cool dan pinter at the same time yang banyak ditaksir cewek-cewek disekolahnya. Temen sekelas Siwon aja pada iri soalnya Siwon bisa sahabatan sama Yoonjae. Masalahnya, Siwon nggak lihat Yoonjae sebagai cowok, sama sekali.

LEE HO WON (HOYA) as KANG JOON HEE. Dikelas, Yoonjae ini duduk sebelahan sama Kang Joonhee yang ternyata ranking 2 dikelas. Ya mau nggak mau mereka duduk sebelahan, karena mereka si ranking 1 dan 2 kan. Joonhee anaknya pendiem but lovable banget favorit para wanita kaya Siwon dan ibunya. Yoonjae sampe heran dan curiga sama kedekatan Joonhee dan Siwon. Padahal mah ya….. Joonhee itu ada rahasia yang amat sangat tidak bisa dibocorkan pada siapapun, ya padahal kita sebagai penonton juga tahu rahasianya apa. Btw Joonhee ini diperanin Hoya, dan karena Hoya gue jadi ngestan Infinite sampe sekarang.

SHIN SO YUL AS MOO YOO JUNG. Yoojung ini satu-satunya sahabat cewek Siwon di circle ini, doi terkenal imut dan juga suka gonta ganti bias. Padahal Siwon sama Yoojung ini best friend banget waktu ngestan HOT. Tapi sempet nih mereka berantem gegara Yoojung tiba tiba jadi fans Sechs Kies, grup rival nya HOT waktu itu walaupun berakhir dengan bahagia mereka jadi akur meskipun ngestan grup yang berbeda.

EUN JI WON AS DO HAK CHAN. Do Hak Chan ini murid pindahan dari Seoul sebenernya, tapi karena diajak main sama Bang Sungjae akhirnya Hak Chan masuk circle nya Siwon. Iya, soalnya Do Hak Chan ini expert dalam mengumpulkan koleksi majalah-majalah jepang, berkat akses bapaknya yang jadi Jendral? YA makanya ditemenin sama anak-anak cowok. Nah tapi sebenernya Hakchan ini paling nggak bisa kalo disuruh ngobrol sama anak cewek. Lol

LEE SI ON AS BANG SUNG JAE. Karakternya kurang diperhatikan tapi dia tuh kaya paling essential dalam setiap circle. Yep, the talkative one. Sungjae ini nggak abis abis kalo ngomong, paling rewel, tapi setidaknya dia yang paling nggak bikin sepi grup. Ada aja lah kerjaan nya, selain main tamagochi tentu saja.

DRAMA REVIEW

Standing applause untuk bapak Shin Won Ho dan ibu Lee Woo Jung yang sudah membuat drama ini karena sumpah favorit banget, mana cerita seorang fangirl, generasi pertama pula. Which is relate banget on daily life karena kan kita juga fangirl ya. So kaya explain kenapa budaya ngestan idol yang sebegitunya, apalagi selain kita lihat fans nya HOT, ada sedikit bagian kita ketemu fans nya DBSK/TVXQ dong you must watch episode terakhir.

Awalnya gue agak bingung karena 2-4 episode pertama durasinya lumayan singkat, sekitar 30 menit per episode nya. Tapi alhamdulilah episode berikutnya udah hampir satu jam sehingga nggak buru-buru deh ngabisinnya. Sung Si Won dan kelima sahabatnya ini tinggal di Busan, otomatis pake satoori dong jadi kek secara nggak langsung belajar soal bahasanya. Keliatan tone nya beda sama dialek Seoul. 

Mungkin diawal agak ngebosenin karena kan genre dramanya slice of life, apalagi typical sehari-harinya anak sekolah aja. Tapi menurut gue ada beberapa bagian seru yang menurut gue nggak boleh dilewatkan banget kaya misalkan pas Siwon tiba-tiba ngestalk di rumah Tony berhari-hari sampe lompat pagar, please don't try this pas di Korea karena kemungkinan kayanya akan berakhir di polisi. Anyway stalking itu tidak baik ya sobat fangirl. 

Ada juga beberapa scene pas Siwon ngefangirl kek pas lagi antri tiket atau album rilis, mereka lietrally antri karena kan belum ada internet secanggih sekarang ya. Pas antri nonton acara tv juga gitu, ada lah beberapa scene. Oh, jangan lupa yang akhirnya Siwon jadi member board fandom di Busan, lo harus lihat apa yang dia lakuin dan plis kalian jangan lakuin itu. Realizing pas nulis ini ternyata cara Siwon ber-fangirl agak ekstrim. Diambil yang baik nya aja btw.

Nah selain keseharian Siwon sebagai siswi yang sibuk ngefangirl, belajar belakangan, kita juga bakal lihat cerita dari sahabatnya, misal kek Yoonjae yang dikasih hadiah barang imitasi sama kakaknya, Joonhee sama kakak perempuan kembar nya, kisah cinta Yoojung dan Hakchan yang anak sekolah banget, plus cerita Sungjae dengan keaktifan berbicaranya dan tamagochinya.

Klimaks ketika kita harus bertanya tanya nih siapa sebenernya calon suami Siwon di masa depan, rasanya dag dig dug sampai episode terakhir, dan berasa dikerjain aja. Oh btw cerita Siwon berlanjut sampai lulus dan transisi sampai ke masa sekarang. Pengemasannya singkat, tapi epic banget pas di bisa itu menurut gue. 

Scene habis lulus SMA mengingatkan pada realita kalau habis lulus itu emang bikin cenderung ngelupain masa lalu dan akhirnya kita sibuk masing masing. Menurut gue, ketemu paket komplit sesekali udah alhamdulilah banget. Sama kaya Siwon, Yoonjae, Joonhee, Yoojung, Hakchan, dan Sungjae yang akhirnya reuni lagi setelah bertahun-tahun lulus sekolah. 

Pokoknya sih aku rekomen banget kalau kamu suka slice of life drama!

DETAILS

Title: Reply 1997
Episode: 16 Episodes
Country: South Korea
Available on: Viu Indonesia
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea