Review Drama Korea: Reply 1994 (2013)


Nah karena bulan kemarin gue memutuskan untuk kasih review drama Reply 1997, postingan kali ini gue juga mau membahas drama yang diproduksi sama Shin Won Ho dan Lee Woo Jung. Ini drama nggak kalah bagus nya, malah jadi list favorit juga soalnya sebagus itu. Walaupun agak sama dari sebagian cerita kalo dilihat, tapi vibes nya beda soalnya yang ini versi anak kuliahan dan tahun 1994. Jadi bisa kamu bayangkan kek apa ceritanya seperti apa.


SYNOPSIS BY ME

Bercerita tentang keluarga Sung Najung yang menjalani bisnis boarding house, sehingga beberapa mahasiswa mahasiswi tinggal di rumah mereka dan sering menghabiskan waktu bersama. Yep, ini adalah cerita keluarga Najung dan 6 mahasiswa yang tinggal satu atap dengan mereka.


THE CHARACTERS

GO AH RA AS SUNG NA JUNG. Najung nih karakter nya kek Siwon di Reply 1997 juga sebenernya, galak galak tapi baik apalagi kalau sama temen ya she is so helpful. Untungnya dia agak sedikit pintar ya, kalau nggak mana mungkin dia keterima jurusan teknik komputer Yonsei kan. Hem, tapi kalau masalah anger issue, tidak diragukan lagi, dijamin bikin ngakak. Najung ini juga fangirl, tapi bedanya dia ngefans tim basket Yonsei.

JUNG WOO AS SSEU RE GI. Sseuregi atau Trash alias Sampah ini kek Yoonjae, tsundere gitu karakternya. Kalau diluar rumah keren, ganteng, jago futsal, pinter, dikagumi banyak orang termasuk Binggeurae. Sayang aja kalau dirumah dia tuh teraniaya banget sama Najung alias sobat gelud guys, kalau mereka nggak berantem malah aneh. Apalagi kalau kalian tahu nih sebenernya Trash tuh bukan saudara kandung nya Najung.

YOO YEON SOK AS CHILBONG. Yoo Yeon Seok really portrait him really well, dari segi fisik sampe karakternya yang anak Seoul banget tapi ah kek clueless juga dia menghadapi cinta pertama. Tipe atlet yang hanya mendedikasikan hidupnya untuk olahraga kesukaannya. Dia bisa kuliah aja tuh kek wow gitu, aku adalah Najung ketika berusaha ngajarin Chilbong heuh kudu sabar, untung dia sabar dan setidaknya lebih peka dibanding karakter lainnya.

KIM SUNG KYUNG AS SAM CHEON PO. Heuh kalau inget episode pertama tentang Samchenpo tuh kek nggak tega gitu tapi dia ngeselin karena sekaku itu kek baju nya yang klimis banget. Herannya adalah dia bestie banget sama Haitai kemana mana berdua gitu. Ini dia juga lawak banget berani berantem sama Yoonjin yang hobi nya cursing.

SON HO JOON AS HAI TAI. Haitai nih bisa dibilang, apa ya. Menurut gue dia tuh nggak memorable perannya karena mostly ya kalau nggak ikut blind date ya antri ke rock cafe. Tapi peran doi crucial banget nih karena siap mendengarkan siapapun yang mau cerita. Ada momen momen Haitai sama Najung yang curhat dan saling stay chill gitu.

BARO AS BING GRAE. Binggrae ini definitely nickname yang paling gambarin karakter Baro disini, senyum mulu. Masalah nya yang anteng-anteng begini emang kudu diperhatiin sih emang. Kek tiba-tiba dia ngajuin cuti aja udah boom ni anak kenapa kan. Tapi menurut gue he is lucky enough karena in the end of the story kekepoannya menuntun dia kembali menjadi mahasiswa kedokteran. Heuh kalau nggak gue tempeleng juga kali saking gemesnya.

MIN DO HEE AS JO YOON JIN. Shout it loud buat Yoonjin karena bayangin jadi fangirl dijaman itu perjuangannya begimana. Ini anak segitunya deh ngejar Seo Tai Ji, dan karena dia dari daerah juga kali ya jadi antusias nya pas di Seoul dong tentu saja. Lo harus nonton bagian dia ngejar ngejar mobil Seo Tai Ji barengan sama Najung. Dia paling jago kalo cursing dan kita sangat menghargai kebiasaannya ya. Tapi gitu gitu Yoonjin juga has her story. Ada deh cerita dia sama keluarganya. Plus cerita dia sama Samcheonpo ya mereka terlalu lawak ketika berantem. Apalagi pas tahu mereka jadian. HAHAHA.

DRAMA REVIEW

To be honest, gue agak kecewa sama ending nya karena kapal yang gue suka nggak berakhir bahagia. Tapi yaudah sih, gue kan sudah terbiasa ya kena second lead syndrome. Entah hanya perasaan gue aja apa gimana, nebak nebak suami Najung ini lebih susah dibanding waktu nebak suami Siwon karena kemungkinan persen siapa suami Najung dibuat sekompetitif mungkin.

Kalau di 1997 present time nya dimulai saat Siwon reuni sama temen-temen sekolahnya reuni di bar, versi 1994 ini beda guys. Mereka cerita nya mau meet up full team di rumah Najung. Sambil nungguin para pria beli kopi, Yoonjin akhirnya iseng buka-buka kotak bekas pindahan dan nemuin video tape pernikahan Najung. Lalu dimulailah itu jalan cerita “menebak suami Najung” diantara kelima karakter pria: Trash, Chilbong, Samcheonpo, Haitai, dan Binggrae.

Kembalinya 1994 dimulai dengan perkenalan keluarga Najung dan beberapa mahasiswa yang sedang tinggal di boarding house. Sambil makan malam bareng, dimulailah itu kisah mereka. Ya cerita berantem-berantem nya Trash-Najung, Haitai yang lagi adaptasi sama Seoul, Yoonjin yang baru pulang habis ngikutin Seo Tai Ji. Dan Samcheonpo yang baru aja turun di stasiun kereta.

Agak sedih gimana cerita Samchenpo menghabiskan belasan jam sampe akhirnya tidur di boarding house.First experience banget. Itu baru intro btw, kerasa banget betapa unfamiliar nya Seoul di mata mahasiswa mahasiswi rantau ini. Bapak Ibu Najung aja tuh juga belum terbiasa gitu loh sama kehidupan bertetangga di Seoul.

Nah lanjut sih ada banyak cerita yang sayang kalau dibahas ditulisan ini. Saran terbaik ku adalah kalian harus nonton sampe selesai karena seru banget cerita Najung dan mahasiswa mahasiswi ini tuh. Ada deh satu scene favorit gue waktu mereka bahas kepekaan para pria daerah vs pria seoul (start at 2.49).


Tapi terlepas dari semua cerita dari berbagai POV yang dijabarin di drama ini, main focus akan tetap menjelaskan siapa suami Najung di present time ya. 1994 itu beneran ngasih banyak clue yang somehow buat gue sebagai penonton nggak bisa terima. Iya soalnya gue kan pendukung second lead, jadi sebel gitu kalau Najung lagi ada romance scene nya sama first lead.

Btw, jadinya kamu team Sseuregi apa team Chilbong nih?

DETAILS

Title: Reply 1994
Episode: 21 Episodes
Country: South Korea
Available on: Viu Indonesia
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea