7 Ways to Save Money for College Student


Menjadi seorang mahasiswa, apalagi yang tinggal di kosan, tanggal tua menjadi mimpi buruk tersendiri. Terlepas dari hal itu, saya ingin membagikan tips menabung yang sudah pernah saya aplikasikan dalam kehidupan sehari hari dan hampir semuanya, bekerja untuk saya dan sangat membantu di kala tanggal tua menghantui. Here's my tips for you

MENABUNG

Lakukan setiap awal bulan ketika kamu mendapat uang. Usahakan untuk menyisihkan 20% dari seluruh total pendapatanmu. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki uang simpanan sebelum akhir bulan datang dan uang mu habis. Digunakan hanya untuk keadaan darurat saja ya.

GUNAKAN UANG TUNAI

Daripada menggunakan kartu sebagai alat transaksi pembayaran karena lebih mudah dan boros (karena tanpa sadar kita terus menggunakannya tanpa ingat berapa nominal yang dikeluarkan). Gunakan cash sebagai pilihan untuk membayar pengeluaran sehari harimu seperti untuk membeli makanan. Dengan begini kamu akan merasa bahwa uang mu terasa lebih cepat habis karena kamu mengetahui berapa nominal yang kamu keluarkan setiap harinya.

KUMPULKAN UANG RECEH

Jangan remehkan uang uang receh yang ada di dalam sakumu. Keluarkan dan simpan pada satu wadah. Suatu saat kamu akan membutuhkan nya jika akhir bulan ternyata uang di dalam dompetmu sudah menipis. Versi saya dengan menyimpan nya di bekas botol air mineral yang 1 liter.

DO IT YOURSELF

Kamu bisa memasak sendiri makananmu. cukup luangkan waktu 10 menit di pagi hari, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk sarapan dan makan siang, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan makan diluar. Atau kamu bisa menuci pakaian mu sendiri daripada harus mengeluarkan biaya untuk jasa laundry.

MANFAATKAN HAL-HAL GRATIS

Mulai dari kupon sampai wifi yang disediakan gratis oleh kampus menjadi hal hal favorit karena bisa menghemat pengeluaran. Bisa juga menggunakan transportasi umum yang gratis, beberapa kampus menyediakan jasa itu. Dibanding harus menggunakan jasa transportasi berbayar untuk jarak dekat. Ah kamu juga bisa berjalan, gratis dan sehat.

BELANJA DENGAN SISTEM BULK

Kalau kamu membeli air mineral dalam kemasan 1L setiap hari, kamu bisa menggantinya dengan membeli air mineral dalam kemasan galon yang lebih banyak dan murah. Tentunya sampah yang dibuang juga semakin berkurang. Untuk makanan dan keperluan lain kamu bisa membagi pengeluaran bersama teman jika ada. 

MEMINJAM

Daripada membeli sesuatu hanya untuk dipakai satu kali, lebih baik meminjam saja. Selain memotong biaya pengeluaran, meminjam juga mengajarkan kita cara bertanggung jawab terhadap barang yang kita pinjam. Segera kembalikan apabila barang sudah selesai dipakai ya. 

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea