Review Film: Bad Genius (2017)

Wow nonton ini berasa banget nggak sih tegang nya? Gue nggak pernah berpikir bahwa nyontek akan semenegangkan itu. I mean buat orang Indonesia nyontek itu biasa banget nggak sih? Dulu jaman sekolah masih berseragam, yang gue rasakan menyontek adalah hal yang lumrah dan biasa. Bayangin dari SD sampai SMA. Tapi film ini ngebuka mata kalau memanfaatkan contekan dari teman itu tidak pernah benar ya.


SYNOPSIS BY ME

Lynn adalah siswi berprestasi di sekolahnya. Berkat kemampuannya, ia mendapat beasiswa di sekolah elite. Di sekolah barunya, ia bertemu dengan Grace dan menjadi sahabat. Grace ini nggak pinter, even udah ikut kelas tambahan dan dapat kisi-kisi ujian. Di hari ujian ini, Lynn menyadari bahwa kisi-kisi yang diberikan sama dengan soal ujian yang ia kerjakan. Lynn pun memberikan jawaban soal ujiannya pada Grace. Sejak saat itu, Grace mengandalkan contekan dari Lynn. Pat, pacar Grace mengetahui hal tersebut dan menawarkan kerjasama pada Lynn. Pat ingin membeli kertas jawaban Lynn. Lynn awalnya ragu tapi akhirnya setuju dengan tawaran Pat. Lynn membagikan jawaban soal ujiannya dengan sinyal tangannya memainkan piano. Klien Lynn pun bertambah hingga tawaran Pat kali ini adalah mengerjakan soal STIC, semacam ujian internasional untuk masuk perguruan tinggi. Kali ini dibantu dengan Bank, siswa beasiswa lainnya, akankah keduanya berhasil mengirim kunci jawaban untuk Pat dan Grace?


MOVIE REVIEW

Awalnya seru nih sepele banget kan bantuin teman yang kesusahan saat mengerjakan soal ujian, bantuin dikit lah biar nilai nya nggak jelek-jelek amat. Siapa sangka jadi nyaman dan berakhir keterusan sampai lulus, banyak permintaan pula. Dari Lynn yang manjain Grace buat dikasih kunci jawaban aja udah salah banget nggak sih? Ini lagi muncul karakter Pat yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. Emang sih anak orang kaya bergelimang harta, jadi santuy banget kan pas nawarin kerjasama ke Lynn. Dan Pat ini punya skill persuasif banget makanya dia jadi Marketing jasa Lynn.

Gue nggak tahu ya sistem ujian di Thailand beneran kaya gitu apa nggak, tapi scale dari Grace dan Pat, temen sekelas, sampai bisa ngasih kunci jawaban ke satu angkatan tuh gimana ceritanya? Beneran kepo mereka ujian satu angkatan di aula atau lapangan sekolah gitu? Kalau iya wow kesempatan banget buat jualan kunci jawaban sih. Dan terakhir, di prank ada paket A dan B bikin chaos keadaan banget. Coba kalau di Indonesia, ujiannya 20 paket dong (ngerasain ujian model begini soalnya).

Selama nonton, backsoundnya apalagi pas adegan nyontek-menyontek ini sukses bikin emosi kebawa tegang sih. Bayangin momen momen nyontek biar nggak ketahuan pengawas emang semendebarkan itu. Tapi kalian harus lihat bagaimana teknik Lynn membagikan kunci jawaban ke temen-temennya. Iya, Lynn menurut gue pinter banget sih karena bisa ngerjain soal dengan cepat terus punya banyak waktu buat bagiin jawaban dia. While temen-temen yang hire dia stay chill menanti jawaban karena pasti bener dong soalnya yang ngasih jawaban Lynn.

Parahnya ini kerjasama berlaku selama tiga tahun sekolah bareng, gila nggak tuh? Ya emang sih Lynn dapet duit, hitung-hitung freelance ya. Tapi kan jadinya temen-temennya ini, terutama Grace dan Pat jadi super bergantung sama Lynn. Include ketika Pat tiba-tiba disuruh ikut ujian STIC buat kuliah di Amerika. Wah ini sih scale nyontek nya emang udah bakal naik kasta banget.

Lynn? Nolak lah awalnya! Menurut gue doi emang masih punya hati nurani dikit dan mungkin takut juga kali ya scale nya tuh beda yang ditawarin kali ini, skala internasional. Disini kalian jangan bilang baru sadar kalau nyontek itu nggak baik ya, ini tuh bisa dibilang tindak kriminal kan karena jatuhnya curang. So yeah, cheating is never right thing to do ya!

Tapi kan nggak seru kalau cuma sampai situ doang. Bener dong! Diterima tawaran Pat, Lynn mutusin buat bikin kunci jawaban STIC dan nemu caranya gimana. Lynn berencana untuk ngerjain soalnya 4 jam lebih awal dengan pergi ke Australia, bareng sama Bank. If you don’t know who is Bank, yep he is X-Man. I mean awalnya doi berprinsip banget kan nggak suka sama hal-hal berbau curang aka nyontek. Tapi sedih sih, dipaksa keadaan, mau nggak mau dia terima tawaran buat ke Australia bareng Lynn.

Karena gue nggak mau ngasih spoiler endingnya gimana, kalian tebak aja dulu. Bakal berhasil nggak ya Lynn ngirim kunci jawaban ke para klien nya tepat waktu? Apa keburu ketahuan sama pengawas ujiannya?

DETAILS

Title: Bad Genius
Country: Thailand
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea