Review Drama Korea: Because This is My First Life (2017)

Wah, rasanya kek nemu hidden gem karena gue termasuk orang yang telat buat nonton ini drama pas on-going. Setidaknya gue langsung maraton ini drama karena seseru itu. Vibes nya kaya another oh hae young tapi lebih ke slice of life karena ceritanya tentang pasutri muda gitu yang baru nikah, tapi mereka sebenernya nikah kontrak gitu. Can you imagine alasan keduanya?


SYNOPSIS BY ME

Dimulai dari POV Yoon Ji Ho, seorang asisten penulis drama dengan latar belakang keluarga patriarki. Ia sedang berusaha mencari tempat tinggal baru karena adiknya sedang menjadi pengantin baru. While Nam Se Hee adalah seorang designer untuk start-up dating app yang sedang nyicil KPR dan memelihara seekor kucing. Karena saling membutuhkan satu sama lain, keduanya memutuskan menikah dengan kontrak perjanjian.


DRAMA REVIEW

Ini drama jadi salah satu drama romcom paling rekomen selama gue nonton drakor sih, soalnya se-comedy itu. Bercerita tentang Nam Se Hee dan Yoon Ji Ho yang tiba-tiba menjadi housemate. Faktornya? Banyak! Klimaksnya ketika mereka memutuskan untuk menikah, sesimpel karena mereka butuh satu sama lain buat jadi housemate. Astaga gue kalau inget drama ini mikirnya kenapa mereka bisa ditakdirkan jadi pasangan suami istri. Karena mereka bertolak belakang banget. Ini bukan drama benci jadi cinta btw, ini lebih ke kehidupan menuntun kita pada jodoh yang tepat gitu nggak sih?

Komedinya ngena banget di hati gue, karena hidup sebercanda itu. Yoon Ji Ho, notabene lulusan SNU rela merintis karir jadi asisten penulis drama karena secinta itu sama nulis. Walaupun kehidupan nya luntang-lantung, ya setidaknya dia bahagia ketika nulis. Tapi kek ditampar realita, dia harus dihadapkan pilihan kalau dia anak perempuan yang terlahir di keluarga penganut patriarki, aka bapaknya segitu pilih kasih ih. Short story, karena malas berurusan dengan drama keluarga, dia cari jalan pintas dengan cari kamar walau budget terbatas. Luckily, she has her best friends. Dihunbungin lah sama orang yang kebetulan nyari housemate. Sangat sesuai dengan budger Jiho yang terbatas itu.

Nam Se Hee adalah seorang laki-laki pada umumnya, teguh pada prinsip dan rencana hidup. Makanya kadang suka kasian kalau liat Ma Sang Goo dipelototin gitu sama Nam Se Hee, tapi ya lawak. Anyway, Sehee ini hidupnya tertata banget, dan punya housemate adalah salah satu hal yang berusaha dia maklumi demi kepentingan pribadi dia juga. Setidaknya uang sewa nya bisa jadi tambahan income. Belum lagi ingatan akan cicilan KPR nya yang baru akan kelar di tahun 2048. Ya jadi bisa dibayangkan hidup Nam Se Hee ya nggak perlu neko-neko.

Mereka fine-fine aja nih, masa percobaan selama seminggu juga berhasil dilewati karena Nam Se Hee dan Yoon Ji Ho sudah setuju sesuai perjanjian. Tapi berubah ketika mereka tahu jenis kelamin housemate mereka. Shock lah masa kita satu rumah bareng. Batal deh perjanjian kontrak mereka jadi housemate.

Kalau gitu ceritanya kelar dong? Nggak lah, justru berlanjut nih karena satu hal dan berbagai alasan dan pertimbangan. Nam Se Hee berinisiatif deh, kita nikah aja apa. Kan kita saling membutuhkan, Jiho awalnya mikir-mikir, tapi karena pilihan dia nggak banyak, yaudah ayuk. Lebih lengkap nya gimana, emang paling bener nonton 4 episode pertama deh. Dimulai lah perjalanan pra-menikah yang persiapannya lumayan bikin, capek. Plus after nikah nya gimana kehidupan mereka, karena tidak semudah itu ferguso membohongi orang-orang kalau mereka beneran nikah.


Selain pasangan karakter utama, sebenernya kita juga disuguhin 2 pasangan lain. Yaitu sahabat dekat Jiho-Sehee. Mereka adalah pasangan Ma Sang Goo-Woo Soo Ji dan Sim Won Seok-Yang Ho Rang. Keduanya juga menarik untuk dibahas karena karakter dan lika liku hidup mereka bikin pandangan mereka tentang pernikahan juga berbeda.

Yep, mostly emang hampir semua episode nya ngebahas soal pernikahan, secara langsung dan nggak langsung. Alasan orang memutuskan menikah atau tidak, poin plus minum, hal yang dipertimbangkan dalam mencari pasangan, sampai POV setiap karakter jadi turning point kenapa drama ini gue rekomen buat masuk watchlist lo.

Jadi kalian rencana nya mau nonton apa nggak? Atau malah udah?

DETAILS

Title: Because This is My First Life
Episodes: 16 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea