Review Drama Korea: My ID is Gangnam Beauty (2018)

Gue lumayan antusias sama drama ini karena hasil adaptasi webtoon dari judul yang sama, dan versi webtoon nya udah tamat jadi setidaknya lebih terarah walau ternyata ada perbedaan. Gangnam Beauty sendiri merupakan julukan untuk orang-orang yang melakukan operasi plastik total untuk menjadi cantik, mostly klinik kecantikan untuk plastic surgery sendiri banyak beralamat di Gangnam, so how it it called. My ID is Gangnam Beauty pun lekat dengan julukan tersebut karena karakter utamanya melakukan plastic surgery total.


SYNOPSIS BY ME

My ID is Gangnam Beauty bercerita tentang Kang Mi Rae, seorang gadis dengan sifat pemalu dan rendah diri karena trauma di masa lalunya. Ia adalah korban bullying karena wajahnya yang jelek menurut standar Korea. Sebelum perkuliahan dimulai, Kang Mi Rae memutuskan untuk operasi plastik total wajahnya dan berubah menjadi cantik. Ia pun mulai memperlihatkan inner beauty nya. Walaupun begitu, ia masih mendapatkan tekanan sosial karena wajah cantiknya karena operasi. Belum lagi, ia berjumpa lagi dengan teman SMP nya dulu, Do Kyung Seok.


DRAMA REVIEW

Nggak bisa bayangin pressure tinggal di Korea sebesar apa sampai orang-orang willing to change their face to adjust the standart. Pasti kalian sering dengar kan cerita standar kecantikan yang dampaknya kemana mana, even ke kerjaan sekalipun. Karakter Kang Mi Rae bisa dibilang me-representasikan bahwa it’s happening all the time in Korea. Orang tua nya bahkan mendukung keputusan anaknya biar jadi lebih percaya diri dengan operasi.

Nonton intronya di episode pertama to be honest kaya sedih, bayangin bertahun-tahun jadi korban bully just because karena wajahnya jelek. Pressure nya itu loh! Well, she did anyway. Kang Mi Rae akhirnya merubah total penampilannya (include her face). Rencana doi sebenernya pas banget timing nya. Lulus SMA, masuk legal age, dan ketemu orang-orang baru di kampus. One thing she is not sure adalah respon orang-orang nih.

Kang Mi Rae masuk jurusan kimia di kampusnya. Perkenalan di mulai saat masa-masa orientasi, disini dia ketemu deh sama temen seangkatan dan senior di jurusannya. Out of reflect, dia nilai wajah-wajah baru yang ia temui, mostly pass lah hitungan standar dia. Dan ada nih satu temen seangkatannya yang lumayan outstanding visual nya. Meet her: Hyun Soo Ah.


Selain Hyun Soo Ah yang keliatan bakal diperhatiin banget nih karena kecantikannya, kalian harus lihat versi cowoknya. Yeah, you named it. Do Kyung Seok, visual tampan even badannya terbilang proposional lah dibanding yang lain. Doi bahkan udah diincar sama temen dan seniornya. Sayang karakter doi dibuat cool, cuek, misterius gitu. Dan as you know, nantinya doi malah yang jadi dekat sama Kang Mi Rae karena ternyata mereka berdua kan pernah satu sekolah bareng.

Sama ada Yeon Woo Young, senior jurusan kimia yang sudah lulus dan bekerja sebagai asisten di Departemen jurusan kimia Universitas Hangook. Dia ini tipikal senior baik yang suka menolong juniornya. Dia suka sama Kang Mi Rae karena kecantikannya, tapi lama lama dia juga sama karakternya Kang Mi Rae. Sama dia ini nanti jadi banyak bromance nya gitu sama Do Kyung Seok, bikin gemas.

So far, gue ngerti banget sama pesan moral dari drama ini. Kecantikan fisik bukan segalanya, you can show your inner beauty instead Everyone is beautiful with their own beauty. Drama ini sukses membungkusnya dengan baik kalau kata gue. Walau romance antara kedua karakternya menurut gue kurang ngena. Ngerasa relate banget sama perasaan Kang Mi Rae, diskrimasi antara si cantik dan buruk rupa tuh emang sering terjadi. Disini ia digambarkan sebagai seorang gadis yang pemalu. Malu takut salah ngomong, takut nyakitin orang lain, takut dia dibully lagi. Padahal dia hanya ingin punya hidup normal dengan wajah yang normal.

Nggak cuma fokus sama cerita kehidupan Kang Mi Rae. Drama ini juga menyajikan dialog dialog sehari hari yang relatable banget, terutama soal fisik. Secara nggak langsung, banyak kan orang yang menyindir perihal kecantikan fisik misal "Kamu terlalu gendut" dan sebagainya. Ada adegan dimana cewek, terutama yang paling disindir harus begini begini, melawan pada akhirnya. Gue suka sih sama cewek cewek yang defend diri mereka sendiri. Capek banget dengar komentar sarkasme orang orang.

Ada juga tipikal laki laki senior sok ganteng yang mau deketin mahasiswi tahun pertama, ganggu banget astaga. Ada. Ujung ujungnya emang cuma mau mencari kesempatan aja.

Alasan awal nonton drama ini penasaran sama akting Cha Eun Woo karena gue belum pernah nonton drama drama dia sebelumnya. Ngikutin Cha Eun Woo juga nggak banyak, hanya sekedar variety show yang biasa gue tonton terus dia jadi guest star. Eh sempat mau nggak lanjut juga nontonnya soalnya kok kaya aneh banget aktingnya, tapi lama lama paham karakter dia emang dingin banget gitu. Tapi beda deh feel nya kalau sudah sering lihat Cha Eun Woo senyum terus akting nggak pernah senyum gitu. tapi emang sih definisi face genius untuk Cha Eun Woo cocok banget sama karakternya disini.


Tapi syukurlah, ini cerita di drama nggak melenceng jauh dibanding webtoonnya. Ada sih beberapa penambahan karakter dan adegan karena gue juga yakin, nggak cukup itu semua adegan dijadikan 16 episode. Masalah masalah yang kemungkinan nggak bisa direalisasikan dalam dialog drama juga diganti dengan sedikit sentuhan (maksudnya nggak berubah 100% gitu). So love it untuk ukuran standar hasil adaptasi webtoon mah.

DETAILS

Title: My ID is Gangnam Beauty
Episodes: 16 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix, Viu Indonesia
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea