Review Drama Korea: Mr Sunshine (2018)

Please note kalau review ini gue re-edit karena baru aja namatin drama nya setelah ada subtitle. Walaupun sempat kontroversial diawal drama mulai, secara keseluruhan ini sukses banget sih bikin gue gagal move on karena ceritanya bagus banget dan menjadi drama Kim Eun Sook dan Lee Eung Bok yang paling gue suka. Iya sebagus itu ini drama, ikhlas banget juga ngabisin 24 episode karena udah lama nggak nonton drama sepanjang ini. Sinematografinya nggak perlu ditanya lagi lah ya keren banget help. Jadi nonton ini tuh emang full package. Dan buat kamu yang sebelumnya belum pernah nonton drama Saeguk, I highly recommend this karena ini semi modern gitu karena masuknya budaya Amerika.


SYNOPSIS BY ME

Berlatar belakang di abad 18-19an, drama ini menceritakan kisah seorang anak berkasta rendah bernama Choi Yoo Jin. Setelah orang tua nya yang menjadi budak di Joseon meninggal, ia kabur ke Amerika. Bertahun tahun kemudian, ia kembali ke Joseon sebagai anggota Marine Corps Amerika dengan nama Eugene Choi. Selama di Joseon untuk menyelesaikan misi, ia jatuh cinta kepada cucu keluarga ningrat, Go Ae Shin. Go Ae Shin sendiri merupakan salah satu anggota the Righteous Army, organisasi rahasia yang membantu tentara korea saat perang (based on korean history). Tapi, ini drama nggak cuma tentang kisah cinta mereka aja sih sebenernya, karena dibalut dengan history sejarah Korea (some based on real event).


DRAMA REVIEW

First, drama ini tuh kaya semi fiksi gitu soalnya emang karakter dan bahkan organisasi kaya Righteous Army tuh beneran ada pas jaman itu. Makanya kan sempet kontroversial juga pas ada karakter orang Jepang nya. Wajar banget karena bisa bikin misleading information gitu kan ya, so please remember this is just a drama.

Tapi nggak bisa alias kebawa suasana apalagi yang digambarin disini tuh bukan cuma love story mereka, instead it’s about gimana Korea dulu pernah jadi negara terjajah juga. Iya kaya belajar sejarah rasanya tapi ini jadi belajar sejarah Korea. What we can relate yaitu kita sama sama korban penjajahan Jepang kan. Perjuangan orang-orang jaman itu, dan ada nih para petinggi negara yang willing jual negara mereka sendiri. Heuh kalau yang ini jangan ditanya, ngeselin banget mereka sampai akhir episode juga.

It start with perkenalan karakter Eugene Choi sebagai Komandan Marine Corps Amerika yang ditugaskan untuk ke Joseon, lalu flashback ke masa kecilnya. Waktu Ekspedisi Korea oleh Amerika pertama kali terjadi, Choi Yoo Jin adalah seorang anak budak, ayah nya dibunuh karena dituduh mencuri while ibunya mengancam keluarga majikannya dan berakhir bunuh diri. Dikejar pemburu budak, Yoo Jin kabur ke Amerika dengan bantuan seorang missionary.

The next scene adalah special appearance Kim Ji Won dan Jin Goo (previously worked together with Kim Eun Sook on Descendants of the Sun) yang berperan menjadi orang tua Go Ae Shin. Yep, kedua orang tua Go Ae Shin tewas dibunuh karena temannya berkhianat. Btw, orang tua Go Ae Shin anggota the Righteous Army juga.

Well, itu baru sepenggal cerita masa lalu di episode pertama aja loh, sound complicated nggak sih. Dan kalian harus banget nih lanjut ke episode berikutnya karena kedua karakter tadi akhirnya mulai bertemu, tanpa sengaja. Belum lagi soal sejarah perang yang mewarnai seluruh cerita. Intinya sih Korea nggak semerdeka itu karena ada Amerika dan Jepang saat itu. Nah unsur politik nya ini juga nggak kalah bikin tegang karena Eugene sebagai warga Amerika mengetahui rencana Jepang yang ingin menguasai Korea, tapi Eugene nih kan juga kelahiran Korea ya.

Selain cerita mereka berdua, ada bumbu bumbu cerita lain dari 3 karakter utama yang muncul di masa-masa Eugene Choi dan Go Ae Shin ini lagi pedekate. Meet them: Gu Dong Mae, seorang anak kelahiran Korea yang kabur ke Jepang dan menjadi bagian dari organisasi Yakuza. Kudo Hina, pemilik Glory Hotel yang menyewakan jasa penginapan untuk para tentara Amerika dan Jepang dan foreigner lain yang datang. Last, Kim Hui Seong, keturunan keluarga ningrat yang baru aja pulang belajar dari Jepang, he is Go Ae Shin’s fiance.

Kalau mau nonton, siapin tisu ya buat jaga-jaga pas nonton episode pertama dan terakhir malah nangis.

DETAILS 

Title: Mr Sunshine
Episodes: 24 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea