Review Drama Korea: SKY Castle (2018)

Ini drama katanya viral banget di Korea, sampai di setiap percakapan pasti bahas drama ini. Gue bahkan sempat ketinggalan dan harus catching up 6 episode, turns out seseru itu! Soalnya tema yang dibahas tuh lumayan menarik: persiapan anak sekolah untuk masuk universitas. Yep, di postingan kali ini gue mau bahas drama yang lagi happening banget di negara asalnya, SKY Castle.


SYNOPSIS BY ME

Bercerita tentang 4 keluarga yang tinggal di komplek perumahan elite bernama SKY Castle. Para ibu rumah tangga nya sibuk mengurus anak terutama persiapan untuk ujian masuk universitas. Tapi bukan sekedar persiapan karena mereka kelak ingin anak-anak mereka lebih sukses dan dapat meneruskan citra pekerjaan keluarganya.


DRAMA REVIEW

SKY sendiri merupakan singkatan dari 3 universitas populer (dan terbaik) di Korea, SNU, Korea University, dan Yonsei University. Apa kaitannya sama drama ini? Yes, ini cerita para siswa dan orang tua nya yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk univesitas. Kalau di Indonesia mungkin bisa dibilang kaya UTBK. Tapi scale yang diceritain disini beda banget.

Di drama, diceritain sebegitu detail gimana persiapan ini diperlukan karena persaingannya yang sangat ketat. Btw, goals anak-anak ini biar keterima di jurusan kedokteran SNU. Mungkin buat sebagian netizen indo, kok sebegitunya. Tapi gue kek paham betapa insecure nya orang tua kalo jaminan kesuksesan anaknya bisa diatur sejak awal, kenapa tidak gitu. This is what happen in SKY Castle.

Cerita dimulai dari keluarga Han Seo Jin yang mengadakan perayaan untuk Lee Myung Joo, ibu Young Jae karena sukses membimbing Young Jae sampai keterima di jurusan kedokteran SNU. Usut punya usut sebenernya Han Seo Jin sengaja bikin perayaan ini, sekaligus merayu Myung Joo kali aja mau berbagi portfolio Young Jae.

Tetangga lain, sebut saja keluarga Noh Seung Hye-Cha Min Hyuk nggak tinggal diam karena mereka juga ngarepin dibagi juga portfolio Young Jae. Yep, mereka juga berambisi buat masukin anak mereka di jurusan kedokteran SNU.

Kedua keluarga ini emang luamayan sengit buat dapet perhatian Myung Joo. In the end, mereka dikasih clue gimana caranya biar anak mereka keterima di jurusan kedokteran SNU. Yaitu dengan menggunakan jasa coordinator untuk mengatur nilai anak mereka. Well, it has some price yang nggak bakal lo kira menjelang drama berakhir.

Yang paling bikin terkejut dan nggak disangka sangka adalah ending dari episode pertama yang mindblowing parah. Bikin gue antusias buat lanjutin ke episode berikutnya yang nggak kalah seru karena kalian harus liat siapa coordinator yang dipuja-puja itu. 2 episode pertama sukses nge-trigger gue sebagai penonton buat lanjutin episode berikutnya.

Bahkan rencana 16 episode buat drama ini di-extend jadi 20 episode karena antusiasme para netizen ngebahas ini drama. Well, bener sih, 5 episode terakhir itu paling nggak disangka walau ketebak tapi kek hah masa iya.

Drama ini nggak berat untuk dikatakan makjang tapi emang ada sebagian scene yang terbilang lebay. Perkelahian antar karakter dibuat sedramatis mungkin dengan sentuhan komedi (?) oh lo harus lihat bagaimana para orang tua ini saling menyalahkan satu sama lain, nggak luxury banget kalau kata gue. In the end of story, setajir sebangga itu sama status sosial tetep aja lu “manusia” yang nggak luput dari kesalahan. Heh.

Anyway ini drama bener-bener ngegambarin realita bahwa anak sekolah disana se-stres itu menghadapi tekanan ujian masuk universitas.

DETAILS

Title: SKY Castle
Episodes: 20 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea