Rekomendasi Drama Korea 2018

Ternyata sudah bulan maret lagi aja, nggak berasa ya. Seperti biasa selama beberapa tahun terakhir gue akan kembali dengan tulisan yang sama, yaitu rekomendasi drama korea tahun lalu yang bisa kamu jadikan referensi kalau-kalau bingung mau nonton drama apa. Here my 5 list. Dimulai dari terbaik nomor lima ke yang pertama ya.


MY ID IS GANGNAM BEAUTY

Di posisi kelima, ada My ID is Gangnam Beauty yang sukses menarik perhatian gue dari awal sampai akhir cerita karena banyak banget adegan dari webtoon yang diangkat tanpa mengubah keseluruhan cerita. Mungkin karena yang versi webtoon juga sudah tamat. Dibanding cheese in the trap, ya gue lebih milih drama ini. Pesan moral nya juga ngena banget, karena kan karakter utama nya ini adalah korban bully karena wajahnya yang buruk rupa. Jadi bisa kalian bayangkan betapa berat nya tekanan hidup disana karena lo dilahirkan tidak cantik sesuai dengan standarnya.

Kang Mi Rae adalah seorang gadis yang ingin memiliki kehidupan normal seperti orang pada umumnya. Pengalaman menjadi korban bully karena wajahnya yang buruk rupa membuat dirinya melakukan operasi plastik total. Dengan wajah barunya, ia memulai kehidupan barunya sebagai mahasiswa baru di universitass. Awalnya mungkin terlihat normal, tapi ternyata ia kembali tertekan karena image "wanita cantik" pada dirinya, dan orang-orang dapat melihat bahwa ia melakukan operasi plastik dan memberinya label "gangnam plastic surgery monster". Cerita terus berlanjut tentang Kang Mi Rae yang berusaha mengembalikan kepercayaan dirinya dan pertemuan dirinya dengan teman SMP nya dulu, Do Kyung Seok.


MISTY

Untuk 4 episode pertama, rated nya agak dewasa ya karena ada beberapa adegan yang memang tidak untuk umum, guys. Tapi endingnya dong! Twist parah kamu tidak akan menyangka sampai 2-4 episode terakhir, karena namanya juga kasus pembunuhan, nggak seru dong ya kalau misal cuma fokus ke tersangka aja. Ceritanya simpel sebenarnya, masalah cinta! Berat karena yang ngebahas orang dewasa sudah umur 30-an, suami-istri mapan. Yang satu pengacara terkenal, yang satu news anchor terkenal, yang satu atlet golf terkenal. Nih, karena karakter utama latar belakang pekerjaan nya juga news anchor, terkenal, berpengalaman. Jadi bisa lah kalian bayangkan betapa chill nya cerita ini.

Goo Hye Ran adalah seorang penyiar berita di jam prime time salah satu stasiun televisi. Suatu hari ia menjadi tersangka utama dalam kasus pembunuhan Kevin Lee, pemain golf terkenal. Suami Goo Hye Ran, Kang Tae Wook, bersedia menjadi pengacara Goo Hye Ran. Walaupun sebenarnya, hubungan pernikahan Goo Hye Ran dan Kang Tae Wook lagi ada di ujung tanduk.


MEMORIES OF THE ALHAMBRA

Tadinya gue maju mundur naruh ini drama di posisi ketiga, tapi mengapa tidak? Karena dramanya bagus dan antimainstream. Perpaduan antara melodrama, kehidupan CEO yang jadi duda diperankan Hyunbin sebagai Yoo Jin Woo dan Park Shin Hye yang tinggal di Alhambra sebagai tulang punggung keluarga, mana adik cowoknya tiba-tiba ngilang. Jangan lupakan CG game AR yang dimainkan Yoo Jin Woo menurut gue jadi point charm ini drama. Buat cowok cowok yang suka meledek temen perempuannya nonton drakor, awas kalau sampai kalian demen drama ini. Selamat kalian kena karma.

Yoo Jin Woo sedang melakukan perjalanan bisnis di Barcelona, hanya saja ia mendapat pesan dan telpon misterius dari programmer muda bernama Jung Se Joo. Setelah membuka isi pesan tersebut (berupa permainan game AR), Yoo Jin Woo segera pergi menuju Granada dan bertemu dengan Jung Hee Joo, yang ternyata wali sah Jung Se Joo. Yoo Jin Woo pun mencoba memainkan game selama ia tinggal di Granada.


SKY CASTLE

Bercerita tentang kehidupan para ibu-ibu yang tinggal di perumahan mewah bernama SKY Castle, kesibukan mereka sebenarnya tidak jauh untuk mengurus anak mereka. Satu hal yang harus digaris bawahi, anak-anak mereka harus lebih sukses daripada orang tuanya. Jadilah si anak dituntut untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran SNU (Seoul National University), jurusan yang paling diminati karena persaingan nya yang ketat dan digadang-gadang menjadi awal pintu kesuksesan. Para ibu-ibu ini pun berusaha dengan cara apapun agar anak-anaknya dapat diterima di sekolah tersebut, termasuk dengan membayar jutaan won untuk menyewa coordi persiapan masuk universitas.

Mencetak rekor terbaru, drama ini sukses jadi buah bibir masyarakat Korea karena ceritanya yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari disana. Membahas ambisi keluarga-keluarga yang menuntut anaknya untuk bisa masuk di universitas terbaik di Korea. SKY adalah singkatan untuk 3 universitas terbaik di Korea, Seoul National University, Korea University dan Yonsei University. Jadi bisa relate lah ya kenapa judul dramanya SKY Castle, selain nyambung sama nama perumahan elite nya. SKY Castle punya cerita yang agak lebay tapi ya sangat relate dan reminder juga kali ya karena ambisi untuk bisa kuliah di kampus top 3 ini tuh beneran terjadi, kayanya, di negeri asalnya. Coba nonton 2 episode awal maka kamu akan penasaran sama ending yang plot twist nya di episode 15 akan ada klimaks yang tidak terduga spoiler alert.


MR SUNSHINE

Nah di urutan pertama, jeng jeng. Kalau kalian baca drama rekomendasi sebelumnya, gue pasti selalu suka sama drama-drama buatan Kim Eun Sook. Nah yang ini juga masuk daftarnya! Ceritanya beda banget sama drama-drama Kim Eun Sook sebelumnya, romance nya ada tapi ringan. Berlatar belakang di awal abad 19, menggambarkan para aktivis yang bergerilya untuk mendapat kemerdekaan Korea pada waktu itu. Sukses bikin gue nangis di awal dan akhir episode, sentuhan komedi dan haru ditengah. Semua dibalut dengan deep-storytelling yang wow!

Mr Sunshine adalah sebuah cerita seorang anak laki-laki yang terlahir sebagai anak budak dan berkasta rendah, Choi Yoo Jin, memutuskan untuk kabur ke Amerika pada saat Shinmiyangyo (Ekspedisi Amerika ke Korea) di tahun 1871. Ia kemudian kembali ke Korea sebagai anggota angkatan laut Amerika dengan nama Eugene Choi. Ia bertemu dan jatuh cinta dengan putri dari keluarga ningrat, Go Ae Shin. Disaat yang bersamaan, ia juga mengetahui rencana bahwa akan negara asing yang ingin menjajah Korea.

Kira-kira begitulah cerita singkat kelima drama favorit gue tahun ini yang sangat bertolak belakang ceritanya, satu sama lain. Semua punya pesan moral tersendiri dan dikemas dengan cerita dan ending yang sangat apik. Kukira di tahun 2018 ini nggak akan menemukan 5 drama terbaik karena emang lagi jarang banget nonton drama, ternyata ada dan diluar dugaan, masih ada beberapa yang ingin gue masukkan. Mungkin lain kali akan buat daftar yang berbeda. Kalau kalian, punya rekomendasi drama lain yang wajib ditonton nggak?

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea