Review Drama Korea: Kingdom (2019)

Tadinya gue ragu ragu mau bahas ini drama apa nggak soalnya masih harus nunggu season berikutnya, alias ini drama endingnya gantung banget. So, untuk melatih kesabaran, gue putusin untuk nulis aja, sekalian mau membagi keresahan ku karena kayanya harus nunggu tahun depan deh buat season barunya. Btw ini drama netflix original jadi emang paling cepet, legal, dan gampang nontonnya lewat netflix.


SYNOPSIS BY ME

Desas desus mengenai kesehatan Raja yang buruk hingga meninggal menghantui Hanyang. Pangeran Lee Chang pun berusaha menjenguk Raja tapi tidak diizinkan oleh ibu tirinya, Ratu Cho. Ia pun mencari jurnal kesehatan Raja dan hasilnya nihil. Namun ia mendapat petunjuk mengenai Tabib Lee Seung Hui, dokter yang merawat raja dan memutuskan untuk menemuinya.


DRAMA REVIEW

Ini drama terlalu mengingatkan gue akan survival insting kek pas nonton Train to Busan. Bedanya ini jaman ratusan tahun lalu, nggak ada berita, nggak ada smartphone. Otomatis penanganan penyakit mayat hidup ini jadi lambat. Yang riset cara pemyembuhan nya aja cuma seorang. Bayangin berapa banyak korban yang terinfeksi kan.

Menceritakan Kerajaan Joseon yang waktu itu dipimpin seorang Raja, tapi sakit. Iya, si Raja sedang sakit dan diisolasi selama 10 hari sehingga tidak ada yang boleh menemuinya, termasuk anaknya sebagai pewaris tahta, Pangeran Lee Chang. Tapi nggak gitu sih, lebih ke arah Lee Chang yang dilarang bertemu karena ibunya, Ratu Cho, dan ayah Ratu, Menteri Cho Hak Ju, masih bisa bertemu Raja.

Tapi emang sebenarnya Raja sakit apa sih? Sakit parah sampai nggak boleh ditemui sembarang orang. Alias sudah mati tapi hidup lagi sebagai monster yang bangun saat malam dan makan manusia. Heuh. Sedangkan diluar istana, rumor kematian sang Raja berhembus diantara penduduk yang tinggal. Pemimpin tentara kerajaan, sekaligus anak lelaki Menteri Cho Hak Ju, Cho Beom Il, nggak tinggal diam buat membasmi rumor itu. Ya karena keluarga Cho ini nggak mau kalau sampai ada berita Raja meninggal.

Turns out, para scholar di Hanyang lah yang menyebarkan rumor tersebut. Itupun dipicu satu orang yang sangat meyakini Raja telah meninggal tapi beritanya ditutup-tutupi. Yes, siapa lagi kalau bukan Pangeran Lee Chang.

Lee Chang ini sebenarnya penasaran sama keadaan ayahnya, bukan masalah tahtanya yang lagi berusaha direbut ibu dan keluarga klan Cho. Intinya doi penasaran banget lah sampai nyuruh pengawal pribadinya untuk mencuri jurnal dokter kerajaan. Dia pun diam-diam ke istana untuk mencoba bertemu ayahnya. Sayangnya, ia malah melihat bayangan monster dan nggak berhasil bertemu ayahnya. Tapi pengawalnya, Moo Young, berhasil mengambil jurnal dokter kerajaan.

One thing for sure, kesehatan Raja nggak tertulis jelas disitu. Menuju sehat atau malah makin buruk. Pusing lah Lee Chang, tapi si Moo Young malah menemukan nama Lee Seung Hui, dokter kerajaan yang sebenarnya sudah resign tiga tahun lalu. Of course ini jadi petunjuk baru buat Lee Chang, dengan masalah yang emang lagi kacau banget di Hanyang, pergilah dia bersama Moo Young ke Jiyulheon, Dongnae, tempat Lee Seung Hui tinggal.

Sementara di Jiyulheon, ada Seo Bi, perawat yang tinggal dan bekerja disana untuk mengobati para pasien Lee Seung Hui. Selama ditinggal Lee Seung Hui, kondisi pasien-pasien ini sebenarnya nggak bisa membaik lantaran pasokan makanan yang nggak ada. Sehari-harinya hanya mengandalkan tumbuhan yang dicari Seo Bi dan perawat lainnya.

Sampai Lee Seung Hui akhirnya pulang membawa peti yang ternyata adalah Dani, perawat yang ikut Lee Seung Hui ke Hanyang ini meninggal akibat monster Raja yang mengigitnya. Lee Seung Hui sudah keburu shock dengan kejadian itu dan mengunci diri sesampainya di Jiyulheon. Seo Bi pun bingung dengan kematian Dani dan sikap Lee Seung Hui, tapi ia tetap pergi mencari tumbuhan di gunung untuk makan para pasien. Kembali dari gunung, ternyata Yeong Sin sudah membuat sup daging untuk para pasien. Ia mengaku berburu rusa karena tidak ingin para pasien mati kelaparan.

Kesannya heroic banget kan, Yeong Sin? Halah semua bohong. Pas Seo Bi yang ambil supnya, ada jari dong. Lo bayangin jari manusia! Seo Bi nggak terima dan ngelabrak Yeong Sin yang nggak makan itu sup. Mereka akhirnya ngumpet ke dalam ruangan, nggak mau didengar pasien-pasien yang lahap makan itu sup. Ingat banget kata Seo Bi, "Bagaimana manusia bisa makan manusia?"

Ketika mereka lagi debat, guess what? Yep, mutasi penyakit itu muncul dimana para korban yang makan meninggal tapi hidup lagi dan jadilah zombie yang kamu tahu itu.

Btw itu baru asal usul penyakit mayat hidup ini. Karena menurut gue yang krusial justru POV dari Putra Mahkota, Lee Chang yang masih mencari kebenaran tentang sakit ayahnya.

Sesampainya di Jiyulheon, Lee Chang dan Moo Young nggak nyangka sih kalau tempat Lee Seung Hui tinggal malah dipenuhi mayat, dan masalahnya nggak ada mayat Lee Seung Hui disitu. Sementara memanggil petugas setempat untuk menginventigasi kasus tersebut. Lee Chang dan Moo Young malah menemukan Seobi, yang tahu kejadian di Jiyulheon.

Sayangnya terlambat, matahari keburu terbenam dan kejadian di Jiyulheon terulang kembali. Bahkan scale nya lebih besar dan beberapa kali mengancam hidup Lee Chang yang berusaha kabur dan serangan zombie ini. Tapi survive alhamdulilah kalau nggak mah ya nggak ada season 2.

Dongnae udah terinfeksi, jadi Lee Chang dan kawan kawan memutuskan untuk pergi ke Sangju menemui Ahn Hyun, kayanya sih salah satu pejabat kepercayaan pas jaman Putra Mahkota masih kecil. Perjalanan nya lumayan bikin deg-degan karena bisa aja kan makan korban lagi. Tapi survive alhamdulilah nya, kaya mereka udah tough gitu menghadapi serangan zombie berkali-kali. Nah cuma nggak cuma Lee Chang dkk yang nyampe Sangju, para zombie juga nyusul. Jadi bisa kalian bayangkan rasa penasaran nya pas nonton harus dipotong karena udah mulai nih the real fight.

On the other side, kamu harus lihat POV orang-orang Hanyang aka Cho Hak Jo dan Ratu Cho yang masih chill menghadapi berita zombie. Fokus mereka cuma satu, memastikan keberlangsungan hidup klan Cho. Yep, mereka masih setia nungguin kelahiran calon Putra Mahkota yang lagi dikandung Ratu. Ada thriller scene pas episode terakhir tentang Ratu Cho.

To be honest penasaran banget sama kerajaan Joseon, bakal ada korban survive nggak. Sangju bakal survive nggak, zombie bakal sampai ke Hanyang nggak. Secara yang udah-udah cerita zombie itu yang survive bisa dihitung jari kan. Tapi ini scale beda sih soalnya satu negara kenanya, jadi yang survive kira-kira banyak nggak ya?

DETAILS

Title: Kingdom
Episodes: 6 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 18+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea