Review Drama Korea: Kingdom 2 (2020)

Setelah menunggu sekian dekade. Nggak deng lebay. Kingdom Season 2 akhirnya rilis tanggal 13 kemarin. Buat kamu yang lagi ngerasa kurang produktif karena kebijakan #WorkFromHome atau #SocialDistancing mungkin bisa coba menguji adrenalin dengan menonton drama ini. So far, drama original Netflix favorit!


SYNOPSIS BY ME

Lee Chang dan rakyatnya berhasil bertahan melawan serangan zombie di perbatasan Sangju. Tapi ancaman kelaparan justru mulai terjadi, membuat Lee Chang memutuskan untuk keluar dari Sangju. Ia berniat membunuh Cho Hak Ju dan mengembalikan tahtanya. Kira-kira bakal berhasil nggak ya misi Lee Chang dan pasukan nya melawan Cho Hak Ju dan klannya?

THE CHARACTERS

Dirilis awal tahun lalu, Kingdom sukses menuai perhatian gue sebagai penonton berkat latar belakang waktunya yang terjadi di jaman Joseon (karena sejarang itu gue nonton drama kolosal). Bayangin kalau wabah penyakit zombie nya sudah dijaman sekarang, mungkin akan lebih bisa diantisipasi pencegahannya. That's what actually happened in Train To Busan or Covid-19 in real life, yes? Tapi, sebelum lanjut ngomongin ceritanya lebih rinci, gue mau mengenalkan para pemainnya. In case, biar kalian nggak lupa sama karakter yang ada.

JU JI HOON AS PANGERAN LEE CHANG, adalah anak lelaki Raja dan pewaris tahta yang sebenarnya, kalau menurut hukum yang berlaku waktu itu. Nah, walaupun dia bakal jadi pewaris tahta, si ibu tiri alias sang Ratu, Ratu Cho, nggak mau membiarkan hal itu terjadi. Termasuk melarang Pangeran untuk bertemu Raja yang sedang sakit saat itu. Agak sedih sih sebenarnya karakternya Lee Chang ini. In the end, doi yang paling relain semuanya asal rakyat sejahtera.

BAE DOO NA AS SEO BI, adalah perawat yang tinggal di rumah dokter Lee Seung Hui, dokter yang merawat Raja selama 10 hari sakit dan tidak boleh ditemui siapapun. Selama ditinggal Lee Seung Hui ke Hanyang (rumah Raja), Seo Bi lah yang mengurus para pasien yang tinggal disitu dengan mencari tanaman yang bisa dimakan di hutan. Later on, dia yang bakal bantuin Lee Chang mencari penawar obat penyakit tersebut.

RYU SEUNG RYONG AS CHO HAK JU, Menteri Kerajaan sekaligus ayah dari Ratu Cho ini punya peran penting dalam politik Kerajaan waktu itu. Iya, soalnya dialah yang berniat ingin mengudeta Pangeran Lee Chang. Kelihatan antagonis banget kan perannya? Di awal season emang rencana dia kelihatan mulus banget kaya pantat bayi. Tapi tentu tidak akan selamanya begitu ya, karena karma pasti akan datang untuk orang macam kaya dia.

KIM HYE JUN AS RATU CHO. Ratu Cho ini perannya jadi scene stealer kayanya. Walaupun kerjaannya cuma ngelus ngelus perut, dia ternyata nggak kalah jahat dibanding bapaknya. Kalau dia senyum nih, wah udah kacau hidup lo. Misi hidup dia cuma satu, melahirkan anak laki-laki generasi klan Cho supaya rencana mengudeta Pangeran Lee Chang makin lancar. Tapi dia punya rahasia kecil gitu di season lalu dan mulai kecium bohongnya.

KIM SANG HO AS MOO YOUNG. Moo Young ini rada lawak karakternya. Dia sebenarnya agak kepaksa buat menemani Pangeran Lee Chang pergi karena nggak rela meninggalkan istrinya yang lagi hamil. Tapi mau gimana dong kan Pangeran yang minta temenin. Walaupun berat hati, Moo Young ini sebenarnya setia banget karena nggak pernah membiarkan Pangeran digigit zombie. Terus ternyata dia punya rahasia dan bikin kita semua kecewa, ah bye.

KIM SUNG KYU AS YOUNG SHIN. Young Shin nih juga antara beruntung nggak beruntung bisa terlibat di tragedi penyakit ini. Atau sebenarnya malah dia yang memulai penyakit ini makanya bisa menyebar luas. Hati-hati loh kamu bisa dari benci jadi cinta sama karakter ini. Young Shin ini juga bukan tipe rewel tapi langsung action gitu loh. Walaupun awalnya berantem mulu sama Seo Bi, kamu harus perhatiin pentingnya peran Young Shin disini.

HEO JOON HO AS AHN HYUN. Ahn Hyun ini porsi perannya dikit, tapi krusial. Kalau nggak ada karakter kaya doi, nggak bakal ada tuh season 2. Diam-diam Pangeran juga sudah menaruh kepercayaan tinggi sama Ahn Hyun dan kelompoknya, karena emang mereka lah yang melawan kerakusan klan Cho selama ini. Pokoknya digambarin suci banget lah ini karakter. Mungkin karena itu juga pakaiannya putih-putih terus.

JUN SUK HO AS CHO BEOM PAL. Nggak nyangka sih kalau dia bakal jadi karakter yang bertahan lama sampai akhir karena lawak banget kan dia, mana kerjaan nya ngumpet mulu di belakang Seobi. Kayanya dia jadi the only one from klan Cho yang dukung Lee Chang deh. Supporter karakter yang at some point you need him in their life. Lol, harus lihat perjuangan doi gimana bisa survive sampai akhir sih.

PARK BYUNG EUN AS MIN CHI ROK. Menjabat sebagai Komandan Kerajaan, Min Chi Rok jadi karakter baru di season 2. Ia bertugas mengungkap kebohongan Ratu Cho perihal kehamilannya. Doi selangkah lagi berhasil mendapat bukti, sayangnya keburu ketangkep sama Cho Hak Ju. Makanya doi terancam hukuman mati sekeluarga.

KIM TAE HOON AS LEE KANG YOON. Menjabat sebagai Pemimpin Tentara Kerajaan yang ikut menemani Cho Hak Ju melakukan perjalanan ke Mungyeong Saejae. Ia dan pasukan nya menyaksikan matinya Raja yang (katanya Cho Hak Ju) dibunuh oleh Pangeran Lee Chang. Tapi Lee Kang Yoon dan pasukannya memutuskan untuk mendukung Lee Chang setelah melihat bukti jurnal kesehatan yang ditulis Lee Seung Hui.


DRAMA REVIEW

Nggak kecewa sama sekali sama endingnya malah kaya wow bisa juga nih, masuk akal juga keputusannya. Anyway, nggak mau spoiler endingnya gimana tapi kemungkinan bakal banyak spoiler adegannya. Jadi kalau nggak mau tahu mending jangan dibaca tulisan ini. Lol

Perjalanan Lee Chang setelah menyelamatkan penduduk nya di Sangju sebenernya belum berakhir, karena ini drama kolosal, politik kerajaan juga harus muncul buat masalah di season ini. Yep masih inget villain season lalu? Klan Cho yang dipimpin Cho Hak Ju ini masih mengancam keberlangsungan hidup Lee Chang.

Tapi kali ini Lee Chang nggak sembunyi-sembunyi melawan Cho Hak Ju. Alias doi siap merebut kembali tahtanya lagi demi keberlangsungan hidup para rakyatnya. Bersama dengan pasukan khususnya, Lee Chang berlari menuju Mungyeong Saejae karena mengetahui Cho Hak Ju berada disana despite pasukan kerajaan jumlahnya ratusan orang, nggak menghalangi keberanian Lee Chang buat ngebunuh Cho Hak Ju.

Cho Hak Ju? Stay chill karena doi menjamin dirinya pasti bakal menang. Soalnya doi udah tahu soal penyakit zombie itu sejak 3 tahun lalu, Putra Mahkota keturunan klan Cho akan segera lahir pula. Ah sama rencana dia yang mempertemukan Raja dan Pangeran di satu tempat. Tapi you know lah keadaan Raja gimana. Dan didepan semua orang, drama buatan Cho Hak Ju berjalan sesuai rencana. Fix Lee Chang disebut pengkhianat karena membunuh Raja. Bisa banget emang Cho Hak Ju aktingnya.

Keesokannya pas mau balik ke Hanyang, malah dapet surprise dong Cho Hak Ju. Doi diserang sama pasukan khusus Lee Chang yang sebenernya punya dendam kesumat sama doi. Sayangnya gagal, but in a flash, dapet surprise lagi karena doi malah digigit sama mayat hidup nya Ahn Hyun. Iya Ahn Hyun kemarin mati, gegara Cho Hak Ju juga. Dibalas dan berakhir pasukan kerajaan yang dibawa Cho Hak Ju jadi berpihak ke Lee Chang.

Cho Hak Ju? Sedang sekarat, tapi gitu deh akhirnya dia survive dengan ngorbanin orang lain. Ngeselin nya doi selamat sampai ke Hanyang dan sembuh alias mendingan lah diobatin sama Seobi. Seobinya emang sekalian riset obat penawar gitu dan berhasil.

Di Hanyang, kabar kelahiran putra mahkota bikin heboh istana karena udah sukses nih akhirnya punya alasan buat menurunkan jabatan Lee Chang. Cho Hak Ju juga udah happy nih kayanya bahkan ngebelain Ratu Cho waktu difitnah katanya bukan lahir dari rahim Ratu Cho. Lalu terjadilah plot twist yang tidak disangka-sangka, nggak mau spoiler nanti jadi nggak seru.

Ratu Cho akhirnya ngaku-ngaku deh naik tahta soalnya Putra Mahkota dia baru lahir kan. Happy banget nih doi like I’m so proud I’m winner kerja keras membohongi semua orang akhirnya terbalaskan. Tapi kayanya cuma beberapa jam karena ternyata Lee Chang udah sampai Hanyang wow gercep banget emang Pangeran kita yang satu ini.

Reuni lah itu ibu-anak-dan adik tiri bilangnya. Lee Chang udah memohon ke Ratu Cho suruh turun tahta lo tuh nggak bisa memimpin kerajaan, udah bubar klan Cho, pengawal kerajaan juga pada diluar tadi Lee Chang bohongin juga. Tapi kan Ratu Cho nggak gitu nurut ya, kalau kata Cho Hak Ju aslinya Ratu Cho tuh bodoh gitu. Bener aja, Ratu Cho mengeluarkan senjata terakhirnya. Tebak apa?

Benar. Zombie! Yang ada di penjara istana Ratu dikeluarin sama dia. Sekarang gantian deh wabahnya yang menyebar di Hanyang, Lee Chang dan pendukungnya? Mati-matian menyelamatkan diri. Untungnya pintu masuk keluar istana udah ditutup duluan jadi wabah penyakit nya cuma di dalem istana aja. Cuma ya itu tadi, the one deserve the throne malah terjebak disitu. Kalian bisa tebak lah survive apa nggak, tapi sumpah bagian ini seru banget!

Nggak sampai situ aja karena sebenernya masih ada post-credit scene bertahun-tahun kemudian, dilihatin deh suasana di istana gimana, sampai penerus tahta yang baru siapa. Dan disinilah kebingungan muncul karena ada karakter baru yang nggak lo duga.

DETAILS 

Title: Kingdom 2
Episodes: 6 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 18+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea