Review Drama Korea: Hospital Playlist (2020)

Akhirnya yang paling ditunggu-tunggu tahun ini selesai juga. Tapi nggak bisa tenang juga karena masih harus nunggu season 2 nya juga. If you know what I’m talking about, yep ini drama baru sutradara Shin Won Ho. Kali ini dia kembali lagi bekerja sama dengan penulis Lee Woo Jung untuk memproduksi drama Hospital Playlist. Yang nungguin banget karya baru bapak sutradara slice of life favorit mana suaranya?


SYNOPSIS BY ME

Bercerita tentang kehidupan di rumah sakit. Fokusnya adalah kehidupan 5 dokter spesialis berbeda di usia 40an yang bersahabat sejak kuliah, mereka adalah Chae Song Hwa, Lee Ik Jun, Kim Jun Wan, Ahn Jeong Won, dan Yang Seok Hyung. Kini mereka bertemu kembali dengan bekerja di rumah sakit yang sama.


THE CHARACTERS

JEON MI DO AS CHAE SONG HWA. Chae Song Hwa adalah seorang dokter spesialis bedah saraf. Ia merupakan pillar grup ini. Menjadi wanita satu-satunya bikin dia yang paling reliable kalau urusan perasaan, nggak juga sih. But she is definitely perfect character yang baik, suka menolong, dan pintar di waktu yang sama. I think she only has one weakness, yaitu nggak bisa baca not lagu, alias doi buta nada. Hobinya camping di sela-sela kesibukannya sebagai dokter.

JO JUNG SUK AS LEE IK JUN. Lee Ik Jun, dokter spesialis bedah umum. Orangnya supel dan populer banget, bahkan dari jaman sekolah dulu (testimoni oleh Kim Jung Wan). Doi bisa dibilang insider, kalau jaman sekarang. Hobinya ngobrol sama orang dan ngedance di club waktu masih muda. Tapi doi juga pintar loh, buktinya nilai dia selalu jadi yang paling tinggi seangkatan. Berasal dari Changwon, kini Lee Ik Jun tinggal bersama putranya, Lee Woo Joo.

YOO YEON SEOK AS AHN JEONG WON. Jeong Won adalah dokter spesialis anak. Lumayan jarang sebenernya dokter spesialis anak tuh. Orangnya baik sama semua orang sampai disangka agamanya Budha. Padahal mah kalau didepan sahabatnya, Jeong Won yang paling emosian. Ahn Jeong Won adalah anak bungsu dari keluarga Ahn, pemilik rumah sakit Yulje. Ia memiliki 4 kakak, keempatnya merupakan pendeta dan biarawati. Ahn Jeong Won sendiri berniat untuk mendaftar sebagai pendeta tapi dilarang oleh ibunya.

JUNG KYUNG HO AS KIM JUN WAN. Kim Jun Wan adalah dokter spesialis bedah torakoplastik. Bisa dibilang doi adalah salah satu ahli bedah terbaik di bidangnya. Tapi ya gitu, sifatnya bisa dibilang agak nggak manusiawi? Terlepas Kim Jun Wan yang hobinya marah-marah dan berusaha rasional di setiap keputusannya sebagai dokter, dia juga sering gonta-ganti pacar. Not in a bad way, tapi Jung Wan jarang punya hubungan yang lama. Ah, Jung Wan juga berasal dari Changwon kaya Lee Ik Jun.

KIM DAE MYUNG AS YANG SEOK HYUNG. Yang Seok Hyung merupakan dokter spesialis kebidanan dan ginekologi. Kebalikan dari Ik Jun, Seok Hyung adalah outsider. Hobinya mengasingkan diri dari dunia dan lebih memilih berkutat dengan tv nya, nonton New Journey to the West. Julukannya beruang oleh residen Chu Min Ha. Hubungan keluarganya rumit, termasuk status nya yang sudah bercerai.

DRAMA REVIEW 

Nggak usah diragukan lagi lah ya karya Shin Won Ho-Lee Woo Jung pasti bakal jadi favorit gue sejak Reply Series gue tonton. Dan of course Hospital Playlist masuk list drama slice of life favorit gue juga. Mana kali ini background pekerjaan nya adalah rumah sakit, cerita saksi bisu hidup dan mati orang-orang yang nggak kita tahu, tapi bisa dikemas sebaik dan sekeren itu sama tim produksi!

What I love from this drama, karena bakal dibagi menjadi 2 season alias nge-hype-in nya bakal lebih lama dong. Ceritanya bagus-bagus disetiap episodenya, penjelasan kelima karakter utama dari background keluarga sampai sifatnya dipikirin se-detail itu. Respect deh sama Lee Woo Jung, bayangin riset nya kaya apa. Jadi wajar banget kan kalau harus nunggu seminggu sekali dan setahun kemudian buat season baru nya. Yep, kudu sabar tapi puas sih karena sesuka itu.

Selain kedua orang di belakang layar yang gue sebutin tadi (jarang banget bahkan kita bahas sutradara dan penulis skenario nya kan). Deretan main cast-nya yang nggak kaleng-kaleng kalian semua pasti tahu track record para pemainnya. Meet them: Jo Jung Seok, Jeon Mi Do, Yoo Yeon Seok, Kim Dae Myung, Jung Kyung Ho. Buat kebanyakan orang, Jeon Mi Do mungkin terasa unfamiliar, tapi track record dia ternyata ada di musikal, yang mana kalau kalian tahu artis musikal itu kualitas aktingnya lebih-lebih wow.

Jadi bayangin kesabaran gue dari teaser, drama rilis, plus sekarang lagi nungguin season 2 nya kaya apa. Update: Shin Won Ho merilis behind the scene Hospital Playlist dari audisi sampai episode terakhir di channel Fullmoon nya Na Young Seok.

It start how they finally get back together as five. Dimulai dari Jung Wan dan Jeong Won yang satu kantor, Song Hwa sudah bekerja di Yulje, Seok Hyung yang masih liburan setelah dan belum ingin bekerja, dan Ik Jun yang muncul dengan helm menempel di kepala. Mereka bertemu karena satu hal juga sih: ayahnya Jeong Won meninggal. Ketiga temannya bahkan nggak tahu bapak Jeong Won tuh yang punya Yulje, emang dasar anak golden spoon.

Otomatis terbesit pertanyaan ini dong: jadi siapa nih yang bakal ngurusin Yulje? Jeongwon kah? While para petinggi rumah sakit juga dateng ngelayat. Pas bagian ini awalnya nggak percaya, masa iya politik kantor. Bener di prank dong kita, Jeong Won semalaikat dan secerdik itu. Kalian harus coba nonton episode pertama dulu guys! Karena inilah alasan mereka bisa satu kantor lagi. Mereka direkrut Jeong Won untuk handle pasien VIP Yulje, dengan iming-iming gaji naik 2 kali lipat. Ketiganya langsung mengiyakan dong! Kecuali Seok Hyung (another golden spoon), doi request buat dibikinin band. Dengan segala cara, Jeong Won berhasil merekrut Seok Hyung. And that’s how their journey begin together.

DETAILS

Title: Hospital Playlist
Episodes: 12 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea