Review Drama Korea: Extracurricular (2020)

Drama dengan tema youth atau teenager gitu sebenernya udah sering ya kita jumpai, bahkan yang terkenal pun banyak kalau disebutin. Tapi beda sama drama ini karena sekreatif itu POV nya. Buat kalian yang nyari drama anak muda dengan genre nggak biasa. Coba baca review ini dulu.


SYNOPSIS BY ME

Oh Ji Soo sebenernya pintar dalam bidang akademik dan nggak neko neko banget deh anaknya. Tapi ia harus menghidupi dirinya sendiri dengan cara yang bisa dibilang nggak biasa dan kreatif di waktu yang sama? Tapi karena sedikit kesalahan, usaha kreatif nya ini bikin dia harus terjebak dalam dunia kriminal yang akhirnya juga melibatkan kedua teman sekolah nya, Bae Gyu Ri dan Seo Min Hee.


DRAMA REVIEW

Ini drama netflix originals dan cuma berdurasi 10 episode jadi nggak butuh waktu lama buat maraton sih. Awalnya keren nih wow out of the box juga usaha bisnis Jisoo yang memanfaatkan sumber daya manusia yang ada. Tapi tentu tidak seindah itu ferguso. Judulnya aja udah extra jadi ya ternyata tanggung jawab nya yang kudu extra.

Membuka mata bahwa transaksi jual beli budak seks itu beneran terjadi all the time. Demand nya beneran ada dan ya sebagai pekerja seks yang didominasi perempuan, Jisoo melihat peluang tersebut untuk membuat bisnis usaha baru. Lumayan lah daripada harus part time yang gaji perjam nya nggak seberapa.

Mungkin terkesan wow, tapi ternyata Jisoo masih anak-anak dibawah umur yang clueless sama kehidupan sih bisa dibilang. Termasuk ketika dia baru aja coba pesan kopi di kafe pertama kali. Kejadian dia kehilangan seluruh tabungan nya dan dipaksa orang dewasa untuk seriusin usaha bisnis dia. Emang dari awal pilihan dia untuk buka bisnis udah salah sih.

Akhirnya? Keteteran lah dia, dan menurut gue salah juga dia partneran sama Bae Gyu Ri yang gue yakini dia tuh punya niat tersendiri, bener kan di ending dia cuma mau kabur dari orang tua nya doang dan bisa dibilang dia manfaatin kepolosan Jisoo dengan baik. Please note, jangan ngarepin romance di drama ini karena nggak masuk genre nya.

Klimaks ketika menjelang selesai nih konflik nya, nambah konflik baru yang nambah korban dan jadi bikin runyam hidup Jisoo yang tadinya mungkin menurut dia akan baik-baik saja ternyata tidak. Well karena udah kejadian, mau gimana kan.

Tapi yep drama ini sukses membagikan pesan bahwa anak-anak sekolah ini harus dilindungi dari kejahatan sosial yang dilakuin orang dewasa, yaitu perdagangan seks. Walaupun kenakalan anak remaja di drama ini digambarin secara explicit, gue yakin maksud mereka untuk ngingetin kita sebagai penonton untuk jadi lebih bijak sebagai orang dewasa sih.

Btw ending nya kalian harus siap-siap sabar karena jadinya open ending gitu. Lol

DETAILS

Title: Extracurricular
Episodes: 10 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea