Review Drama Korea: Itaewon Class (2020)

Bingung banget sama review bulan ini, tapi jadinya review drama ini aja karena gue belum pernah ngomongin ini sama sekali kan. Populer waktu tayang langsung di negaranya karena available di Netflix juga. Untuk kamu, this drama is good choice untuk menemani kebosanan lo selama di rumah akhir-akhir ini.


SYNOPSIS BY ME

Park Saeroyi adalah seorang yang disiplin dan memegang teguh prinsip. Setelah kematian ayahnya dan hidup nya seperti hancur, ia berencana untuk balas dendam. Yep ini adalah cerita rencana perjalanan hidup Park Saeroyi selama 15 tahun untuk membalas dendam kepada pemilik perusahaan Jangga, Jang Dae Hee sekaligus anaknya, Jang Geun Won.


DRAMA REVIEW

Rencana Saeroyi emang terdengar mustahil buat sebagian orang nggak sih, apalagi kalo ini terjadi in real life. Tapi setidaknya drama ini ngasih banyak pesan moral yang relatable ke banyak orang tentang memanusiakan manusia.

Selain sifat Saeroyi yang nggak pernah berubah dari awal digambarin pas masih sekolah, disiplin dan memegang teguh prinsip. Kita bisa lihat perkembangan karakternya seiring bertambahnya episode. I love his mindset juga sih at the same time. Beneran definisi kerja keras sebanding dengan hasil.
Walaupun niat awalnya mau balas dendam, ini tuh terlalu bagus untuk bilang balas dendam. Tujuan akhirnya jelas ya, menjadi sukses dan kaya, instead misal menghancurkan Jangga in bad way. Justru villain drama ini, pemilik perusahaan Jangga yang menurut gue salah memilih lawan dengan karakter kaya Saeroyi. Dari awal masalah Jang Geun Won dan Saeroyi berantem udah kalah telak sih Jangga ini karena salah milih lawan.

Menurut gue juga, Saeroyi tuh beruntung bisa dikelilingi orang orang kaya Sooah dan Jo Yiseo yang support sifat dia. Emang circle lingkungan juga jadi faktor eksternal keputusan keputusan Saeroyi ya kalau dilihat lihat.

Buat kamu yang ngerasa bosen di 2 episode awal, tahan dulu ya. Itu penjelasan masa lalu ngaruh banget sih buat tahu rencana masa depan Saeroyi yang bisa sampai 15 tahun. Alasan kuat kenapa Saeroyi bisa sebegitunya bertahan dan bulat-bulat ngejalanin rencana di 7 tahun pertama sampai berhasil membuka bar pertama dia di Itaewon. Ekspresi gue adalah ekspresi Sooah yang nggak nyangka kalau Saeroyi beneran 7 tahun kemudian buka bar di Itaewon.

Bayangin deh jadi Sooah yang notabene nya karyawan Jangga, dia tuh nggak bohong ketika panik tapi tetap chill di depan Jang Dae Hee pas ditanya Saeroyi bakal mengancam Jangga apa nggak. Jadi menurut gue sebenernya Sooah nggak sepenuhnya egois, ada sih part annoying dia. Tapi gue ingat kalo doi adalah penyelamat Saeroyi in his lowest point waktu itu.

Baru deh di episode episode berikutnya, makin seru soalnya Jo Yiseo adalah kunci hidup jalan kesuksesan Saeroyi dan Danbam. Walaupun karakter Yiseo digambarin sebagai seorang sociopat, doi masih punya hati buat jatuh cinta ke Saeroyi dan willing to help his revenge. Lebih pas lagi karena Yiseo latar belakang nya jago marketing. Bisa juga pemilihan waktu yang serba digital, one point yang sekarang emang serba viral if you choose the right influencer.

Oh, jangan lupa kalian harus perhatiin POV dari para villain nya, orang-orang perusahaan Jangga. Nggak bohong sih ketika mereka panik karena saingan baru muncul dan Danbam berkembang sangat pesat. Udah gue bilang Jang Dae Hee salah pilih lawan sejak pertama kali doi nyuruh Saeroyi minta maaf dan malah ngusir bapaknya. Salah juga kayanya dia dari awal punya anak Jang Geun Won, dan masih menaruh harap ke Jang Geun Soo pula. Salah emang hidup dia yang nganggep bawahannya adalah anjing penjaga. Definisi villain dengan karakter yang mirip bos lo nggak? Lol

Yang bikin gue kecewa dari drama ini cuma satu, love story nya Saeroyi yang dipaksa banget sama Yiseo menjelang drama ini selesai. Karena udah mulai sampai goals nya kali ya, mulai bingung sama penutup nya gimana. Jadilah yang dibahas love line nya. Mungkin yang ngeship mereka juga kecewa karena scene nya sedikit? Jadi emang porsi nanggung gitu loh.

Kesimpulannya, ini rekomen banget kalau kamu lagi burn out dan ngerasa nggak punya semangat akhir-akhir ini apalagi perkara pandemi yang nggak tahu kapan berakhirnya. Hiks

DETAILS

Title: Itaewon Class
Episodes: 16 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 16+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea