Review Series Thailand: Bad Genius the Series (2020)


Tahu film thailand yang sukses banget di tahun 2017 berjudul “Bad Genius”? Kalau iya, kalian harus tahu bahwa pas 2020 dibikin versi drama series nya berjudul “Bad Genius the Series”. Please note: don’t expect too high. Nanti malah dibanding-bandingin, kaya yang gue lakukan.

Sedikit review soal versi filmnya, bagus banget. Gue sampai re-watch berkali kali karena senang dengan sensasi ketegangan nya pas menyontek. Ngaku deh kalian waktu masih sekolah pernah nyontek kan? Samaan. Nah karena filmnya berasa pendek, apalagi after kejadian di sydney nggak ada apa apa lagi kan. Di series beda! Masih ada kelanjutannya dan yang ini nggak kalah bikin tegang *spoiler alert*

Another notes, pemeran karakternya beda sama versi film ya. Jadi emang remake ke series instead of jadi spin-off, so nggak ada kaitannya sama sekali sama filmnya. Now, let’s talk about the series.


SYNOPSIS BY ME

Dimulai dari perkenalan karakter utama, Lynn, seorang siswi jenius yang selalu rutin dapat beasiswa. Pas masuk SMA juga demikian, kepala sekolahnya personally nawarin Lynn beasiswa di sekolahnya. Btw fasilitas sekolah nya top rated gitu, keliatan juga dari siswa-siswi nya yang tajir sih. Di sekolah, Lynn kenalan sama Grace, teman sekelasnya, berakhir jadi bestie banget. You know how they become bestie btw, iya Lynn suka ngasih contekan ke Grace.

So, it start from here. Grace yang tiba-tiba nilainya jadi bagus ngenalin Lynn ke Pat, pacar Grace. Pat, yang tahu kalau Grace dikasih contekan sama Lynn menawarkan kerjasama. Yep, Pat willing to pay Lynn’s exam paper alias Pat mau bayar Lynn kalau mau ngasih contekan ke dia. Katanya mah anggap aja freelance. Lynn tadinya mikir-mikir dulu, tapi kalau ditolak kelar dong series nya. Jadi ya kamu tahu kemana arah ceritanya.

Lalu berbagai ketegangan pas ujian ini dimulai.


SERIES REVIEW

Personally, gue suka banget ketegangan versi filmnya. Begitupun dengan series nya walaupun di episode-episode awal kalian sudah bisa membayangkan bagaimana cara Lynn kasih contekan ke klien-nya. Belum lagi ketambahan cerita lebih mendalam tentang karakter utamanya

We know cheating is a bad thing. Gimanapun caranya, termasuk how fancy sistem yang Lynn buat, karena hasilnya, at the end of the story, regrets, dan segala bentuk kesialan yang harus dibayar is coming. Masalahnya, Lynn dkk nih tahu resikonya, tapi gas aja lah. Anggap aja belajar cari uang, gitu.

Di series kita juga dikasih deep story karakternya, yang paling ngena itu pas bagian Bank sih, anak beasiswa lain yang berujung jadi partner in crime Lynn dalam mengerjakan soal ujian. Btw, Bank ini kan karakternya emang anti-cheating banget ya (di film maupun di series). Nah di series diceritain lah kenapa sih Bank yang anti banget bisa berubah 180 derajat, apalagi setelah kejadian di sydney.

Lynn sebagai karakter utama malah menurut gue nggak terlalu menonjol, entah Bank yang scene stealer banget. But don’t forget how smart Lynn was. Gitu gitu doi adalah the main reason bisnis nyontek-menyontek ini berhasil. Ya iya kalau nggak ada doi, nggak ada tuh nilai-nilai bagus tanpa belajar buat Grace, Pat, dan siapapun yang nyewa jasanya.

Grace dan Pat, ini dua orang terlalu lucky untuk bertemu Lynn. Oh ya, mereka actually facing their hardship as a couple, not only to maintain their grade to satisfy their parents. Tapi ada konflik lain diantara keduanya yang menurut gue, mayan lah buat selingan cerita nyontek-menyontek. Karena gue juga mikir gimana ngebreak sebuah film ke dalam 12 episode series berdurasi 60 menit setiap episode nya.

Oh iya, my favorite parts actually was the last 4 episode, ini kejadiannya setelah mereka selesai ngerjain ujian di sydney (yang mana nggak ada di film). Ceritanya di Thailand itu juga punya ujian nasional gitu (lupa deh tes masuk universitas atau ujian nasional). Nah otomatis, kliennya udah level nasional gitu, but kalian harus tahu otak dibalik itu semua adalah….. *spoiler*

DETAILS

Title: Bad Genius the Series
Episodes: 12 Episode
Country: Thailand
Genre: Crime, Drama, Thriller
Rating: 15+
Available on: weTV Indonesia
Star Review by Me: ★★★★★

Post a Comment

A Journal and Tea