Review Series Thailand: The Gifted (2018)


Ketemu series ini karena ada yang merekomendasikan di twitter. Kebetulan juga diriku baru saja terjun ke series-series Thailand. Baru nonton hormones sih, tapi ketagihan, alhasil sedang mencari-cari yang bagus terus ketemu ini. Mindblowing parah! The Gifted adalah series thailand yang diangkat dari short film 2015 dan novel dengan judul yang sama, karya dari Dhammarong Sermrittirong. Menceritakan point of view Pang, seorang siswa dari kelas rendah yang pindah ke program kelas elit bernama “Class Gifted”.

Kalau kamu masih ragu, coba nonton trailer nya dulu. Gue sih otomatis langsung yes karena genre nya supernatural.


SYNOPSIS BY ME 

Bercerita tentang Pang, dan sistem di sekolahnya yang memisahkan 1 angkatan menjadi 8 kelas. Kelas nya pun berurutan, kelas dengan siswa-siswi pintar dan terbaik ditaruh di kelas pertama dan kelas ke delapan menjadi yang tidak favorit dan rendahan. Nggak hanya itu, sistem dan fasilitas yang disediakan sekolahnya pun pilih kasih, seperti koneksi wifi, jam istirahat, kamar mandi, sampai kamar di asrama juga beda privilege-nya. Tapi diantara 8 kelas tadi, masih ada kelas dengan tingkat privilege terbaik bernama “Class Gifted”. Yang bisa masuk kelas ini pun hanya sedikit dan diseleksi melalui placement exam di kelas 10.


SERIES REVIEW

KEREN! PARAH! Ampe kebawa mimpi, nggak deng. Lebih ke kaya kok bisa kepikiran superpower nya yang nggak pakai effect kaya di hollywood, cukup dengan teknik pengambilan kamera aja. Agak drama, tapi sukses membawa penonton ingin terjun ke dalam ceritanya. Mungkin agak underrated untuk beberapa orang karena belum tentu nonton film thailand kan, apalagi series.

Kalau kamu lagi jenuh sama drama-drama korea atau series hollywood, series ini bisa jadi angin segar, apalagi buat kamu yang suka genre supernatural. Pemilihan background tentang anak sekolah juga nggak kalah diperhitungkan, mengingat umur-umur itu adalah waktu kita lagi mencari jati diri kita sendiri. Nah samaan nih sama anak-anak class gifted.

Ohiya kalian bisa nonton short film nya di youtube.


Pang, yang notabene nya siswa dari kelas 8 ditantang oleh Wave, salah seorang jenius matematika dan komputer dari kelas 1 buat masuk class gifted. Ini bermula karena insiden di kantin sekolah tempo hari, yang membuat Pang dan Nac, roommate Pang di asrama dan juga siswa di kelas 1, menerima tantangan tersebut. Masalahnya, Pang nggak percaya diri bisa masuk kelas itu. Nac nggak nyerah, dia malah ngide buat nyuri kertas soal dan ngasih kunci jawaban yang dia buat ke Pang. Buat ngebuktiin ke Wave kalau mereka berdua mampu masuk class gifted.

Plot twist pas pengumuman, Pang keterima, sedangkan Nac nggak. Dari sini, makin-makin lah ada gap karena status sosial mereka berubah drastis. Ohiya btw di sekolah ini, mereka pakai pin badge sebagai identitas mereka di sekolah, terutama buat menikmati privilege yang ada. Of course, dengan pin badge class gifted, kasta Pang langsung naik walaupun doi juga masih stay di kelas 8. Disini kita diperlihatkan bahwa sistem kelas dan fasilitas yang pilih kasih secara nggak langsung bermasalah.

Pertanyaan muncul kenapa Pang masih di kelas 8 tapi bisa punya privilege class gifted. Class gifted ini ternyata kelas tambahan setelah kelas utama mereka selesai. Dan disinilah semuanya dimulai.

Class gifted adalah kelas tambahan untuk membangunkan potensial mereka, potensial kekuatan super yang membuat mereka jadi luar biasa.

Jadi ini kenapa penyebab sistem sekolahnya dibuat sedemikian pilih kasihnya?

Lalu kamu akan kembali bertanya-tanya dan lanjut ke episode berikutnya.

Sambil menyelam minum air, kita lupakan sedikit pertanyaannya dan kembali ke class gifted itu sendiri. Selain mempertanyakan sistem, kita akan disuguhi jawabannya perlahan selama menonton. Anak-anak class gifted pun demikian, di kelas ini mereka mencari jawaban potensial mereka masing-masing. Di setiap episode, kita akan melihat cause-effect dari masing-masing anak. Lewat setiap episode inilah, kita menemukan jawaban tak langsung dengan tidak adilnya sistem sekolah itu sendiri. Menurut saya, ketidak adilan inilah yang membuat beberapa anak di kelas ini, yang berpikir demikian, mencari cara untuk membuat keadilan untuk semua siswa di sekolah tersebut. Puncak jawaban yang kita nanti nanti adalah saat ujian tengah semester yang ala-ala sherlock gitu.

After all, mereka semua cuma anak sekolah, masih polos, masih lucu, dan masih punya banyak rasa penasaran, yang mana orang-orang dewasa di series ini juga punya peran penting dalam perkembangan mereka. Terlebih dengan kekuatan super para karakternya.

Please note, akan ada plot twist yang nggak terduga setelah ujian tengah semester, menyebabkan kita sebagai penonton mempertanyakan kembali alasan sistem di sekolah ini dibuat. Mungkin awalnya untuk melindungi class gifted dan semua yang berhubungan dengan mereka. Tapi apakah itu alasan sebenarnya. Semua makin nggak masuk akal ketika ada rahasia yang berusaha ditutupi oleh orang-orang dibalik class gifted itu sendiri. Makanya tbh, gue sangat merekomendasikan ini series.

DETAILS

Title: The Gifted
Episodes: 13 Episode
Country: Thailand
Genre: Thriller, Mystery, Supernatural
Rating: 13+
Available on: Youtube, weTV Indonesia
Star Review by Me: ★★★★★

Post a Comment

A Journal and Tea