Review Drama Korea: All of Us Are Dead (2022)

Ketemu drama dengan vibes yang sama seperti tulisan bulan lalu. Yep, drama netflix originals satu ini juga membawa tema yang sama yaitu zombie. Kali ini dengan latar tempat berbeda karena di sekolah, otomatis para survivor di drama ini mostly siswa-siswi sekolah. Can you imagine lagi asik istirahat terus serangan zombie muncul? Ini nih yang dirasain Cheongsan dan teman-teman sekelasnya.


SYNOPSIS BY ME

Salah seorang guru melakukan eksperimen gagal di lab sains dan berakhir menciptakan penyakit zombie di sekolah. Para survivor yang kebanyakan siswa-siswi di sekolah tersebut berakhir mencari cara bertahan hidup meskipun tanpa makanan dan air untuk bisa keluar dari sekolah. Kira-kira bakal survive nggak ya para siswa-siswi ini?


DRAMA REVIEW

12 episode drama ini bisa dibilang terasa cepat ataupun lambat disaat bersamaan. Cepat karena korban berjatuhan terus muncul seiringan percobaan mereka untuk hidup dari ruang ke ruang kelas yang ada. Lambat menurut gue karena kalau dipikir-pikir mereka nggak sampai seminggu loh bertahan di sekolah sampai akhirnya keluar gedung.

Nggak seperti Happiness atau Kingdom yang durasi waktu nya lama untuk survive, All of Us Are Dead beda timeline nya. Bagaimana pemerintah menghadapi penyebaran penyakit ini bisa dibilang cepat juga, dari mencari penyebab penyakit sampai keputusan terakhir untuk menyelamatkan daerah yang belum terinfeksi. Makanya durasi siswa-siswi ini survive mah sebenernya nggak lama-lama banget. Dalam sehari aja mereka bisa beberapa kali pindah dari satu ruang ke ruang lain, I mean nggak butuh waktu semalaman buat mereka bertahan di satu tempat.

Mungkin karena celotehan Namra juga kalau daya tahan manusia itu ya maksimal 3 hari tanpa air. Yep, disini mereka barely survive karena nggak makan sama sekali. Tapi dari sini kita juga belajar soal hal-hal emergency untuk survival kaya misal, bikin toilet dadakan dari hal yang ada. Well, bisa lah dipetik adegannya. Oh sama senjata-senjata untuk melawan para zombie ini, bisa pakai jendela dan pintu juga ternyata.

Yang sedih menurut gue ketika harus melawan sesama teman sekolah yang bisa aja kan lo kenal dekat banget eh malah terinfeksi, jadi dengan sangat terpaksa harus meninggalkan teman-teman untuk bisa survive. Last minute pas para siswa-siswi ini udah mulai bisa keluar dari gedung sekolah tapi masih makan korban, perih help adegannya jadi makin bikin sedih. -spoiler-

Beda banget sama happiness yang mana orang dewasa nya egois-egois banget heuh kalau inget juga bikin emosi lagi. Ah, disini juga ada karakter orang-orang dewasa egois tapi nggak banyak. Hayo tebak peran siapa?

Walaupun ini drama tentang survival mode, kita masih dikasih pengalihan sedikit lah dari sisi youth romance nya, antara Namra-Suhyeok dan Onjo-Cheongsan yang setidaknya nggak melulu soal zombie. Porsinya cukup lah kalau menurut gue. But adegan terakhir Cheongsan sungguh cringe gue ndak kuat.
Oh sama kalian harus nonton sampai habis karena keputusan akhir pemerintah melawan penyakit ini sangat berbeda dengan yang gue bayangkan. Mungkin karena pilihannya terbatas juga ya, belum seminggu aja udah menginfeksi satu kota.

Nah kalau kamu jadi siswa siswi sekolah dan berhadapan sama zombie, kalian kira-kira bakal jadi siapa?

DETAILS

Title: All of Us Are Dead
Episodes: 12 Episode
Country: South Korea
Available on: Netflix
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea