Film dan Drama Korea Bertema Zombie

Memutuskan untuk share tulisan ini karena sebelumnya beberapa kali gue review film dan drama korea bertema zombie dan lumayan banyak sih sampai gue menulis ini. Beberapa yang sudah gue tonton dirangkum jadi satu blogpost buat referensi kalian kalau lagi nyari drama atau film zombie. So check it out.


TRAIN TO BUSAN (2016)

Film bergenre horror-action ini sukses mencetak rekor penjualan tiket lebih dari 10 juta di tahun 2016. Dan jadi salah satu film zombie favorit gue. At first gue nggak nyangka akan memberanikan diri nonton film horor ke bioskop, I mean dulu kalo nonton film horor pasti kepaksa karena kalah menang suara (ok TMI). Tapi kali nggak dong, dan gue nggak nyesel beli tiket ke bioskop karena film nya sebagus itu

Seokwoo adalah seorang Fund Manager di perusahaan nya. Ia selalu sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama anaknya, Sua. Di hari ulang tahunnya Sua meminta ayahnya untuk mengantar Sua ke ibunya (yes, he is divorced) di Busan. Saat kereta yang ditumpangi mereka berangkat, seorang tak dikenal (dan bukan penumpang) masuk ke gerbong dan berubah menjadi zombie. Membuat seisi gerbong panik dan berlari untuk bertahan hidup. Nah kalian bisa tebak Sua dan Seokwoo bakal survive atau tidak?


PENINSULA (2020)

4 tahun setelah Train to Busan terjadi, Korea berubah menjadi negara zombie. Warga nya yang masih hidup sebagai manusia, barely survive dan banyak yang kabur ke luar negeri. Jung Seok dan Chul Min kini menetap di Hongkong, namun suatu hari keduanya direkrut mafia china untuk kembali ke Korea, mengambil uang cash puluhan juta dollar. Bersama 2 orang lainnya, mereka berempat berhasil mendarat di Korea. Tapi yang mereka hadapi sebenernya nggak cuma zombie ternyata.

Don’t expect the story too much karena nanti bakal kecewa kaya gue, karena ending nya menurut gue jadi agak… aneh? Situasi after-effect pandemi nya sih ngejelasin banget bahwa orang-orang akan tetap pada survival mode untuk waktu yang lama. Sama kaya yang dirasain sekarang ini nggak sih, post pandemic situation?


RAMPANT (2018)

Berlatar belakang waktu jaman Joseon, Lee Chung, adik Pangeran Mahkota yang berada di China kembali ke Joseon setelah mendapat surat wasiat dari kakaknya yang meninggal untuk menyelamatkan istri dan bayinya. Disaat yang sama, ancaman wabah penyakit zombie di Joseon dan juga kudeta yang dipimpin oleh Kim Ja Joon, Menteri Perang sedang terjadi. Belum lagi para rakyat yang meminta Lee Chung menjadi pemimpin baru Joseon. Sound complicated nggak tuh?

Menurut gue ini salah satu film zombie underrated karena gue nggak pernah dengar (atau kurang jauh gue baca artikelnya). Padahal pemeran utamanya Hyunbin. Seru sih di beberapa moment karena villain nya beneran hidup sampai mau tamat and he is annoying, rese banget deh kehadiran villain nya. Sama ini film nggak bikin deg-degan, entah karena Hyunbin larinya kecepetan atau zombie nya yang kelamaan lari soalnya beneran gampang banget itu para karakter kabur dan survive.


KINGDOM (2019)

Kalau jaman Joseon kena serangan zombie di film sangat tidak terasa karena dikejar waktu. You must watch drama ini aja karena bagus banget menegangkan nya dapet banget. Sepanjang nonton cuma berharap Pangeran Lee Chang bertahan sampai akhir episode (dan pasti survive dong). Dari awal teaser nya rilis di Netflix, asli nggak sabar banget. Dan bener aja, bagus dong! Belum lagi politik khas jaman Joseon yang unpreditable banget di bagian terakhir.

Menceritakan kehidupan Pangeran Lee Chang yang tidak bisa menjenguk ayahnya yang sedang sakit. Sang Raja hanya bisa ditemui oleh Ratu Cho dan Menteri Cho Hak Ju. Merasa ada yang janggal, Lee Chang mencari petunjuk di jurnal kesehatan Raja dan memutuskan untuk menemui tabib Lee Seung Hui, dokter yang merawat Raja selama sakit. Setelah sampai di Dongnae, Lee Chang dan pengawalnya tidak menemukan Lee Seung Hui, tapi bertemu dengan Seobi, seorang perawat di klinik Lee Seung Hui. Sementara itu penemuan mayat di klinik Lee Seung Hui berakhir dengan hancurnya Dongnae karena hampir seluruh warganya kini berubah menjadi zombie.


KINGDOM 2 (2020)

Akhirnya setelah setahun menunggu kelanjutan nasib Lee Chang dan supporter nya, bakal kelihatan titik terangnya. Masih inget ending di season 1 yang bikin penasaran itu nggak sih? Soalnya si zombie ini tetap bangun kan walau matahari udah terbit, karena ternyata Joseon masuk ke musim dingin. Mereka takut suhu bukan takut matahari. Kicep banget Pangeran plus warga Sangju kan. Tapi nggak sampai disitu aja alias mereka survive di perbatasan itu. Lo harus lihat gimana lanjutan perjuangan Pangeran Lee Chang yang berusaha mengambil kembali tahtanya while serangan zombie terjadi at the same time sih!

Pangeran Lee Chang dan warga Sangju berjuang sekuat tenaga melawan para zombie di perbatasan, dan berhasil bertahan untungnya. Berencana mengambil tahtanya kembali, Pangeran Lee Chang pergi kembali ke Hanyang bersama pasukannya. Sementara di Hanyang Ratu Cho sedang bersiap-siap untuk melahirkan anaknya, while Menteri Cho Hak Ju bersiap menghadang pasukan Lee Chang di Mungyeong Saejae. Bakal kaya gimana ya pertarungan merebut tahta ini, apa malah keduluan sama para zombie yang nggak kalah jadi pusat perhatian?


KINGDOM: ASHIN OF THE NORTH (2021)

Kalau kalian udah nonton ending Kingdom 2, selamat! Berarti kalian nggak perlu baca part ini karena kalian udah tapi bahwa Jun Ji Hyun makes appearance di episode terakhir yang mana kita sebagai audience bingung banget doi ini siapa, bakal ngapain, dan kenapa penampilannya kaya zombie nggak jadi gitu? Sungguh bikin bertanya-tanya, dan bisa dibilang jadi kaya spin-off nya Kingdom?

Kingdom: Ashin of the North mengambil latar waktu saat invasi Jepang terjadi dan menghancurkan wilayah selatan Joseon. Selain ancaman invasi Jepang, Joseon juga khawatir dengan suku Pajeowi di Utara yang terkenal agresif dan kini berkonsolidasi dengan orang Jurchen, yang dikenal dengan kemampuan bertempur mereka. Min Chi Rok sebagai respresantif Joseon meminta tolong kepada Tahab, salah satu orang kepercayaan dari suku Seonjeoyain untuk memata-matai Pajeowi. Anak Tahab, Ashin, lebih peduli dengan keadaan ibunya yang sekarat, ia bilang ke ayahnya tentang tanaman yang dapat menyembuhkan orang sakit. Ayahnya tidak begitu peduli sehingga Ashin memutuskan untuk pergi mencari tanaman itu sendiri. Sementara ia pergi, hal buruk terjadi menimpa orang-orang Seonjeoyain. Ashin, yang tidak terima dengan apa yang terjadi memutuskan untuk balas dendam kepada orang yang membuat orang-orangnya mati.


ALIVE (2020)

Film yang nggak terlalu dinanti but somehow karena gue menikmati horor tentang zombie jadi otomatis harus nonton ini sih. Masih tentang cara gimana survive menghadapi wabah zombie. Kali ini karakternya dibuat tinggal sendirian di apartemen dan berusaha bertahan hingga bantuan dari luar datang. Awalnya masih santai (dan panik) sampai akhirnya sumber internet dan listrik putus. Chaos sih.

Oh Joon Woo tinggal sendirian di apartemen nya saat outbreak zombie mulai terjadi. Ia mengabari kedua orang tuanya bahwa ia selamat dan aman di apartemen. Menunggu ada pertolongan dari pemerintah, Joon Woo berusaha survive di rumahnya hingga koneksi internet dan listrik terputus. Untuk waktu yang lama, Joon Woo bertahan hingga sesaat koneksi internet dan listrik hidup kembali, ia mendengar voicenote dari keluarganya, menandakan mereka tidak selamat. Terpuruk karena kabar keluarga, Joon Woo memutuskan untuk bunuh diri, tapi rencananya gagal ketika Kim Yoo Bin, another survivor yang tinggal di seberang apartemennya menghalangi. Mereka pun bekerja sama untuk keluar dari apartemen dan mencari pertolongan.


HAPPINESS (2021)

Jangan tergoda sama judulnya ya karena nggak ada happy-happy nya ini cerita yang ada emosi sepanjang nonton. Bukan karena geregetan saat pertarungan melawan zombie, tapi pas ngelawan keegoisan para penghuni apartemen yang tinggal karena mereka mau bertahan hidup aja sendiri, orang lain aja yang berkorban, gue nggak, gitu. Banyak-banyak istigfar deh nontonnya. Oh sama kedua karakter utama visual (dan aktingnya) yang nggak perlu diragukan.

Bercerita tentang Yoon Sae Bom dan Jung Yi Hyun yang bersahabat sejak SMA karena suatu kejadian. Di waktu pasca pandemi, the new normal, penyakit baru bernama Lytta muncul, membuat para penderita nya haus darah seperti zombie. Outbreak penyakit ini muncul secara tiba-tiba di apartemen tempat Yoon Sae Bom dan Jung Yi Hyun tinggal, membuat mereka harus dikarantina.


ALL OF US ARE DEAD (2022) 

Seorang guru melakukan eksperimen untuk melindungi anaknya dari korban bullying dan berujung malah membuat mutasi penyakit baru yang bisa dibilang mirip zombie. Penyakit ini kemudian tersebar di sekolah saat Chengsan dan kawan kawan sedang berada di jam istirahat.

Seru nih karena beda kan dan hampir nggak pernah denger cerita zombie apocalypse yang survivor nya tuh anak sekolahan. Bahkan kasus pertama pun terjadinya di sekolahan juga. Bayangin lagi di kelas, sama temen, lagi asik jalan ke kantin ngomongin menu makan siang atau cerita ke bestie tadi pagi habis ketemu crush di depan gerbang eh ada serangan zombie. Jangan dibayangin dulu karena kita harus lari dulu ke kelas biar survive ya. Must watch banget karena ini drama baru! Nggak sabar nunggu season 2 nya.

Post a Comment

ABOUT

My name is Anita, I'm 23 years old and lived in Jakarta, Indonesia. Based on Myers Briggs, I'm one of INFJ character type, which is related, almost everything.

SEARCH

ARCHIVE

Journal and Tea