Belajar Mengatur Keuangan


Sempat ragu mau publish tulisan ini, but here we are lah nggak apa-apa coba kita tulis aja dulu, kan temanya belajar. Ini cerita saya yang masih belajar mengatur keuangan sampai saat ini. Trial dan error berkali-kali setiap hari, ada yang berhasil ada juga yang gagal. Tapi saya punya beberapa key points untuk dibagikan.

MENCATAT PENGELUARAN

Buat sebagian orang yang belum pernah mencoba mungkin terasa berat alias ya ngapain banget lah buang waktu. Toh uang nya juga cukup-cukup aja kok, ya emang sih tiap bulan habis, nggak ada tabungan, tapi nggak masalah kan bisa pinjam dulu kalau ada keperluan mendadak. Heuh jangan dibiasain ya!

Mencatat pengeluaran ini, menurut saya adalah whole life changer. Karena itu adalah bukti ekonomi kita sendiri lagi sehat atau tidak? Plus atau minus ya cashflow nya? Karena kamu catat uang kamu masuk dan keluar nya kemana aja. Coba kamu tulis seminggu dulu deh, terus sebulan. Biasanya kan sering terjadi ya, happy banget seminggu abis gajian. Nanti belum tanggal 10 udah bingung soalnya uang di ATM hampir habis. Itu bisa jadi pertanyaan buat kamu sendiri, uang nya kemana?

MENENTUKAN TUJUAN KEUANGAN

Punya 1 rekening khusus tabungan tapi bingung uang nya disitu aja? Suka auto gatal gitu nggak kalau udah tembus angka yang diinginkan terus mau dibeliin sesuatu? Pernah diposisi ini dan sebenernya ada pilihan lain yang lebih bijak loh saat menyimpan uang, yaitu dengan menentukan tujuan keuangan kamu.

It start dari misal kebiasaan kamu yang suka menabung untuk beli barang mahal, barang tadi adalah tujuan keuangan kamu. Tapi masa harus jadi barang mulu sih. Setelah belajar keuangan beberapa tahun terakhir, ternyata banyak hal yang perlu ditentukan, seperti dana darurat atau dana pensiun. Terdengar awam? Kamu bisa mulai search pengertian nya di google.

MEMBUAT ANGGARAN

Alias budgeting! Ini lagi trend banget nggak sih di youtube? Sering dapat rekomendasi nya karena emang banyak juga yang share budgeting mereka di youtube, dari Indonesia pula. Salah satu yang sering saya tonton itu channel nya strawberryonthecake, karena background status nya single, masih tinggal dengan orang tua, dan dia nge-budget-in pendapatannya yang hanya 3 juta sebulan, include nabung buat biaya sekolah adiknya.

Sebenernya yang lain juga banyak sih, disesuaikan aja sama yang mirip denganmu. Tapi nggak ada yang cocok? Berarti kamu harus bikin sendiri! Caranya? Cek pengeluaran kamu dulu. That’s why saya rekomen untuk mencatat pengeluaran dulu. Karena dengan mencatat tadi kamu bisa membatasi pengeluaran kamu supaya sesuai dengan rencana anggaran kamu.

Based on my experience, ketiga hal tadi sangat membantu saya untuk mengontrol diri sebelum menggunakan uang sampai bisa mengaturnya. Kalau kamu, hal apa yang kamu pelajari selama belajar mengatur keuangan?

Post a Comment

SEARCH

Journal and Tea