Review Drama Korea: Summer Strike (2022)


I think it’s one of the best drama bertema healing (jarang juga tema kaya gini). Keputusan pemeran utama nya yang pergi dari kehidupan di kota besar untuk mengobati dirinya sendiri sungguh bikin iri gue saat menontonnya. Sempat kebawa suasana sama rencana dia (atau kita) yang niatnya mau santai tapi ternyata tidak semulus itu ya karena something happened dan coba baca review ini dulu apakah kamu akan tertarik untuk menontonnya.


SYNOPSIS BY ME

Lee Yeo Reum adalah seorang karyawati biasa berusia 20an di sebuah perusahaan. Ia memiliki hubungan dengan seorang pria selama bertahun-tahun. Satu titik setelah kematian ibunya, ia memutuskan untuk pergi meninggalkan kamarnya di Seoul dan pergi ke desa terpencil untuk belajar hal baru. Bermodalkan nekat (bisa dibilang) dan tekad yang kuat, kini Yeo Reum tinggal di sebuah bangunan tua dengan harga sewa murah. Tapi banyak rahasia dibalik bangunan dan orang-orang di desa itu.

DRAMA REVIEW

Episode pertama tuh menurut gue udah bagus banget feel nya ngena di gue sebagai penonton. Terlalu relate sama realita para pekerja (apalagi kita kaum jam kantor 9-5) yang bosen sama rutinitas ini setiap hari, belum lagi ketambahan orang-orang toxic yang ningkatin level stres, drain energi banget. Ketambahan Yeo Reum not actually happy with her relationship. Klimaks ketika ibunya meninggal dan rasanya sedih banget pas nonton (gue lupa nangis apa nggak pas nonton). Keputusan dia cuti dadakan karena salah turun stasiun was a huge impact kayanya.

Karena kejadiannya bertubi-tubi juga kali ya, akhirnya Yeo Reum memutuskan untuk moving on. Udah putus dari pacarnya, resign sekaligus pamitan ke kolega resenya, doi juga declutter barang-barang yang dia punya (I love this scene a lot). Kalau dilihat-lihat barang yang kita inginkan sama yang kita butuhkan itu perbedaannya emang signifikan. Yeo Reum pun dengan hati-hati pilih barang-barang yang mau dibawa dan muat di tas nya. Btw dia pakai tas buat backpaker gitu jadi vibes nya bisa lah kalian bayangkan.

Yeo Reum akhirnya berhenti di sebuah halte desa, dan pergi ke perpustakaan desa tersebut. Disinilah ia bertemu dengan Ahn Dae Bum, seorang petugas perpustakaan. Awalnya sama gue kira dia tunawicara soalnya pas ditanya dia cenderung diam dan prefer ngasih bahasa isyarat. Ternyata nggak, dia emang pemalu sampai nggak bisa ngomong di depan orang baru. Later on ada alasannya kenapa Dae Bum bisa begitu. Keduanya pun nyaman dan encounters to each other beberapa kali.

Nah selain scene Yeo Reum-Dae Bum yang sering papasan, kita juga bakal diceritain kehidupan para warga di desa kecil ini. Kaya Kim Bom, gadis SMA yang suka nongkrong di perpustakaan punya banyak cerita tentang keluarganya yang complicated plus hubungan love-hate relationship dengan teman sebayanya Heo Jae Hoon. Ada juga keluarga 3 generasi, Bae Young Ho, pemilik gedung Yeo Reum tinggal, Bae Sung Min anaknya yang mengurus warung, diawal rese but turns out he is warm person, dan cucunya Bae Joon yang charming lucu gitu (hai Uju-nya Hosplay). Sama ada nih warga-warga misterius yang jadi masalah di drama ini, karena ternyata orang-orang nggak se-welcome itu sama Yeo Reum yang memutuskan tinggal di gedung lama itu.
Jadi ini drama healing apa mystery? Kamu coba tonton dulu aja!

Nggak berasa nonton ini karena cuma 12 episode, cocok untuk dihabiskan saat weekend buat marathon. Siapin tisu in case kalian tim gampang nangis plus don’t expect this drama bakal entirely tentang healing karena konflik nya jadi kaya point minus (in my opinion). But I highly recommend this kalau kalian suka cerita-cerita vibes healing kaya little forest atau coffee friends.

DETAILS

Title: Summer Strike
Episodes: 12 Episode
Country: South Korea
Available on: Viu Indonesia
Rating: 15+
Star Review by me: ★★★★

Post a Comment

SEARCH

Journal and Tea