Tips Menabung untuk Nonton Konser


Ke-trigger bikin tulisan ini karena baca salah satu tweet akun menfess yang gue follow akhir-akhir ini. Pertanyaan nya cukup menarik karena dia nanya “tempat menabung” untuk ngonser (kpop). Jawabannya juga beragam dan setelah gue ingat-ingat kpopers ini banyak loh yang masih dibawah umur alias masih sekolah. Dan kalau inget uang jaman sekolah itu, lumayan clueless kalau ngomongin tabungan. Tapi jangan khawatir, karena di tulisan ini aku mau berbagi (beberapa) tips yang (sekiranya) applicable untuk anak sekolah.

CEK HARGA TIKET KONSER

Harga tiket konser beberapa tahun terakhir udah jarang ya yang dibawah 1 jutaan. Jadi aku nganggap kalau mau beli tiket konser, minimal nya sudah ada tabungan sebesar 1 juta. Harga juga berbeda-beda tergantung kamu mau nonton section yang mana, mau yang seating (duduk) atau standing (berdiri). Beda beda harga juga tergantung artis, promotor, sampai pemilihan venue. So far, kalau aku check range harga tiket konser kpop itu diantara 1-4 jutaan. Jadi kira-kira minimal kamu punya target segitu.

TENTUKAN BERAPA DANA TABUNGAN

Karena nggak cuma mikirin harga tiket konser, kita juga dipusingin sama biaya akomodasi selama nonton konser, apalagi kalau kamu dari daerah luar Jakarta. Aku aja yang tinggal Bekasi harus nyiapin budget lebih karena nggak dianter jemput keluarga, kalau pakai mobil sendiri juga ada biaya bensin. Belum jajan-jajan perintilan lucu di venue atau berniat bagi-bagi freebies. Ini harus dicatat biar bisa kamu tentukan berapa dana yang ingin ditabung.

MEMILIH TEMPAT MENABUNG

Hua, dipikir-pikir dulu waktu SMA nggak pernah nabung di bank ya, masih manual pakai celengan. Sekarang semua serba digital, tapi ternyata buat anak sekolah ini kepentok umur ya masih underage. Aku punya rekomendasi beberapa produk keuangan kaya reksadana atau emas untuk kamu yang diatas 17 tahun. Tapi kalau kamu masih dibawah 17 tahun, aku saranin kamu cukup buka tabungan anak di Bank karena lebih aman. Aku nggak rekomen untuk taruh tabungan di e-wallet atau nitip ke orang lain karena rentan hilang. Jangan pakai alasan malas buka rekening bank karena jauh jalannya ya, demi ketemu Oppa yuk bisa!

MENYISIHKAN UANG DI AWAL

Ini berlaku ketika kamu dapat uang saku harian, uang nya ditinggal aja dirumah, dimasukin celengan dulu. Atau dipisah pokoknya jangan sampai kecampur pas lagi jajan nanti gagal nabung. Nggak berasa apalagi kalau ngemil kan suka keasikan ya, namanya juga manusia. Menurut aku lebih gampang kalau kamu punya uang saku mingguan atau bulanan karena nge-budget nya lebih gampang dan nggak sering. But make sure uang nya ditaruh di tabungan konser ya.

FOKUS MENABUNG

Aku sadar banget sebagai pelajar, uang kita tuh nggak banyak. Apalagi buat mengantongi jutaan rupiah dalam waktu sekejap tuh rentan gagal. The only advice from me adalah fokus! Alias say good bye dulu untuk jajan yang aneh-aneh kaya album atau perintilan-perintilan lucu. Agak disayangkan memang, tapi sekarang saatnya kamu menentukan skala prioritas buat masa depan bertemu Oppa. Jangan sampai kamu menyesal dan malah mengambil jalan pintas, like ngambil pinjaman (?). BIG NO!

KERJA SAMPINGAN

Last but not least, boleh dicoba alias opsional. Karena kadang suka ngerasa nggak cukup juga kalau ngandelin nabung dari uang jajan. Yang paling sering aku lakuin dulu sih jualan ya, bisa jualan baju atau makanan, tapi sekarang udah variatif banget produk yang ditawarin. Kamu bisa jualan stiker atau fanmade goods gitu, make sure yang dijual legal ya (lebih bagus desain sendiri juga). Atau kalau kamu punya catatan rapi? Dijual juga laku. Bikin konten atau join affiliate juga buat nambah-nambah. Hitung-hitung membangun pengalaman kerja sejak dini juga kalau dilihat-lihat.

Jadi gimana, lagi siap-siap buat nabung buat the next concert siapa nih?

Post a Comment

A Journal and Tea