Tips Mengurangi Pengeluaran untuk Biaya Admin Bank


Agak maju mundur bikin tulisan ini, tapi tulis aja dulu lah ya. Awalnya sebelum tahu hacks berikut, gue juga termasuk ke dalam penganut biaya admin bukan jadi masalah untuk melakukan transaksi keuangan di bank. Tapi setelah mencatat pengeluaran selama beberapa bulan, ketahuan deh kalau pengeluaran administrasi ini lumayan bikin bengkak, kan lumayan ya kalau uang nya dipakai buat yang lain, misal beli kopi atau kuota internet. Well, here my hacks that I do untuk mengurangi pengeluaran biaya admin.

BUKA AKUN REKENING DI BANK DIGITAL

Bank Digital itu sebenernya masih terbilang baru kan? Kalau gue pertama punya rekening di bank digital itu tahun 2016, lagi jadi jobseeker dan ditawarin buat karena kartunya langsung jadi di tempat, udah ada namanya pula. Wow, kek sebuah terobosan baru. Bank Digital di jaman sekarang punya penawaran menarik buat pemilik rekening tabungannya. Sampai gue menulis ini, gue punya 3 akun tabungan di bank digital berbeda. Benefit nya pun lumayan untuk gue yang sering transfer antar beda bank, yaitu kuota transfer gratis. Asalkan kalian punya saldo minimum yang mengendap di akun tabungan kalian. Ya sekalian juga dong hitung-hitung latihan belajar deposito karena uang nya mau nggak mau nggak boleh dipakai.

TARIK TUNAI PAKAI KARTU BANK DIGITAL

Walaupun ada kuota nya, setidaknya untuk hal-hal yang darurat kalian nggak perlu khawatir ngeluarin biaya admin extra karena kalau kalian pakai kartu bank digital nggak bakal kena biaya. Tapi inget ya, ini ada kuota nya jadi emang seringnya gue pakai saat emergency aja ketika nggak ada ATM kartu bank konvensional yang gue punya.

TRANSFER BEDA BANK PAKAI E-WALLET

Ini sering banget gue lakuin kalau harus transfer tapi beda bank. Makanya kadang kuota nya masih kurang, tapi terbantu sih sama kuota transfer gratis dari Bank Digital, jadi at the end of the month gue hampir nggak pernah kena biaya transfer antar bank kaya BI-Fast (even cuma 2.500), lol. E-Wallet andalanku adalah DANA karena kuota transfer ke bank nya masih gratis (maksimal 10x), kalau DANA minimal transfer nya 50.000 baru bisa dipakai kuotanya. Terus gue juga pakai GOPAY karena bisa transfer gratis ke Bank Jago (nah Bank Jago juga punya kuota transfer gratis).

TRANSFER PAKAI APLIKASI PIHAK KETIGA

Ini udah lama banget nggak gue pakai tapi I used it for a long time. Gue dulu selalu transfer antar bank pakai Flip atau OY Indonesia pada waktu itu. Cuma sekarang untuk OY udah berubah produk nya deh, sama Flip juga jadi ada kuotanya. Makanya sudah nggak pakai lagi, tapi kalau kalian lagi kehabisan kuota transfer. Bisa coba aplikasi tadi.

That’s from me. Kalau ada yang punya tips sejenis bisa share juga pengalamannya di kolom komentar. It will be so helpful buat kaum itung-itungan biaya admin kaya gue.

Post a Comment

A Journal and Tea