38th Golden Disc Awards in Jakarta

Pals, I want to tell you a story. Gue habis nonton Golden Disc Awards, live! Di Jakarta International Stadium aka JIS sabtu lalu. Pas nulis ini excited tidak excited sih, karena sebenernya nonton kali ini based on ke-impulsif-an gue yang latah banget kena buzzer Choi Seungcheol dan Ima -Even if the world ends tomorrow- korean version. Like H-1 langsung ikut join trip dadakan dan cari tiket D-Day, berekspetasi bakal dapat harga underprice. Dapet sih, tapi karena impulsif tadi jadi agak gimana gitu perasaannya. 

It start when hari Kamis, preview di bandara Incheon yang menunjukkan Seventeen otw Jakarta untuk Golden Disc Awards, dan ada Choi Seungcheol!! I mean doi dah lama hiatus gils gue kangen banget!! Trigger pertama yang sangat bikin gue galau malam itu karena twitter heboh banget, lebih heboh dari pada nungguin episode pertama Nana Tour!

Tapi tahu apa yang lebih men-trigger gue? Artikel yang ngerilis kalau Seventeen bakal perform Ima -Even if the world ends tomorrow- korean version. Sht!!! Mau nonton banget lah. Nggak basa basi, langsung cari jasa trip bekasi-venue dan booking saat itu juga. Dengan mindset, ah seketemunya aja lah dapet tiket apa nggak. Kalau nggak dapet pulang duluan juga nggak apa-apa gitu.

Setelah booking, malah mikir (dan agak sedikit nyesel gitu awalnya), kenapa gue bisa seburu-buru itu. Kenapa malah mau nonton? Kenapa tiba-tiba? Gimana kalau ternyata lo malah nggak dapet tiket? Gimana kalau nanti lo merasa emosional ketika denger mereka live di venue tapi lo masih diluar? Wah sumpah pikiran pikiran ini tuh lumayan menyentil perasaan gue yang emang maju mundur pengen nggak dateng aja soalnya kalau gue tiba-tiba impulsif pas di venue gimana? Tiba-tiba purchase festival kalau ada yang nawarin? Beneran galau banget malem itu. Walaupun intinya gue ngakak-ngakak juga jumat malam karena streaming episode pertama Nana Tour se-chaos itu!

D-Day! Dengan setengah hati, gue bersama rombongan akhirnya jalan dari Bekasi sekitar jam 1-an. Agak ngaret dari waktu berangkat dan mungkin ini jadi salah satu alasan kenapa gue bad mood banget pas awal-awal berangkat, mana ketambahan sepanjang perjalanan ac nggak dingin. Jadi yang gue udah pikir selama berangkat tuh kaya “ah kayanya gue nggak bakal dapet tiket deh”, soalnya beberapa momen sebelum ke venue tuh bikin mood down banget. Kaya apa pas nyampe venue gue langsung balik aja ya? Hitung hitung survey venue aja kalau next konser ada yang di JIS, gue nggak bakal kaget sama area venue nya kan.

Dengan mood swing seturun itu, sampai deh kita di venue. Banyak orang lalu lalang dengan tujuan masing-masing. Btw gue sendirian, dari awal sampe pulang, first time juga nggak kenalan sama orang lain selama event kemarin, cuma kenalan sama penonton yang duduk di sebelah gue, yang kemungkinan beli tiket di orang yang sama juga sama kaya gue. Untungnya doi juga Carat, jadi masih nyambung banget karena kita belinya dadakan! Mungkin itu juga yang membuat gue mengurungkan niat buat kenalan sama yang nge-trip bareng karena most of them udah beli jauh-jauh hari. Alias udah niat gitu nontonnya. Wah, berasa juga gap-nya setelah gue lihat-lihat. Terus gue baru ngeh, yang dateng acara ini tuh berbagai fandom ya, jadi kemungkinan kita nggak ngerti grup satu sama lain juga besar gitu lho, beda pas sama ngonser karena pasti se-fandom (kecuali lo ngestan satu orang doang mah bye aja deh). Pantas kemarin gue penuh keraguan juga nanya orang di sebelah gue pas di bis. Lol.

Setelah berjalan menuju ujung jalan, yang mana gue clueless banget dengan area ini, gue memutuskan untuk menepi di mayoritas orang-orang pada duduk aja, di bawah kolong stadium buat ngadem. Semacam neduh, karena sebelumnya gue duduk dekat para calo yang lagi pada ngumpul, mereka nggak nawarin tiket tapi beberapa kali ada orang yang nanya ke mereka, soal harga tiket di calo berapaan. Gue nggak dengar pasti harganya berapa, tapi emang kayanya masih diatas harga officialnya. Karena gue juga ragu buat nanya-nanya, apalagi kepikiran beli di calo, gue memutuskan pergi dari perkumpulan calo itu dan menepi ke bawah kolong tadi, siapa tahu dengan tempat yang agak sepi pikiran gue bisa lebih waras.

Nah, disinilah waktu berjalan begitu terasa cepat. I mean kenapa udah jam 4 aja woy gue belum punya tiket!!! Btw kondisi saat itu cat 4,5,6 di livin by Mandiri udah sold out status nya. Yang masih available tinggal cat 1&2. Gue bolak balik deh kerjaan nya check-in livin sama ngecek twitter nyari wts-an. Terus gue kaya semangat banget karena orang yang duduk di sebelah gue juga mengerjakan hal yang sama juga bolak-balik cek livin dan twitter. Mba, sama banget kita ekspetasi nyari tiketnya.

FYI, sebenernya gue lagi hitung-hitungan disitu, kalau misalkan gue beli tiket di livin by Mandiri, dengan harga dapat diskon 30%. Gue masih harus effort extra buat nuker e-ticket nya ke Ancol dan buat gue, itu tuh kaya mengeluarkan budget dan waktu lagi. Jadi in the end gue tuh udah kaya meragukan diri sendiri, balik aja apa gue. Nanti nonton nya streaming aja di jalan pulang. Eh tapi akhirnya ya, akhirnya banget. Ada yang deal buat langsung ketemu di venue, transaksi full cod. Dengan penuh keraguan, karena belum pernah juga gue transaksi begini tuh. Bismillah aja bukan orang yang niat mau nipu gue. Semoga ini emang takdir gue buat ketemu Seventeen (dan Enhypen) tahun ini. Semoga ini emang rejeki gue buat ketemu mereka yang gue nggak tahu kapan lagi nonton mereka kalau bukan saat itu juga.

Dan ketemulah gue dengan si seller yang ternyata rombongan sama temen-temennya. So gue berusaha se-chill mungkin, ditemani dengan gerimis-gerimis sore yang seolah menandakan ayo pulang atau nonton aja wahai people di JIS. Kaya awan aja mendukung lo buat nangis, hey. Skip, gue awalnya ragu karena nama di e-ticket nya tuh bukan nama orang. So probably ini tiket dapet gratisan dari media atau rekan company yang emang dikasih jatah kursi, I don’t know. Terus gue tanya-tanya sedikit lah seller nya, karena emang harus punya trust issue mau transaksi begini, lumayan juga uang yang gue transfer saat itu juga kan. Pokoknya gue make sure dengan foto ktp dan foto orangnya, memastikan juga nama pemilik rekening dan nama di ktp sama persis! Sampe nanya alasan kenapa mereka nggak nonton padahal kan udah pegang e-ticket dan wristband gitu.

Untungnya mba seller Carat juga woy! Mba I’m so lucky to have met you that day, maafkan keraguanku tapi kalau kamu jadi aku mungkin begitu juga nggak sih? Kita tuker-tukeran id ktp btw! Just to make sure beneran bukan mau nipu. Habisnya bertebaran juga info banyak orang yang kena tipu, atau wristband nya udah di-scan sama orang lain. Makanya seram kan?

Gue pun akhirnya minta temenin sampe pintu gate dan mba nya mau dan make sure gue bisa duduk dengan nyaman sampe venue. Beneran ampe masuk venue mba seller nanyain udah duduk apa belum. Btw mba, maaf sekali lagi nggak share fancam. Nggak ada yang proper fancam nya! Hiks.

And for the first time, my first experience ngonser di JIS! Rasanya tuh….

Overall, 3/5 dibanding konser-konser sebelumnya. Dari berbagai aspek, paling nggak rekomen karena sirkulasi udara alias ventilasi nya pengap banget kalau stadium ditutup, in case hujan. Kaya kejadian di GDA kemarin, stadium ditutup karena hujan, walau udah dikasih jas hujan juga sama panitia. Selain panas, sumuk, pengap, gue lebih nggak tega sama artisnya. Karena pas mereka perform, kelihatan mereka sulit bernafas, mana ngedance kan. Lo liat kan video Mingyu ngelap keringet nya udah kaya air terjun mengalir? Iya sepanas itu JIS! Angin hujan nggak ada masuk-masuknya ke venue tuh!

Kedua, wilayah nya yang kayanya bersebelahan persis sama pemukiman warga ya? Itu beneran pas gue lewat dari parkiran ke venue, bocah bocah cilik lagi pada main bola di lapangan dekat situ, sembari saingan sama orang nawarin barang dagangan nya. Like, emang boleh se-random itu? Last, akses transportasi yang sulit dan rawan karena susah banget kalau hanya mengandalkan busway yang jam operasional juga terbatas. Pakai jasa ojek online pun rentan extra mahal! Kejadian kan kemarin banyak yang nembak harga, dan nggak normal rate nya. Jadi ya emang better ada yang anter jemput aja sih. Ada shuttle bus juga ya? Tapi mungkin akan menguras waktu buat nunggu gantian sama para penonton yang juga berpikir demikian. Hotel pun jarang ada di daerah situ kan? Lumayan concerning sih ngonser ke JIS tuh, apalagi mayoritas penonton kpop emang cewek-cewek ya. Ya jadi dimohon banget para promotor dikondisikan venue nya next time yang access-able bisa dijangkau berbagai transportasi. Oh jangan lupa Pemda Jakarta diurusin itu urusan JIS belum kelar, nanggung banget punya venue sebesar itu tapi minusnya masih banyak!

Tapi untuk standar kapasitas, gue akui JIS tuh ukurannya nggak kalah besar dibanding stadion di Senayan, dan stadiumnya kan masih baru banget ya. Jadi masih fresh gitu fasilitasnya. Sayang gue nggak nyobain toilet atau mushola nya karena kemarin udah buru-buru banget ngecekin nomor kursi. Oh ya I hate this situation karena harus bawa bawa print-an e-ticket buat konfirmasi nomor. Next time please banget jangan begitu karena kek kerja dua kali nggak sih?

Karena gue masuknya udah lumayan mepet ya, hampir jam 5 deh kayanya pas gue scan wristband. Gue jalan coba secepat kilat dan memastikan arah yang gue ambil adalah benar, mana sempet kelewat. Pokoknya make sure nomor nya ada dulu. Dan ada section gue alhamdulilah, agak lega dikit. Terus karena gue udah haus banget, antri minum dulu sebentar. Luv sekali karena bisa cashless, maklum lah sponsor utama nya aja Bank Mandiri kan. Sayang harga f&b nya agak bikin meringis sih, kemarin gue agak nyesel dikit jajan dimsum 6 potong 50k. Apa karena sewa stand makanan nya juga semahal itu? I don’t know.

Btw gue dapet section di CAT 2 jadi agak paling depan untuk bagian tribun. Lumayan deket sih dan masih keliatan untuk panggung nya. Tapi ini kaya kelemahan yang tidak gue duga sih, pas artis-artisnya pada duduk itu, lah iya jauh banget mereka. Mojok gitu lho mereka di kiri. Dan kalian harus tahu sih masih banyak kategori lain yang masih kosong, alias curiga sebenernya nggak sold out amat itu kemarin kursi. CAT 1 sih apalagi kosong banget, cuma terisi satu sisi tuh gimana.

Sekarang, talk about the awards! Ini juga kali pertama gue dateng ke acara awards, atau acara yang guest list nya banyak. Karena selama ini fokus dateng ngonser ke artis kesukaan aja kan. Dan ini yang bikin gue mikir juga sih, buat pengalaman lah nyobain event begini. I highly recommend untuk datang ke acara gini kalau kamu multifandom, atau setidaknya pendengar lagu-lagu artis yang bakal datang. Kalau kamu bukan multi-stan, better nonton konser aja daripada dateng event begini. Sayang! Dan mereka banyak ngomong nya juga, jadi kaya 50% bacain awards, 50% performance, dan harus nungguin your favorite group perform tuh kaya lama banget. Nggak jarang juga penonton yang udah selesai nonton performance grup favoritnya, langsung balik. Dan gue lumayan clueless pas awal-awal artisnya perform kaya pas ZB1, STAYC, BoyNextDoor (BND) tampil, gue nggak tahu lagu mereka sama sekali! Kurang survey emang, jadi nggak menikmati gitu. Tapi asli muka Cha Eun Woo beneran se-indah itu alias ganteng banget Ya Allah makasih sudah memperlihatkan ketampanan Cha Eun Woo malam itu.

Sebenernya bisa dilihat ya kaya yang disiarkan secara langsung itu sama persis kok, kecuali ada beberapa performance yang emang udah pre-recorded kaya waktu special stage nya Sung Si Kyung dan Cha Eun Woo. Terus ya gue baru sadar layar buat nonton performance nya tuh kecil, mana kaya mojok diatas dikit. Kata gue jauh lebih kecil dibanding pas ngonser kaya BETS kemarin. Suga juga kecil tapi venue kecil jadi masih kelihatan. Jujur agak nggak nyaman kemarin sih pas nonton, translator juga kurang cepet jadi beberapa percakapan nggak semuanya bisa diketahui sama penonton. Asli kalo lo gak terbiasa dengerin bahasa korea, kemungkinan nya bakal lebih kecil buat paham sama apa yang mereka omongin deh.

Acara start jam setengah 7an, dimulai dengan sambutan dari MC dan ya whatever they say karena gue udah nggak fokus artis mulai pada duduk sayangnya nggak begitu kelihatan yang duduk itu sebenernya siapa. Saking nggak kelihatan, dan nggak di shoot kamera juga jadi kita se-clueless itu, cuma ngandelin kamera hp doang jadinya. Dan gue lebih nungguin Seventeen atau Enhypen menang award sih jadi mereka maju buat speech.

ENHYPEN sih, lo tahu kan gue sempet ngikutin Enhypen? Jadi engene gue juga sebenernya. Kemarin tuh wow stage nya!! Break dance nya lah jangan ditanya keren banget gue sampe heran sendiri. Tolong Belift mudah-mudahan dibukakan matanya bahwa Indonesia harus masuk next their world tour, antusias Engene Indonesia udah ketahan dari dulu. Apa nggak berniat mampir? Mana nih member member pada live mulu selama di Jakarta kemarin. Sekalian cek ombak kah?

New Jeans juga, cakep banget cuy nggak bohong!! Tapi gue paling terkesima sama performance nya Le Sserafim sih kacau girlcrush banget, aransemen lagunya dapet, performance stage nya dapet. All package gitu nontonnya, jadi penasaran mereka kalau konser bakal sekeren apa. This is why I love HYBE labels, mereka kalau bikin performance stage tuh scale nya beyond explanation gitu. Sukak!

Last, the highlight. Yang paling ditunggu dong, BSS&SEVENTEEN!!!! BSS is real special stage nya bikin kita semua tercengang, dari tema nya yang kaya cheerleader gitu (cause they sing Fighting!) dan featuring Pi Cheolin!!!! Gue tahu rumornya Dino yang bakal ngerap bagian Youngji, tapi gue nggak nyangka kalau yang bakal make an appearance tuh Pi Cheolin. Soalnya ini kan international event ya, while Pi Cheolin tuh kaya inside jokes nya Seventeen ama Carat. Wah bener bener deh bisa banget! Seventeen doang yang begini, lol! Finally juga, gue nonton Super dan God of Music live dan omg bagus banget! Seneng! Happy! Terharu! Oh don’t forget Ima -Even if the world ends tomorrow- korean version, nangis cuy dengernya! Soalnya kapan lagi dengerin mereka perform ini kalau bukan di Jepang! Sayang nggak bisa ikut nyanyi “Kimi ni last dance” karena beda lirik. Lah iya jadi keinget lagi pas nulis dan jadi kangen Seventeen lagi, hiks.
Bismillah next concert di Jakarta kita ketemu lagi ya!

1 comment

  1. bacain pengalaman kamu seru dan deg-degan banget, Nit 😭. aku kebayang sih se-trust-issue apa kalau beli tiket di luar website resmi, apalagi sering denger atau baca cerita soal penipuan-penipuan tiket gitu kan 😭 gladly bisa ketemu orang yang baik dan sampai tanyain udah duduk belum, after servicenya ok banget ya!!

    ternyata JIS beneran sepanas itu ya! kayaknya ventilasinya kurang bagus ditambah hawa dari laut jadi makin panas gitu kah? kasian banget lihat sebong terutama mingyu sampai banjir keringet bangettt apalagi itu custom mereka yang long coat kayaknya puanas banget 😭.

    pas Pi Cheolin muncul beneran kocak banget!! para member juga sampai heboh liatnya, lucu banget liat reaksi mereka 🤣. aku nonton live streaming btw. bener banget, kalau nggak multi-fandom bakalan kerasa banget kalau ikut acara macam ini, soalnya kita kan cuma nungguin grup kesukaan kita aja, jadi berasa lama gitu kalau mereka nggak muncul-muncul 😂.

    next kalau mau konseran, semoga kita bisa nonton bareng 🙈

    ReplyDelete

A Journal and Tea