Back to Journaling


Akhirnya punya artikel yang membahas tentang journaling di tahun ini walaupun sepertinya akan dipenuhi dengan curahan hati gue sendiri karena lama banget udah nggak nge-journal. Journal buat gue sebenernya bukan hobi yang rutin gue lakukan setiap hari (beda dengan fangirling). Dan sebenernya kalau ngejournal ini kaya ada tuntutan untuk rutin dilakukan gitu lho, apalagi kalau punya bullet journal kan. Nah, it doesn’t really works on me, to be honest.

Tapi karena gue lagi mengurangi screen time hp gue dan lagi on serious mode untuk menekuninya, otomatis gue harus cari kesibukan lain. Btw laptop gue masih rusak alhasil gadget yang gue pakai on daily basis ya pasti ke hp. Makanya balik ke analog adalah jalan ninjaku.

Sebenernya, gue udah punya journal buat dipakai tahun ini, as I realized ternyata gue pernah bahas journal sebelumnya di tahun ini. Lol. Ternyata ini bukan yang pertama. Nah gue udah pakai journal yang udah ada layout nya jadi sebenernya nggak perlu lah bikin layout, tapi entahlah karena gue gabut juga kali ya habis pulang kerja. Jadilah ngide bikin layout aja di binder A5 gue.


Oh it start karena gue pengen track pengeluaran gue mulai tahun ini. Awalnya mau bikin layout monthly budget karena tahun kemarin cuma bikin coret-coretan di kertas bekas. Nah, mumpung tahun ini baru aja naik gaji, kepikiran lah, apa tidak dibagusin aja monthly budget nya, biar ada proof nya. Sehingga gue kepikiran lagi lah layout monthly budget ini sekalian gue bikinin aja Bullet Journal: like future log, monthly log, sampai weekly log juga.

Setelah kembali ke Bullet Journal, gue jadi kepikiran sama journal yang gue beli awal tahun ini karena emang jarang gue pakai, paling hanya untuk nulis to do list yang harus gue kerjakan hari ini, itupun belum tentu gue kerjain hari itu. Heuh kacau emang. Sekarang gue mencoba untuk setiap hari cek sih. Mudah-mudahan masih bertahan jadi pembelian gue nggak sia-sia.

Karena timing bikin monthly budget sekaligus mau balik ke analog bareng, disinilah gue sekarang, sedang mulai asyik nyari referensi layout untuk Bullet Journal. So far gue masih mengandalkan pinterest tapi kenapa belum ada yang bikin jatuh hati ya? Apa karena gue prefer yang less decoration? Yep tahun ini masih mengusung tema minimalis buat layout-nya karena takut ke-distract kalau pakai stiker atau gambar lucu-lucu tuh.

Apakah gue akan update tentang layout Bullet Journal-nya?

Semoga kalau gue niat foto aesthetic nya. Anyway wish me luck beneran jadi lah layout nya sampai bulan ini.

Post a Comment

A Journal and Tea