Rekomendasi Drama Korea 2022


Menjelang minggu-minggu terakhir di bulan Maret dan gue hampir lupa untuk share blogpost rekomendasi drama. Huhu bakal kacau banget kalau ampe ke-skip, untungnya masih keinget di minggu ini jadi ku segerakan untuk dibuat draft nya. Sambil crosscheck arsip watchlist gue tahun lalu, gue sadar tahun kemarin itu drama-nya banyak banget yang gloomy. I barely found romance drama yang bagus, tapi kucoba selipin satu deh ya. So here my rekomendasi drama korea tahun 2022. Check it out ya.


MY LIBERATION NOTES

Awalnya gue nggak ngikutin pas on-going, tapi berakhir jatuh cinta karena genre-nya slice of life. Lumayan membekas dihati karena ceritanya tentang 3 bersaudara yang tinggal di pinggir ibukota tapi harus bekerja di ibukota (halo warga ja-bodetabek). Gambaran hidup mereka sebenernya biasa banget, tapi relate on our daily life gitu. Berangkat harus super pagi, naik kereta lama, pulang nggak bisa kemaleman, dan rutinitas rumah-kantor itu itu aja. Halo (lagi) adulting! Disini kita bakal ngelihat gimana POV Yeom Ki Jeong sebagai the eldest daughter, Yeom Changhee sebagai anak laki-laki satu-satunya yang juga anak jadi anak tengah, dan Yeom Mi Jeong, si bungsu yang introvert. Oh jangan lupa karakter Mr. Gu yang bikin penasaran sama rahasia yang dia punya.


ALCHEMY OF SOULS

Drama buatan Studio Dragon ini lumayan cukup panjang durasinya karena dibagi jadi 2 season (total 30 episode), tapi untungnya udah selesai jadi bisa langsung di-streaming di platform official nya, Netflix. Kalau kamu pecinta drama fantasy, fix drama ini wajib masuk watchlist kamu. Ini cerita emang complicated parah (makanya teorinya banyak), tapi ya mudah dimengerti kalau kamu nonton trailer nya dulu. Dimulai gimana balas dendam Naksu jadi tertunda karena dia terpaksa harus bertukar jiwa dan masuk ke tubuh gadis lemah bernama Mudeok. Mudeok ini nantinya akan bekerja di rumah Jang Uk, anaknya Jang Gang yang nggak kalah complicated juga, karakter dan kehidupannya. Dahlah pokoknya kalau penasaran kudu ditonton aja ini drama, bagus banget kerumitannya.


THIRTY-NINE

Genre nya boleh romance, tapi apaan, bikin nangis mulu sepanjang nonton. Awalnya bikin iri karena ketiga karakter utama masih awet bersahabat walau mereka sudah memasuki umur 39 tahun. Tapi semua berubah ketika salah satunya menderita kanker. Byarr, berubah lah konsep romance tadi. Ada sih romance nya, karena nggak mungkin kalau mellow terus. Tapi tetep yang paling bikin ngena dari drama ini kisah ketiga sahabat yang selalu bareng-bareng, gimana mereka ngejalanin waktu-waktu bareng mereka seoptimal mungkin. Walaupun ada pro dan kontra scene yang bikin feeling, gimana gitu. But for overall, aku inget ini drama bikin mellow pas nonton.


TWENTY-FIVE TWENTY-ONE

Ceritanya masih soal persahabatan juga, tapi yang ini versi 20an. Menurut gue ini drama seru dan vibes nya bikin happy gitu, terutama sama karakter Na Hee Do yang ceria. Bertemulah dia dengan Baek Yi Jin, seorang mahasiswa teknik yang terpaksa berhenti kuliah karena krisis keuangan di tahun 1998, Baek Yi Jin sibuk mengambil banyak part time saat dia bertemu Na Hee Do. Later on, keduanya saling mendukung satu sama lain untuk mengejar mimpi mereka. Selain kedua pemeran utama tadi, kalian harus lihat chemistry mereka dan 3 karakter lainnya: Go Yu Rim, Moon Ji Woong, dan Ji Seung Wan. Circle yang satu ini emang kelihatan seru banget. Buat gue romance diantara karakternya itu bonus. Oh ya, this drama vibes nya mirip sama Fight for My Way juga.


THROUGH THE DARKNESS

Drama ini jadi top list drama favorit gue karena ceritanya yang diadaptasi dari buku nonfiksi karya Criminal Profiler pertama di Korea, Kwon Il Young dan penulis Go Na Moo. Walaupun hasil adaptasi buku, eksekusinya pas jadi drama keren banget! Semenjak nonton drama ini juga, gue jadi suka akting Kim Nam Gil, bagus banget. Gue suka gimana ini drama ngegambarin perasaan Song Ha Young yang struggle buat menghadapi pikiran-pikiran para serial killer ini. Nggak bisa bayangin harus handle kerjaan kaya gini, yang ada ikutan gila juga. Tapi harus tetap waras biar kasusnya terpecahkan dong. Dan bikin emosi juga pas tahu alasan para pembunuh melakukan aksi tersebut, sakit ih kalo inget.

Well, nggak cukup dong kalau cuma gue kasih 5 rekomendasi doang, so like tahun kemarin, gue juga bakal ngasih 5 rekomendasi drama original platform atau web drama yang bisa jadi pilihan lain untuk ditonton. Btw yang ini durasinya biasanya bisa lebih singkat.


ALL OF US ARE DEAD

Udahlah nggak usah kaget ya, kalau cerita zombie pasti masuk list rekomendasi gue. Kali ini All of Us are Dead nyeritain gimana para siswa-siswi yang lagi istirahat buat makan siang harus bisa bertahan hidup karena serangan zombie datang di jam tersebut. Anti mainstream karena alat yang digunakan untuk melawan ya nggak jauh-jauh dari alat seadanya yang ada disekolahan gitu. Terus gimana cerita anak-anak ini mencoba bertahan patut diacungi jempol karena lawan mereka adalah teman mereka sendiri, yang sudah berubah jadi zombie.

Aku pernah nulis full review-nya di Review Drama Korea: All of Us are Dead (2022)


WEAK HERO CLASS 1

Drama bertema kenakalan remaja lagi absen beberapa kali tahun ini, selain Weak Hero Class One, personally gue juga rekomen Revenge of Others dan Juvenile Deliquency yang vibes nya sama tapi keseluruhan ceritanya berbeda. Tapi kalau disuruh pilih salah satu, aku rekomen Weak Hero Class 1 dulu untuk ditonton, trigger warning drama ini violence nya lumayan memilukan. Bercerita awal persahabatan Yeon Si Eon, An Soo Ho, dan Oh Beom Seok yang nggak nyangka mereka bakal sohib-an sampe rentetan kejadian berlanjut dan wah, nggak bisa gue ungkapkan dengan kata-kata. Jaga jaga siapin tisu ya pas nonton *spoiler alert*



SUMMER STRIKE

Boleh lah yang kangen vibes liburan untuk nonton drama ini. Apakah kamu akan melakukan hal yang sama seperti Lee Yeo Reum ketika dihadapkan oleh perasaan muak terhadap hidup? Menurut gue keputusan Yeo Reum buat resign dadakan itu cukup impulsif, ngabisin waktu setahun buat keluar dari zona nyaman is another challenge. Disatu sisi iri, dan pengen deh bisa ambil keputusan itu. Tapi dilihat kejadian-kejadian selanjutnya lumayan bikin mikir 2 kali. Kira-kira kamu bakal ngelakuin hal yang sama kaya Yeo Reum nggak? Karena keputusan dia juga nggak selamanya benar sih.



THE GLORY

Ini drama emang mengundang rasa penasaran sih karena tema yang diangkat adalah bullying. As you know bullying di Korea itu on another level violence nya dibanding disini. Tapi despite latar ceritanya begitu, gue suka gimana Moon Dong Eun akhirnya memutuskan balas dendam ke Park Yeon Jin dkk dan dikemas se-epik mungkin disini. Lol, bayangin kalau Park Yeon Jin nggak nulis cita-cita dia di media sosial jaman itu, mungkin nggak kejadian dah itu balas dendam. Me as audience cukup satisfying sama plot nya.

Full ulasan nya ada di, Review Drama Korea: The Glory (2022)


SEASONS OF BLOSSOM

Diadaptasi dari judul webtoon yang sama, Seasons of Blossom sukses membuat gue sebagai penonton terbawa emosi. So emang ada scene scene yang bikin fluttering tapi ada scene yang bikin nangis sepanjang nonton karena kita semua tahu karakter Lee Ha Min ini nggak akan bertahan lama. Kalau versi webtoon nya sebenernya ada 4 season POV berbeda tapi kalau yang dramanya cuma jadi 2. Jadi ya bakal berbeda cerita gitu, tapi emang ada beberapa scene yang diambil langsung dari webtoon. Lumayan untuk dijadikan pilihan kalau kalian lagi cari drama yang menguras emosi.

Jadi 2022 kemarin kalian udah nonton drama apa aja nih?

Post a Comment

A Journal and Tea